Mengenal Ayam Ketawa Beserta Ciri-Ciri Ayam Ketawa

Ciri ciri Ayam Ketawa – Mungkin bagi para pecinta ayam hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan ayam ketawa. Jenis ayam ketawa merupakan jenis ayam yang berasal dari daerah Sidrap atau Sindereng Rappang (Sulawesi Selatan). Berbeda dengan jenis ayam lainnya jenis ayam ini memilik suara yang khas. Walaupun pada umumnya jenis ayam ini memiliki postur tubuh seperti jenis ayam lain, namun suara kokokan jenis ayam ini sangatlah berbeda dengan ayam lain. Ada juga suara ayam yang menyerupai burung gagak sehingga disebut sebagai ayam gagak.

ciri ciri ayam ketawa
Ayam Ketawa Usia 5 Bulan

Mengapa jenis ayam ini dinamakan sebagai ayam ketawa?

Karena Ayam Ketawa mampu menghasilkan suara yang mirip suara orang yang sedang tertawa. Karena memiliki suara yang unik sehingga jenis ayam ini bnayak diminati oleh masyarakat luas. Namun jenis ayam ketawa termasuk kedalam jenis ayam langka juga merupakan jenis ayam yang dilindungi pemerintah yang disebabkan keberadaan ayam ketawa semakin sedikit atau sudah hampir punah.

Berikut merupakan ciri-ciri fisik ayam ketawa :

  1. Memiliki bentuk jengger pada bagian belakang yang menempel dengan tempurung kepala
  2. Memiliki pita suara yang berbeda dengan jenis ayam lainnya, yang memiliki bentuk aneh dan pita suara ayam ketawa yang ternyata terputus. Tidak seperti pita suara ayam lainnya yang besar dan menyambung. Maka tidak heran jika ayam ketawa ini memiliki suara yang terputus-putus yang sangat mirip dengan orang tertawa.
  3. Jika dilihat secara fisik, ayam ketawa memiliki bulu yang cukup mirip dengan ayam kampung.
  4. Memliki berat badan 4-6 kg pada usia dewasa
  5. Ayam Ketawa juga memiliki berbagai jenis warna meliputi kuning, hitam, putih, dan hijau.

Berikut merupakan 6 jenis ayam ketawa yang dibedakan menurut warna bulunya antara lain :

  • Bakka
    Jenis dan harga ayam ketawa ini memang cukup bervariasi dan  memiliki bulu di tubuhnya dengan warna dasar putih yang dominan pada dadanya yang dihiasi dengan warna dasar hitam, orange, merah dengan kaki yang berwarna hitam atupun putih.
  • lappung
    Pada ayam ketawa jenis ini memiliki warna bulu  yang dominan hitam dan merah hati dengan memiliki mata yang berwarna putih dan memiliki harga yang bervariasi.
  • Ceppaga
    Ayam Ketawa Ceppaga memiliki bulu dengan warna dasaran hitam yang dihiasi dengan bintik-bintik putih di seluruh tubuhnya. Selain itu ayam ketawa jenis ceppaga ini memiliki kaki yang berwarna hitam, keunikan dari jenis ayam ini  hingga membuat ayam yang ditawarkan bervariasi.
  • Kooro
    Memiliki warna dasaran hitam dan terdapat beberapa bulu yang berwarna hijau, putih dan kuning yang mengkilap dengan kaki yang berwarna kuning dan hitam menambah daya tarik tersendiri bagi jenis ayam ini.
  • Ijo Buota
    Ayam Ketawa Ijo Buota sendiri memang cukup mirip dengan ayam cemani namun untuk jenis ayam ketawa memiliki warna bulu hijau dan merah di seluruh tubuhnya terutama pada bagian sayap da jengger ayam ketawa.
  • Bori Tase
    Ayam Ketawa Bori Tase memiliki warna bulu dengan dasaran warna yang dominan berwarna merah. Leher ayam ketawa yang dihiasi dengan warna kuning keemasan juga pada bagian ekornya yang menambah keunikan tersendiri bagi sebagian kolektor.

Ciri-Ciri Anak Ayam Ketawa

Ciri-ciri anak ayam ketawa dapat dikategorikan usianya yang baru 1,5 bulan  pada anakan jenis ayam yang umum biasanya hanya bisa berkotek. Cara memperoleh Jenis suara ayam ketawa yang khas dapat dilakukan stimulasi yang memperdengarkan suara ayam ketawa yang lainnya agar Ayam Ketawa dapat menirunya. Berikut merupakan beberapa jenis suara ayam ketawa yaitu tenor, sopran, bass dan lain sebagainya. Dalam produktifitas Ayam Ketawa sendiri umumnya memang hampir sama dengan ayam kampung biasa. Ayam Ketawa mampu bertelur 11-13 butir telur dalam satu kali periode. Selain itu dalam menjaga keaslian ayam ketawa sendiri sebaiknya ayam ketawa dikawinkan dengan sesama jenis ayam ketawa agar tidak menghasilkan varietas lainnya.

Berikut merupakan gambar ayam ketawa betina :

ciri ciri ayam ketawa
Ayam Ketawa

Pemberian pakan ayam ketawa

Pemberian pakan ayam ketawa sendiri untuk menunjang kesuburan serta masa bertelur dan indukan agar lancar bertelur sebaiknya pakan yang digunakan adalah kacang ijo yang fungsinya untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur yang lebih banyak. Kebutuhan gizi akan dapat terpenuhi dengan memberikan konsentrat, sayur-sayuran serta bekatul. Seperti halnya beternak jenis ayam lainnya pola pemberian pakan ayam ketawa berbeda-beda dalam setiap usianya. Pola pemberian pakan ayam ketawa lebih banyak menggunakan konsentrat. Pada usia anakan dapat diberikan voer yang kaya akan protein tinggi dan dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Pada usia perkembangan dapat diberikan pakan dengan kandungan konsentrat juga pada usia dewasa yang lebih banyak diberikan makanan yang dapat memicu telur dan keindahan tubuh ayam tersebut.

ciri ciri ayam ketawa
Ayam Ketawa Umur 5 Bulan

Ayam Ketawa sebagai ayam hias dapat ditempatkan dihalaman rumah atau dapat juga dikandangkan dengan desain kandang yang harus terlihat rapi dan cantik. Selain kerapian kandang pemeliharaan kebersihan kandang tetap harus diperhatikan untuk memberikan kenyamanan bagi ayam maupun pada tampilan ayam ketawa dirumah. Hal ini berguna untuk menjaga kebersihan, keindahan serta kecerahan pada bulu ayam tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam ketawa, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
ciri ciri ayam ketawa betina asli, ciri ciri fisik ayam ketawa, ciri-ciri anak ayam ketawa, gambar ayam ketawa betina, cara memilih ayam ketawa, harga anak ayam ketawa, jenis suara ayam ketawa, jengger ayam ketawa,

Viky Ristiyarti

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: