DOC ayam petelur – Beternak ayam petelur memang banyak dijalani oleh masyarakat Indonesia. Karena kebutuhan telur di Indonesia sendiri juga relatif tinggi. Telur menjadi salah satu pemenuh kebutuhan lauk pauk yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya murah, telur juga mudah didapatkan dan rasanya lezat serta bernilai gizi lengkap.

Sentra penghasil telur di berbagai daerah di Indonesia juga relatif tinggi. Namun keberadaan telur-telur tersebut pastinya tidak dapat terlepas ayam petelur yang menghasilkan telur. Ya, ayam petelur merupakan ayam penghasil telur untuk dikonsumsi. Rata-rata ayam petelur bisa menghasilkan telur sebanyak 260 – 290 butir per tahun. Ayam petelur sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu ayam petelur tipe ringan dan ayam petelur tipe sedang.

DOC Ayam Petelur
DOC Ayam Petelur

Jenis dan Ciri DOC Ayam Petelur

DOC atau Day Old Chicken adalah adalah anakan ayam yang berusia 1 hari hingga 14 hari yang biasanya dipilih untuk dibesarkan sendiri oleh peternak. Sedangkan DOC ayam petelur adalah anak ayam yang berusia baru saja menetas antara 1 hari – 14 hari dan dibesarkan menjadi ayam petelur. Berat DOC rata-rata 32 – 35 gram. Dalam memilih DOC harus benar-benar teliti karena bibit atau DOC akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam. DOC yang dipilih harus berkualitas baik agar hasil panen dari ayam tersebut juga baik. Lalu bagaimana ciri-ciri DOC ayam petelur yang baik dan berkualitas untuk diternakkan? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Ciri-Ciri DOC Ayam Petelur Berkualitas

  • DOC sehat dan aktif bergerak, memiliki mata yang cerah dan tidak sayu, sayapnya kering dan berwarna cerah, serta pada bagian anus nya kering dan tidak terdapat kotoran.
  • DOC dalam keadaan normal dan tidak cacat, entah itu cacat bawaan atau cacat karena terjatuh saat membawa. Bentuk dari kecacatan tersebut misalnya kakinya pincang, matanya buta, paruhnya tidak tertutup, atau lemas dan tidak dapat berdiri.
  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama masa pemeliharaan, ada baiknya anda memilih DOC yang telah diberi vaksin. Namun apabila belum di vaksin anda tetap bisa memberikannya vaksin sendiri di tempat anda secara rutin agar kesehatan ayam tetap terjaga.
Ciri-ciri DOC Ayam Petelur
Salah satu ciri DOC yang baik adalah matanya cerah dan bulunya bersih

Jenis dari Ayam Petelur

Sementara itu untuk jenis doc ayam petelur sendiri terdapat 2 jenis yaitu ayam petelur tipe ringan dan ayam petelur tipe sedang.

Ayam Petelur tipe ringan

Jenis ayam petelur tipe ringan merupakan ayam petelur yang ditujukan dan difokuskan hanya untuk menghasilkan telur saja. Jadi seluruh sumber daya yang dimiliki oleh ayam petelur tipe ringan dialokasikan untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Karena hanya difokuskan untuk menghasilkan telur, daging ayam petelur tipe ringan ini tidak bisa diafkirkan. Berikut ini ciri-ciri dari ayam petelur tipe ringan :

  1. Memiliki ukuran badan yang lebih kecil dari ayam petelur tipe sedang karena sumber daya nya hanya untuk memproduksi telur saja.
  2. Tubuhnya lebih ramping dan bulunya berwarna putih dengan hasil telur bercangkang putih juga.
  3. Lincah,  mudah terkejut, dan lebih peka terhadap perubahan lingkungan.
  4. Dapat memproduksi telur rata-rata 260 – 280 butir per tahun.

Ayam Petelur tipe sedang

Jenis ayam petelur tipe sedang merupakan ayam petelur yang memiliki dua fungsi atau dwiguna. Yakni ditujukan sebagai ayam petelur dan juga ayam pedaging saat mulai memasuki masa afkir. Jadi peternak masih bisa memanfaatkan dagingnya ketika ayam sudah afkir bertelur. Sumber daya yang dimiliki oleh ayam petelur tipe sedang ini dibagi menjadi dua yaitu untuk memproduksi telur dan juga daging. Namun alokasi utama sumber dayanya tetap untuk memproduksi telur. Maka dari itu ukuran tubuh ayam petelur tipe sedang ini lebih besar dan kekar daripada ayam petelur tipe ringan. Berikut ini ciri-ciri dari ayam petelur tipe sedang :

  1. Memiliki ukuran badan yang lebih besar dari ayam petelur tipe ringan, lebih kekar dan kakinya lebih berotot.
  2. Memiliki bulu berwarna coklat kemerahan serta cangkang telurnya juga berwarna coklat.
  3. Lebih tenang dan tidak berisik.
  4. Dapat memproduksi telur rata-rata 270-290 butir per tahun.

Selain itu terdapat juga jenis DOC ayam petelur kualitas pabrikan yang mana seluruh perlakuan terhadap DOC tersebut sudah standar pabrikan. Contoh dari produk DOC pabrikan adalah dari PT Charoen Phokpand dan juga Japfa Comfeed. Namun DOC hasil dari peternak lokal juga tidak kalah kualitasnya dengan doc pabrikan.

Ayam Petelur
Tipe-tipe Ayam Petelur, Tipe Ringan (warna bulu puth) dan Tipe Sedang (warna bulu coklat)

Cara Mendapatkan DOC

Apabila anda ingin beternak ayam petelur, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan bibit ayam petelur, diantaranya :

1. Datang ke Peternakan Secara Langsung

Cara ini mungkin yang paling disukai oleh semua orang karena kita dapat melihat secara langsung kondisi bibit atau doc yang akan dibeli. Namun terkadang terdapat larangan untuk masuk ke area kandang karena memang harus menjaga sterilisasi.

2. Rekomendasi dari Teman

Apabila anda berkeinginan ternak ayam petelur namun masih ragu-ragu, mungkin anda bisa mencari informasi dari rekan anda misalnya ada yang menjadi peternak. Atau anda juga bisa melihat review atau ulasan dari dunia maya mengenai kegiatan ternak ayam. Anda juga bisa mencoba mengunjungi website kami di hobiternak.com karena kami juga menyediakan bibit atau doc yang berkualitas dengan harga yang pas.

3. Beternak Sendiri

Untuk mendapatkan DOC dengan cara menetaskan sendiri anda harus sudah benar-benar berpengalaman di bidang peternakan ayam. Karena jika cara ini dilakukan oleh pemula maka akan sangat berisiko. Namun apabila anda telah berpengalaman anda bisa mencoba menetaskan sendiri DOC ayam petelur lalu anda bisa jual kepada orang lain. Tetapi jangan khawatir karena kami juga menyediakan DOC atau bibit ayam petelur dan kami juga menyediakan pullet ayam petelur siap bertelur. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh daerah Indonesia baik dalam maupun luar Pulau Jawa yang terjangkau oleh kargo hewan.

Ayam Layer Petelur
Ayam Tipe Medium atau Sedang

Harga Bibit Ayam Petelur 2019

Kami dari hobiternak.com menyediakan bibit ayam petelur, baik dari jenis petelur polos maupun petelur super. Pengiriman dapat kami lakukan ke seluruh daerah Indonesia. Untuk harga di wilayah Pulau Jawa saat ini untuk bibit ayam petelur polos adalah Rp. 7.800 per ekor. Lalu untuk bibit ayam petelur super adalah Rp. 11.500 per ekor. Untuk informasi mengenai harga diluar Pulau Jawa silahkan hubungi kami kapanpun atau bisa langsung cek daftar harga luar pulau jawa.

Bagi anda yang ingin berwirausaha dengan beternak ayam petelur, kami hobiternak.com menyediakan dan menjual DOC dan juga pullet ayam petelur yang berkualitas. Untuk pemesanan, silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
cara membuat doc ayam petelur sendiri, doc ayam petelur pokphand, apa itu doc ayam petelur, doc ayam adalah, jual doc ayam petelur, jenis doc ayam petelur, harga doc ayam petelur 2019, 

<Karina Nur Arifah>


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: