Cek!!! 6 Ciri Ciri Ayam Petelur yang Mau Bertelur

Siapa yang belum mengenal ayam petelur? Tentu sudah mengenalnya bukan. Ya, ayam petelur adalah jenis ayam yang menghasilkan telur lalu telur tersebut dijual dan dikonsumsi oleh manusia. 

Telur ayam menjadi salah satu makanan favorit yang sering dikonsumsi oleh manusia. Dapat diolah dengan berbagai jenis menu masakan menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati. 

Berbicara mengenai ayam petelur, saat ini cukup banyak para peternak baik itu yang sudah senior maupun baru atau pemula yang memelihara jenis ayam petelur.

Mereka melihat peluang bahwa permintaan telur ayam setiap harinya selalu tinggi, jadi apabila memelihara ayam petelur maka akan bisa memberikan keuntungan yang lumayan banyak.

Ayam petelur merah termasuk jenis ayam yang memiliki produktivitas telur tinggi I image 1
Ayam petelur merah termasuk jenis ayam yang memiliki produktivitas telur tinggi I image 1

Di Indonesia cukup banyak jenis ayam petelur yang bisa dikembangbiakkan. Contohnya ayam petelur merah, ayam arab, ayam kub, ayam elba dan lain sebagainya. 

Untuk Jenis ayam petelur yang sering diternakkan yaitu ayam petelur merah. Per satu tahun ayam petelur ini dapat menghasilkan telur sejumlah 240-260 butir per ekornya. Dengan jumlah yang banyak tersebutlah membuat para peternak tertarik. 

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh peternak saat proses beternak ayam petelur berlangsung salah satunya yaitu mengetahui bagaimana ciri-ciri ayam petelur yang mau bertelur. 

Berikut akan kami informasikan, cek selengkapnya di bawah ini…

Ayam yang akan bertelur biasanya mempunyai tanda-tanda I image 2
Ayam yang akan bertelur biasanya mempunyai tanda-tanda I image 2

Baca juga : √ Cara Mudah Menentukan Modal Ternak Ayam Petelur 100 ekor

Ciri-ciri ayam petelur yang mau bertelur bisa dilihat dari : 

1. Umur ayam

Umur ayam menentukan kapan ayam siap untuk memproduksi telur. Jika ayam masih berusia anakan atau remaja tentu belum bisa memproduksi telur. 

Untuk ayam petelur merah sendiri biasanya akan mulai belajar bertelur pada usia 18 – 19 minggu. 

Apabila pada umur tersebut namun ayam belum bertelur juga maka bisa dicari penyebab kenapa tidak bertelur-bertelur. 

Penyebab ayam belum bertelur padahal sudah memasuki masa bertelur yaitu diantaranya pakan yang kurang berkualitas, perawatan yang tidak baik dan ayam terjangkit penyakit.

2. Bobot ayam

Kalau di lihat dari bobot sebenarnya tidak begitu konkret, namun bisa juga dijadikan patokan untuk menentukan ciri-ciri ayam petelur yang mau bertelur. 

Pada usia 20 minggu bobot ayam petelur yaitu sekitar 1,6 – 1,7 kg. Pemberian pakan yang cukup dan sesuai standar sangat membantu pertumbuhan dan bobot pada ayam. 

3. Tulang pubis pinggul belakang

Saat sudah memasuki masa bertelur, tulang pubis pada ayam akan terasa lentur dan elastis. Ini bisa menjadi tanda bahwa ayam mulai mau bertelur. 

4. Pial dan jengger

Ayam yang mau bertelur memiliki ciri pial dan jengger besar berwarna cerah. Jadi bila pial dan jengger masih kecil maka bisa dipastikan ayam belum berumur 18 minggu. 

Jadi Anda harus hati-hati saat akan membeli pullet, jika dikatakan bahwa pullet tersebut sudah berumur 18 minggu namun pial dan jenggernya masih kecil maka perlu hati-hati. Kemungkinan besar ayam tersebut masih usia remaja. 

5. Bagian kloaka

Ciri ayam yang mulai bertelur pada bagian kloaka terdapat cairan. Biasanya ukurannya juga akan melebar karena untuk memperlancar jalan keluar telur.

6. Ayam akan berisik petok-petok

Jika ayam akan bertelur maka biasanya akan berisik dengan membunyikan suara petok-petok terus. 

Baca juga : 

Mempunyai ilmu yang cukup tentang beternak ayam petelur sangat penting bagi keberhasilan beternak ayam I image 3
Mempunyai ilmu yang cukup tentang beternak ayam petelur sangat penting bagi keberhasilan beternak ayam I image 3

Mengetahui bagaimana ciri ayam petelur mau bertelur sangat penting karena peternak bisa menyesuaikan dalam hal perawatan ataupun pakan & minumnya. 

Selain itu, peternak juga bisa memilih pullet ayam petelur yang berkualitas untuk dipelihara. 

Nah itu dia informasi mengenai ciri-ciri ayam petelur yang mau bertelur. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Apabila Anda ingin membeli ayam petelur kami dari hobiternak.com menyediakan bibit/DOC ayam petelur dan pullet usia 13 minggu dan 16 minggu.

Untuk DOC pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, sedangkan untuk pullet ayam petelur pengiriman baru bisa di wilayah Pulau Jawa saja. 

Silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : ciri ciri ayam petelur yang mau bertelur, ayam petelur, bibit ayam petelur, doc ayam petelur, pullet ayam petelur, pullet ayam, ayam bertelur

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Pinterest.com
  • image 2: pixabay.com
  • image 3: pexels.com
  • cover: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA