Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Ayam Pelung Ada 7 Jenis

Sebelum mengenal jauh tentang jenis ayam pelung ini. Mari kita bahas apa itu ayam pelung? Ayam pelung merupakan ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Bagi peternak pemula sering kali bingung dalam membedakan beberapa ayam yang hampir sama seperti ayam pelung ini, misalkan saja ayam bangkok, ayam ketawa dan ayam kampung. Karena memang ayam-ayam tersebut juga memiliki postur tubuh yang hampir sama. 

Ayam Pelung adalah ayam ras unggul yang memiliki kokok panjang, berasal dari Cianjur, Jawa Barat
Ayam Pelung adalah ayam ras unggul yang memiliki kokok panjang, berasal dari Cianjur, Jawa Barat

Suara Ayam Pelung

Meskipun begitu, terdapat perbedaan yang hanya di miliki ayam ini salah satunya adalah ayam pelung memiliki tubuh besar, gagah dan memiliki warna bulu yang khas seperti campuran merah dan hitam, putih dan kuning serta warna hijau yang mengkilat. Selain itu, suara ayam pelung ini juga merdu dan mampu berkokok lama. Maka, tidak heran jika ayam ini biasa diikut sertakan dalam acara  lomba.

Syarat untuk diikutkan dalam lomba tentu juga harus memiliki kualitas yang bagus. Salah satu nya adalah dalam hal tampilan. Agar memiliki tampilan yang prima dalam acara kontes tersebut maka ayam pelung harus berusia diatas tujuh bulan dan harus diberi minuman jamu yang dicampurkan bawang putih dan menjalani gurah. Sebelum diikutkan dalam acara kontes ayam pelung harus diberikan perawatan yang khusus. Dengan perawatan yang baik itu juga akan menghasilkan ayam pelung super jumbo.

Karena memiliki suara kokok yang panjang, saat ini banyak diadakan perlombaan atau kontes ayam pelung
Karena memiliki suara kokok yang panjang, saat ini banyak diadakan perlombaan atau kontes ayam pelung

Jenis-jenis ayam pelung menurut warna dan jenggernya :

Jenis – jenis ayam pelung selain dapat dibedakan berdasarkan daerah asalnya, ayam ini  juga dibedakan menurut warna dan jenggernya, antara lain:

1. Ayam Pelung Pejet

adalah salah satu jenis ayam yang mempunyai campuran warna hitam, merah dan kuning emas. Banyak yang mengatakan jika ayam pelung pejet ini berasal dari daerah Garut Jawa Barat.

2. Ayam Pelung Jalak

adalah  ayam yang memiliki perpaduan antara warna hitam dan kuning kehijauan, tetapi ditemukan juga yang memiliki perpaduan putih hitam.

3. Ayam Pelung Bajing Turun

adalah jenis pelung yang mempunyai bentuk jengger tegak dan besar bila dilihat dari samping sedangkan jika diamati dari depan mengecil ke belakang serta berbentuk kurva yang memiliki ukuran serasi.

4. Ayam Pelung Carambabang

adalah pelung yang mempunyai perpaduan warna bulu merah hitam yang diselingi warna putih acak atau tidak beraturan.

5. Ayam Pelung Ngeplek Kenca

adalah ayam pelung yang memiliki jengger miring ke kiri.

6. Ayam Pelung Ngeplek Katuhu

adalah ayam pelung yang mempunyai jengger miring ke kanan.

7. Ayam Pelung Ragaji Gobet

adalah ayam pelung yang mempunyai jengger dengan ukurannya pendek dan ujungnya seperti gergaji.

Pakan Ayam Pelung

Untuk pakan atau makanan ayam pelung ini sangat mudah ditemui di lingkungan sekitar kita. Pada umumnya pakan ayam ini sama saja seperti ayam kampung biasanya. Bisa diberikan berupa biji-bijian, tepung dan beberapa jenis pakan yang lainnya. Jika diamati dari postur tubuhnya, ayam  ini membutuhkan makanan seperti gandum, jagung, dan pakan yang berbentuk butiran yang berfungsi sebagai karbohidrat. Dan untuk pakan yang berbentuk cairan bisa diberikan berupa minyak kedelai dan minyak ikan yang berfungsi sebagai sumber energinya. Selain makanan, ayam pelung juga membutuhkan ransum yang berguna untuk memenuhi asupannya.

Untuk pakan ayam pelung Anda bisa berikan beberapa jenis biji-bijian
Untuk pakan ayam pelung Anda bisa berikan beberapa jenis biji-bijian

Berikut ini beberapa ransum yang baik untuk ayam pelung :

  1. Ransum yang berbentuk tepung komplit adalah tepung yang digiling, yang bisa diserap oleh usus. Sehingga ransum ini sangat cocok untuk diberikan ayam pelung yang masih anakan maupun sudah dewasa.
  2. Ransuman yang berbentuk seperti butiran adalah tepung yang diolah kembali menjadi butiran. Ransuman ini cocok untuk diberikan ayam pelung yang sudah dewasa.
  3. Ransum tepung yang berbentuk pecahan adalah tepung yang diolah kembali menjadi bentuk pecahan. Ransuman ini bisa diberikan ke semua usia ayam pelung.

Berikut ini merupakan video ayam pelung :

Harga Ayam Pelung

Berbicara mengenai ayam ini tak lepas dengan harga jual ayam pelung tersebut. Untuk harga jualnya sangat bervariasi. Harga jual itu tergantung dengan trah ayam pelung asli tersebut. Selain berdasarkan dengan trah ayam pelung tersebut. Harga ayam pelung juga berdasarkan usia ayam tersebut. Dan berikut ini merupakan harga jual ayam pelung yang dijual ditempat kami:

1 Bln Rp185.000 /ekor
2 Bln Rp210.000/ekor
3 Bln Rp235.000/ekor
4 Bln Rp260.000/ekor
5 Bln Rp310.000/ekor
5 Bln jantan Rp 360.000/ekor
Dewasa Rp535.000/ekor
Dewasa Jantan Rp 735.000/ekor

Berapa hari telur ayam pelung menetas?

Seperti ayam biasanya, telur ayam pelung akan menetas selama 21 hari. Cara menetaskan telur ayam pelung bisa menggunakan indukan ayam pelung atau agar lebih mudah menggunakan mesin penetas telur.

Bagaimana cara ayam pelung supaya berkokok panjang?

Salah satu cara agar ayam pelung dapat berkokok panjang yaitu, kita perlu memperhatikan dalam hal pemberian pakannya. Pakan ayam pelung harus mengandung gizi yang cukup. Selain pakan, kebersihan kandang juga sangat penting.

Umur berapa ayam pelung belajar berkokok?

Pada usia 4 bulan ayam pelung sudah mulai bisa belajar berkokok, meskipun suaranya belum maksimal. Suara kokok ayam pelung akan maksimal jika sudah berusia diatas 1 tahun.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur dari ayam ini, kami menyediakan telur nya yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com. Silahkan Anda bisa menghubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

makanan ayam pelung, jenis jenis ayam pelung, harga jual ayam pelung, suara ayam pelung, ayam pelung super jumbo, video ayam pelung, ayam pelung asli, ayam pelung cianjur

**Krisna Verawati**

Image Sources :

  • Ayam pelung usia dewasa: Admin 1 hobiternak.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: