Ayam Ketawa merupakan salah satu jenis ayam hias asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sindrap, Sulawesi selatan. Dalam bahasa Bugis ayam ketawa juga  biasa disebut dengan nama “Manu Gaga”. Dahulu ayam ini termasuk dalam kategori unggas yang dilindungi karena keberadaannya yang cukup langka dan juga hampir punah. Tak hanya itu saja,  jenis ayam ketawa ini juga  merupakan jenis ayam yang banyak diburu oleh para kolektor jenis ayam hias.

Berikut merupakan video ayam ketawa juara :

Konon ayam jenis ketawa ini hanya dipelihara oleh bangsawan-bangsawan bugis karena pada saat itu jenis ayam ini merupakan ayam yang di anggap sebagai simbol kebangsaan didalam masyarakat suku bugis. Dan pada saat itu pula ayam ini juga wajib untuk dilestarikan oleh generasi penerusnya.

Ayam ini memang bisa dibilang  hampir sama dengan jenis ayam kampung biasanya. Bila diperhatikan ayam kampung dengan ayam ketawa sangatlah mirip baik dari bulunya maupun pada postur tubuhnya. Sehingga  bisa di bilang cukup susah dalam membedakannya. Karena kedua jenis ayam ini juga memiliki berbagai persamaan. Namun, kedua jenis ayam ini dapat dibedakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing dari  jenis ayam tersebut.

Pada jenis ayam kampung memiliki bulu yang hampir sama dengan ayam ketawa namun untuk ayam kampung sendiri tidak memiliki suara kokokan ayam yang khas serta tidak dapat menirukan suara ketawa manusia. Berdasarkan suaranya tersebut, ayam ketawa memiliki 3 jenis, yaitu :  Ketawa gretek, suara dangdut dan suara slow. Sehingga tak heran jika ayam ketawa ini cukup memikat banyak orang. Biasanya cara orang membedakan jenis ayam ini yakni pada jenis suara yang dimiliki. Dimana ayam ketawa memiliki suara yang khas sejak lahir yang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian kolektor ayam hias. Bahkan suara ketawanya sendiri yang hampir mirip dengan suara ketawa manusia. Tentu cukup unik bukan?

Berikut merupakan Video ayam ketawa dangdut: 

Jika diperhatikan bentuk fisik antara ayam kampung dengan ayam ketawa memanglah sama. Namun, keunikan masing-masing jenis ayamlah yang dapat membedakan antara kedua jenis ayam tersebut baik ayam ketawa itu sendiri maupun ayam kampung. Untuk ayam ketawa memiliki keunikan pada suaranya yang khas sedangkan yang ayam kampung juga memiliki kelebihannya sendiri.

Berikut ini merupakan cara membedakan antara ayam ketawa dengan ayam kampung yang dilihat dari ciri-cirinya :

ayam ketawa

Ayam Ketawa

Ciri-ciri ayam ketawa ini sendiri memiliki bentuk tubuh, ukuran tubuh serta warna-warni pada bulu ayam ketawa yang menyerupai dengan ayam kampung. Yang membedakan jenis ayam ketawa dengan jenis ayam lainnya yakni suara kokokan ayam ketawa yang mirip dengan ketawa manusia. Dan untuk ayam ketawa yang saat ini banyak di pelihara di masyarakat antara lain: Memiliki jengger besar serta lebar, Badan kecil dan memiliki kaki berwarna abu-abu gelap namun ada juga yang berkaki kuning serta berjengger mawar.

 

Sedangkan untuk  ayam kampung sendiri juga memiliki ciri – ciri  sebagai berikut :

ayam ketawa

Ayam Kampung Super

1. Daging ayam kampung gurih dan kenyal, sehingga memberikan unik untuk konsumennya.
2. Jika dibandingkan dengan ayam ras, kandungan lemak dagingnya ayam kampung lebih rendah.
3. Untuk pemeliharaan ayam kampung bisa dibilang juga cukup mudah.
4. Dalam pemeliharaan ayam kampung memerlukan lahan yang luas.
5. Jika dibandingkan dengan untuk harga ayam kampung cukup stabil.
6. Ayam kampung memiliki daya tahan tubuh uang lebih tinggi.
7. Ayam kampung juga bisa dibilang cukup banyak peminatnya.

Dalam pemberian makanan ayam ketawa  ini sendiri sama halnya dengan pemberian pakan pada jenis ayam umumnya. Pakan yang mudah didapat dan daya tahan tubuhnya pun kuat diberbagai cuaca. Cukup diberikan pakan campuran yang terdiri dari jagung,gabah,beras merah, dan pur yang bisa ditemukan di pasar-pasar burung maupun toko pakan terdekat dirumah anda. Selain itu pada anakan ayam akan lebih baik jika diberikan pakan pur dengan campuran sayur-sayuran yang mengandung protein tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Selain itu pakan dapat juga dicampurkan dengan jehe,kunyit dan kencur berguna untuk  meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam tersebut.

ayam ketawa

konsetrat

Selain pakan, hal yang juga  harus di perhatikan adalah kandang ayam. Untuk kandang  ayam yang masih anakan bisa diberikan tambahan lampu yang berfungsi sebagai penghangat. Untuk posisi lampu di usahakan tidak menyentuh kandang hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran.
Sedangkan untuk alas atau talam (litter) bisa diberikan kulit gabah atau butiran strowbur (plastik busa) yang memiliki ketebalan 10 sampai 15 cm.

Kandang sebaiknya juga diberikan ventilasi karena berfungsi sebagai menentukan tinggi rendahnya suhu dalam ruangan tersebut. Ventilasi yang disediakan sebaiknya  diberikan penutupnya juga. Dan untuk jenis kandang yang bisa dibuat antara lain :kandang sistem lantai litter, kandang sistem slat, dan bisa juga kandang sistem ren.

ayam ketawa

Kandang Ranch

Beternak ayam ini tidaklah serumit yang kita bayangkan. Pada kandang ayam sendiri juga dapat disediakan dengan harga yang cukup terjangkau dan dengan menyiapkan tempat kandang dari bambu maupun kayu atau sejenisnya yang dapat kita temukan dengan mudah. Selain berdasarkan usia ayam tersebut, kandang pada ayam sendiri haruslah disesuaikan dengan jumlah ayam yang tersedia sehingga kandang dapat disesuaikan dengan kapasitas ayam tersebut, dan jangan lupa kandang harus disediakan tempat untuk bertelur ayam.

Selain memiliki daya tarik tersendiri ayam ketawa juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Telur ayam ketawa                                                                                                                          Telur ayam ketawa biasanya digunakan untuk menurunkan demam pada anak/ orang dewasa serta memberikan imunitas pada anak dan bagi orang dewasa biasanya digunakan sebagai penambah stamina. Telur ketawa ini biasanya juga diberikan pada ayam ketawa yang akan ikut lomba, karena telur ini dipercaya sebagai penambah stamina. Namun, pemberian ini belum ada pembuktian secara medis, tetapi sudah banyak orang yang membuktikannya sebagai obat. Untuk dijadikan obat, induknya harus yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang berguna untuk menghindari kita terhindar  dari bawaan telur ayam terkontaminasi.
  2. Ayam ketawa Dewasa dan Anakan
    Jika dibandingkan dengan ayam ketawa yang dewasa, ayam ketawa anakan lebih cepat lakunya karena untuk harga anakannya lebih terjangkau. Selain itu, penghobi juga suka memelihara ayam
    ketawa dari kecil alasannya memiliki keterikatan khusus. Namun, sebagian orang ada juga yang memelihara ayam ketawa yang sudah dewasa karena bertujuan untuk diternakan agar lebih cepat berkembang biaknya. Ayam Ketawa ini bisa dijual pasar ayam hias atau ke pedagang ayam kampung. Jika dilihat dari dagingnya, ayam ketawa sama seperti ayam kampung biasanya. Tetapi, jika dibandingkan dengan ayam pelung warna dagingnya berbeda. Ayam pelung memilki warna daging biru dan agak hitam.

 

ayam ketawa

Ayam Ketawa

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam ketawa, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan. silahkan cek DAFTAR HARGA
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
video ayam ketawa dangdut, ayam ketawa termahal, video ayam ketawa juara, ciri ciri ayam ketawa, makanan ayam ketawa,

Viky Ristiyarti


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: