Terbaru Daftar Harga Ayam Ketawa

Harga Ayam Ketawa pada tahun 2020 berada di kisaran 400 ribuan per ekor. Harga ini termasuk harga untuk ayam ketawa dewasa atau kadang di sebut juga indukan. Kami menyediakan ayam ketawa dari umur satu bulan hingga indukan.

Terbaru Daftar Harga Ayam Ketawa
Terbaru Daftar Harga Ayam Ketawa
Silahkan berikut daftar harga Ayam Ketawa untuk tahun 2020 ini

1 Bln Rp 110,000 / ekor
2 Bln Rp 135,000 / ekor
3 Bln Rp 185,000 / ekor
4 Bln Rp 235,000 / ekor
5 Bln Rp 285,000 / ekor
Dewasa Rp 435,000 / ekor

Ayam Ketawa

Ayam ketawa salah satu ayam asli yang berasal dari daerah Indonesia di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Jenis ayam ini biasa dijuluki dengan ayam jantan dari timur. Keberadaan ayam ketawa sekarang sudah mulai jarang kita jumpai. Ayam ini sekarang sudah jarang dipelihara oleh masyarakat pada umumnya. Secara umum ayam ketawa memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan ayam kampung yang biasa ditemukan. Warna yang biasa ditemukan adalah campuran warna merah dan hitam, dengan jengger berwarna merah, paruh berwarna hitam dengan ujung berwarna kuning.

Ayam ketawa biasa di sebut dengan ayam jantan dari timur
Ayam ketawa biasa di sebut dengan ayam jantan dari timur

Kelebihan ayam ketawa

Salah satu kelebihan ayam ini adalah terletak pada suaranya. Mengapa ayam ini bisa dinamakan ayam ketawa karena suaranya. Suara ayam ketawa menyerupai suara manusia yang sedang tertawa. Pada bunyi kokok terakhirnya akan terdengar seperti manusia yang sedang tertawa. Keunikan suaranya ini menjadi daya tarik bagi para penghobi ayam hias untuk memeliharanya. Seiring berjalannya waktu kini masyarakat sudah banyak yang mengetahui keunikan ayam ketawa.

3 Jenis suara ayam ketawa

Banyak para penghobi ayam hias memelihara ayam ini untuk diikutkan dalam kontes ayam ketawa. Biasanya ayam ketawa yang dikonteskan adalah ayam ketawa jantan. Semua ayam yang diikutkan dalam kontes diberikan tempat bertengger secara berjejer, para pemilik ayam akan melihat dan menyoraki ayamnya agar dapat berbunyi dengan indah. Sementara dewan juri akan menilai ayam yang sedang dilombakan, mereka akan menilai suaranya berdasarkan tiga jenis suaranya diantaranya suara “dangdut”, “Gretek” dan “Slow”. Jenis suara dangdut yaitu suara ayam yang meliuk-liuk, jenis suara slow adalah pelan dan panjang, jenis suara gretek adalah suara yang dihasilkan cepat.

Ada tiga kelompok jenis ayam ketawa yang cukup terkenal di Indonesia diantaranya yaitu ketawa gretek, slow dan dangdut
Ada tiga kelompok jenis ayam ketawa yang cukup terkenal di Indonesia diantaranya yaitu ketawa gretek, slow dan dangdut

Seiring bertambahnya pengetahuan tentang ayam, tentu peminat ayam ketawa akan semakin bertambah. Semakin banyaknya permintaan ayam ini akan semakin tinggi harga ayam ketawa dipasaran. Perawatan dan pemberian pakan yang tidak terlalu sulit juga yang membuat para penghobi ayam hias tertarik untuk memelihara ayam unik ini. 

Produktivitas ayam ketawa

Jumlah telur ayam ketawa betina dalam sekali bertelur yaitu 11 – 13 butir. Telur-telur tersebut bisa Anda tetaskan kembali agar ayam ketawa yang Anda punyai semakin banyak dan berkembang. Agar peluang telur menetas tinggi, biasanya peternak menggunakan alat penetas telur (Mesin penetas telur). Mesin penetas telur sangat terkenal ampuh untuk menetaskan telur-telur ayam ataupun unggas lainnya.

Telur Ayam Ketawa
Telur Ayam Ketawa

Makanan ayam ketawa

Ayam ketawa biasanya di berikan gabah atau padi kering. Gabah kering sering di gunakan karena dapat membersihkan lendir yang ada di di tenggorokan ayam ketawa. Selain itu juga gabah bisa berfungsi untuk menghilangkan rasa gatal. Jadi dengan di berikan pakan tersebut, di maksudkan agar ayam ketawa dapat berkokok dengan bagus, panjang dan tinggi.

Dalam pemberian pakan gabah kering pun tidak boleh sembarangan. Gabah terlebih dahulu di rendah satu malam, gabah yang kosong atau tidak ada isinya bisa di buang dan yang ada isinya bisa langsung di berikan ke ayam ketawa.

Salah satu pakan yang sering di berikan untuk ayam ketawa yaitu gabah atau padi kering
Salah satu pakan yang sering di berikan untuk ayam ketawa yaitu gabah atau padi kering

Kandang ayam ketawa

Dalam membuat kandang ayam ketawa Anda bisa menggunakan bahan dasar bambu atau kawat strimin. Kedua bahan tersebut yang paling sering di gunakan oleh peternak ayam ketawa. Untuk model Anda bisa memilih sesuai keinginan. 

Agar ayam ketawa lebih sering berkokok, maka kebersihan kandang sangat penting untuk kita perhatikan. Kita harus selalu membersihkan kandang jika sudah kotor. Kandang yang bersih akan membuat ayam ketawa merasa nyaman dan akan mau berkokok. 

Kebersihan kandang ayam ketawa harus selalu di jaga agar ayam tetap merasa nyaman di dalam kandang
Kebersihan kandang ayam ketawa harus selalu di jaga agar ayam tetap merasa nyaman di dalam kandang

Beberapa pertanyaan seputar ayam ketawa yang sering muncul

Apakah ayam ketawa betina bisa berkokok?

Cukup banyak pertanyaan seperti ini. Ayam ketawa betina sebenarnya bisa berkokok, namun ia mengeluarkan suara kokoknya hanya di waktu tertentu saja jadi bisa di katakan cukup jarang juga. Ayam ketawa betina akan berkokok saat waktu birahi. Dan suaranya kek kek kek bukan petok petok.

Berapa hari telur ayam ketawa menetas?

Telur ayam ketawa akan menetas setelah mengalami proses pengeraman selama 21 hari. Pengeraman telur ayam ketawa bisa menggunakan media mesin penetas atau menggunakan indukan ayam ketawa.

Bagaimana cara membedakan ayam ketawa dengan ayam kampung?

Memang kalau di lihat dari fisikinya ke dua jenis ayam ini sama. Untuk membedakan salah satunya yaitu pada suara. Suara kokok pada ayam ketawa sangat khas. Ayam ketawa memiliki suara kokok seperti manusia yang sedang ketawa.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam ketawa, kami menyediakan telur ayam ketawa yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam ketawa kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam ketawa dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com . Hubungi kami sekarang di nomor bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: