Ayam Ketawa

Cara Membedakan Antara Ayam Ketawa Dengan Ayam Kampung


Cara Membedakan Antara Ayam Ketawa Dengan Ayam Kampung – Ayam Ketawa merupkan salah satu jenis ayam hias asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sidrap, Sulawesi selatan. Ayam ini termasuk dalam kategori unggas yang dilindungi karena keberadaannya yang langka juga hampir punah. Jenis ayam ini yang yang hanya dipelihara dan berkembangbiak pada lingkungan bangsawan di Bugis yang digunakan sebagai simbol status sosial yang dapat menggambarkan kesuksesan. Tak hanya itu jenis ayam ketawa merupakan jenis ayam yang banyak diburu oleh para kolektor jenis ayam hias.

Cara Membedakan Antara Ayam Ketawa Dengan Ayam Kampung

Berikut merupakan video ayam ketawa juara :

Konon ayam ini hanya dipelihara oleh bangsawan-bangsawan bugis karena pada saat itu jenis ayam ini merupakan ayam yang di anggap sebagai simbol kebangsaan didalam masyarakat suku bugis dan pada saat itu ayam ini wajib untuk dilestarikan oleh generasi penerusnya. Ayam ketawa juga disebut ayam yang dalam bahasa Inggris diartikan sebagai hewan unggas dan termasuk salah satu hewan yang dilindungi.

Ayam ini memang hampir sama dengan jenis ayam kampung. Bisa diperhatikan ayam kampung dengan jenis ayam yang memiliki suara seperti orang ketawa sangatlah mirip baik dari bulunya maupun pada postur tubuhnya yang sangat susah untuk dibedakan. Karena kedua jenis ayam ini memiliki berbagai persamaan. Namun kedua jenis ayam ini dapat dibedakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis ayam.

Berbeda dengan ayam kampung walaupun pada jenis ayam kampung memiliki bulu yang hampir sama dengan ayam jenis ketawa ini, namun ayam kampung sendiri tidak memiliki suara kokokan ayam yang khas serta tidak dapat menirukan suara ketawa manusia. Biasanya cara orang bisa membedakan jenis ayam ini dengan mendengarkan suara yang dimilikinya. Dimana ayam ketawa memiliki suara yang khas sejak lahir serta suaranya yang menyerupai suara ketawa manusia. Cukup unik bukan? Hal itu yang menjadi daya tarik kolektor untuk memilikinya.

Berikut merupakan Video ayam ketawa dangdut: 

Jika diperhatikan bentuk fisik antara ayam kampung dengan ayam ketawa memang sama. Namun untuk keunikannya berbeda dari masing-masing jenis ketawa maupun ayam kampung.  Ciri-ciri ayam ketawa ini memiliki bentuk tubuh,ukuran tubuh serta warna-warni pada bulunya yang menyerupai dengan ayam kampung. Yang membedakan jenis ayam ini dengan jenis ayam lainnya yakni suara kokokannya yang mirip dengan ketawa manusia.

Beternak ayam ini tidaklah serumit yang kita bayangkan. Pada kandang ayam ketawa memiliki harga yang cukup terjangkau dan dengan menyiapkan tempat kandang dari bambu maupun kayu atau sejenisnya dapat kita temukan dengan mudah. Luas kandang  haruslah disesuaikan dengan jumlah ayam yang tersedia. Didalam kandang harus disediakan tempat untuk bertelur ayam.

Dalam pemberian makanan ayam ketawa  ini  sama halnya dengan pemberian pakan pada jenis ayam umumnya. Pemberian pakan disesuaikan dengan jenis dan umur ayam. Untuk pakan sebaiknya mudah didapat, harganya terjangkau, mempunyai kandungan gizi yang baik dan antar jenis pakan dapat saling melengkapi. Selain konsentrat, kita bisa memberikan jenis pakan campuran. Pakan campuran yang terdiri dari jagung, gabah, beras merah, dan voer yang bisa ditemukan di pasar-pasar burung maupun toko pakan terdekat dirumah anda. Selain itu pada anakan ayam akan lebih baik jika diberikan pakan voer dengan campuran sayur-sayuran yang mengandung protein tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Selain itu pakan dapat juga dicampurkan dengan jehe, kunyit dan kencur guna meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam tersebut.

Baca juga :

Berikut daftar harga ayam ketawa dari usia anakan ampai dewasa :

Harga Ayam Ketawa Per Ekor

1 Bulan   @ Rp100,000
2 Bulan   @ Rp125,000
3 Bulan   @ Rp150,000
4 Bulan   @ Rp200,000
5 Bulan   @ Rp250,000
Dewasa   @ Rp350,000

Untuk ayam ketawa termahal di tempat kami yaitu untuk ayam ketawa usia dewasa. Ayam ketawa harga memang memiliki banyak variasi tergantung dengan usianya.

Selain ayam ketawa, jenis ayam lain yang memiliki keunikan pada bagian kokoknya yaitu ayam pelung. Untuk ayam ketawa bunyi kokokkannya mirip seperti ketawa manusia sedangkan untuk ayam pelung suara kokoknya panjang dan mengalun.

ayam ketawa

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam ketawa, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait : 
ayam ketawa termahal , ayam ketawa harga , ayam pelung

 

Viky Ristiyarti

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Ketawa
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: