Ayam ketawa betina

Ayam Ketawa Betina- Bagi penggemar ayam ketawa betina tentu sudah tidak asing lagi dengan ayam yang satu ini. Ayam Ketawa adalah ayam yang biasanya dijadikan ayam hias. Sebelum mengenal lebih jauh tentang ayam ketawa betina ini. Mari kita bahas dari sejarah ayam ketawa tersebut.

Sejarah Ayam Ketawa

Ayam Ketawa atau biasa dikenal dengan nama ayam jantan dari timur adalah salah satu Ayam Ketawa asli Indonesia yang berasal dari kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Dalam bahasa Bugis dahulu Ayam Ketawa disebut dengan nama “Manu Gaga” atau hewan yang masuk dalam jenis unggas yang dilindungi, karena keberadaannya yang langka dan hampir punah. Namun, akhir-akhir ini jumlah ayam ketawa sudah banyak dan menyebar hampir di seluruh Indonesia. Ayam ini dahulu hanya dipelihara dan di -kembangbiakan hanya di lingkungan bangsawan Bugis dijadikan simbol status sosial yang menggambarkan tentang kesuksesan, keberanian, dengan nama lain “Jantan”.

Ayam ketawa betina

ayam ketawa

Ciri Ayam Ketawa Betina

Ayam Ketawa yang baik memiliki ciri-ciri sehat. Namun, tidak hanya itu saja. Selain sehat, ciri ayam ketawa yang baik juga memiliki suara bagus. Namun, ada beberapa orang berpendapat jika ciri-ciri  ayam ketawa betina asli juga bisa dilihat dari warna bulu, warna kaki, atau juga dari warna lainnya yang bisa dilihat dari ayam ini misalkan saja dari jenggernya, patoknya, matanya, dll

Ayam ketawa betina

Produktivitas Ayam Ketawa

Dalam sekali bertelur, Ayam Ketawa betina bisa menghasilkan 11 sampai 13 butir telur. Namun, untuk daya tetas tinggi tidak terdapat pada tetasan telur pertama, yaitu pada tetasan telur kedua sampai ketiga. Hal ini disebabkan karena pembuahannya belum sempurna. Sehingga telur hanya lewat saja karena merupakan bentuk sel telur pertama. Sehingga bisa dipastikan untuk telur keempat dan seterusnya di pastikan telur terisi dengan embrio. Ketika Ayam Ketawa betina bertelur yang pertama sampai ketiga, bisa di ambil semua dan disisakan satu butir saja hal ini berfungsi sebagai pancingan agar ayam ketawa betina bisa bertelur terus. Dalam menunjang kesuburan/ masa bertelur ayam ketawa betina ini, harus ditunjang dengan pemberian pakan pada ayam tersebut.

Pakan Ayam Ketawa

Pakan yang bisa diberikan untuk Ayam Ketawa betina yang sedang bertelur salah satunya adalah kacang ijo. Kacang ijo berfungsi untuk meningkatkan daya tetas dan bisa meningkatkan telur lebih banyak. Cara agar memperbanyak telur ayam ketawa yang bisa dilakukan, misalkan saja setelah 13 butir telur sudah keluar, bisa diambil semua dan bisa di sisakan satu butir saja dalam sarang eramannya. Dengan cara tersebut, maka ayam ketawa betina akan bertelur kembali dan untuk jumlah 12 telur yang tadi, bisa dieramkan dengan bantuan incubator. Selang 3 hari kemudian, telur bisa dipindahkan lagi ke induk betinanya yang guna untuk dierami secara alami. Dengan cara tersebut, bisa dipastikan telur menetas lebih sempurna.

Ayam ketawa betina

Kacang Ijo

Ayam Ketawa Jantan

Anakan Ayam Ketawa yang bagus bisa dilihat dalam usia 1,5 bulan ayam jenis umumnya sudah bisa berkotek, hal ini tentu berbeda dengan anakan ayam ketawa jantan yang sudah berkokok hampir sama dengan ayam ketawa dewasa dengan interval atau nada pendek dan kecil. Dengan hal ini, tentu menambah keunikan ayam ketawa tersebut.

Ayam Ketawa Asli

Ayam Ketawa asli juga memiliki ciri-ciri tersendiri. Ciri – ciri dari ayam ketawa lainnya, misalnya pada bentuk jengger ayam ketawa belakang menempel dengan tempurung kepala. Selain itu, yang membedakan ciri-ciri ayam ketawa asli dengan ayam yang lainnya terdapat pada kokok ayam ketawa yang terletak pada pita suaranya. Jika anda mencoba memegang lehernya dan meraba pada bagian pangkal lehernya, yaitu pita suara, maka akan menemukan bentuknya yang berbeda, pita suara dari ayam ketawa tersebut terputus. Hal ini tentu berbeda dengan pita suara yang ditemukan pada ayam lainnya, yaitu besar dan menyambung. Tentu tidak mengherankan lagi ketika ayam ketawa ini berkokok, maka akan mengeluarkan kokokan yang terpatah – patah. Sehingga suaranya hampir sama dengan suara ketawanya manusia.

Ayam ketawa betina

Harga Ayam Ketawa

Berbicara tentang ayam, tidak lepas dengan harga ayam tersebut. Untuk harga ayam ketawa di tempat kami di bagi menjadi beberapa, yang kami sesuaikan dengan umur ayam tersebut. Selain berdasarkan umurnya, juga kami sesuaikan antara betina dan jantan. Untuk harga ayam ketawa betina dan jantan selisih Rp 50.000 jika umur ayam tersebut diatas 5 bulan. Berikut untuk harga ayam ketawa:

1 Bln Rp125.000/ekor
2 Bln Rp150.000/ekor
3 Bln Rp200.000/ekor
4 Bln Rp250.000/ekor
5 Bln Rp300.000/ekor
Dewasa Rp450.000/ekor

Ayam Ketawa kami pada awal nya kami pisah antara lampir, gretek, slow dll.. tapi berjalanan waktu permintaan berkurang Ayamnya kami campur. Kami memastikan untuk mempertahankan keaslian ayam ketawa. Untuk harga ayam ketawa sendiri kami pakai harga pasaran gretek slow.

Dan berikut beberapa kumpulan gambar ayam ketawa betina:

Ayam ketawa betina

Ayam ketawa betina

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai ayam hias salah satunya jenis ayam ketawa. Untuk ayam ketawa yang kami sediakan dari telur sampai ayam ketawa indukan. Kami menyediakan berbagi jenis ayam ketawa  berkualitas yang siap dikirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Dan kami tidak hanya melayani permintaan  jenis unggas saja, tetapi kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dan kami akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Jika anda ingin menambah koleksi atau tertarik untuk memelihara berbagai ayam hias ini. Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :

ciri ayam ketawa betina yang bagus, ayam ketawa betina yg bagus, harga ayam ketawa betina, gambar ayam ketawa betina, ciri ciri ayam ketawa betina asli, ayam ketawa jantan, ciri ciri ayam ketawa asli, jengger ayam ketawa

*Krisna Verawati*

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: