3 Cara Mudah Membedakan Ayam Petelur Jantan & Betina bagi Peternak Pemula

Ayam petelur merupakan ayam betina yang telah ditujukan untuk menghasilkan telur yang biasa kita konsumsi setiap harinya. Ayam tersebut telah melewati beberapa tahapan seleksi oleh beberapa pakar dengan ayam hutan, seleksi tersebut menghasilkan beberapa tipe ayam.

Beternak ayam petelur merupakan bisnis yang paling menguntungkan, bisnis ayam petelur kini telah menyebar di seluruh nusantara. Untuk cara beternak ayam petelur pun juga dinilai cukup mudah.

Dalam mengelola bisnis ayam petelur hingga menjadi sukses, tentunya peternak membutuhkan kerja keras serta kedisiplinan dalam hal mengelola keuangan agar anggaran yang dikeluarkan dapat sesuai dengan kebutuhan.

DOC Ayam Pejantan adalah jenis ayam pedaging yang berasal dari ayam petelur | image 1
DOC Ayam Pejantan adalah jenis ayam pedaging yang berasal dari ayam petelur | image 1

Ketika ayam telah menetas atau masih kecil, ciri – ciri fisik yang menunjukan ayam tersebut berkelamin jantan ataupun betina memang belum terlihat. Oleh karena itu, bagi peternak maupun pembeli untuk membedakan ayam tersebut berkelamin jantan atau betina ternyata cukuplah mudah.

Hanya saja butuh ketelitian dan pemahaman yang baik. Untuk lebih detailnya bagaimana dalam membedakan ayam petelur jantan dan ayam petelur betina, berikut penjelasannya :

Mengenal Perbedaan Ayam Petelur Jantan dan Betina Dewasa

Ayam betina memang diunggulkan karena produktifitas telurnya yang sangat melimpah. Pada tiap tahunnya, ayam layer petelur dapat memproduksi telur hingga 200 – 250 butir per ekornya. Agar produksi telur melimpah, peternak perlu menerapkan pola pemeliharaan yang baik seperti pemberian pakan yang berkualitas, minum, vitamin dan pembuatan kandang ayam petelur.

Berbeda dengan ayam petelur jantan, pada setiap penetasan bibit ayam pasti akan menghasilkan ayam petelur berjenis kelamin betina dan sebagaian ada yang berjenis kelamin jantan.

Ayam Petelur yang terkenal memiliki produktifitas telur dengan jumlah yang cukup tinggi yakni Ayam Petelur Isa Brown | image 2
Ayam Petelur yang terkenal memiliki produktifitas telur dengan jumlah yang cukup tinggi yakni Ayam Petelur Isa Brown | image 2

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, DOC ayam jantan banyak dimusnahkan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ayam petelur jantan dirasa tidak berguna bagi sebagian peternak.

Memelihara ayam petelur jantan dengan asupan pakan tiap hari hanya akan menimbukan kerugian. Karena daging yang dihasilkan oleh ayam jantan hanya sedikit.

Baca juga : Ayam Pejantan Adalah Jenis Ayam Pedaging Berkualitas

Tetapi, di wilayah Indonesia jual ayam petelur jantan atau dikenal sebagai ayam pejantan atau ayam jantan ras petelur sudah banyak dilakukan oleh para peternak ayam petelur. Karena daging ayam pejantan memiliki cita rasa yang tidak kalah berbeda dengan daging ayam broiler jantan atau betina dan ayam kampung pada umumnya.

Dengan menggunakan teknologi canggih seperti saat ini, jenis kelamin pada ayam petelur sudah dapat diketahui sejak bewujud telur, sehingga peternak dapat mengetahui telur tersebut berjenis kelamin jantan maupun betina.

Perbedaan ayam petelur jantan dan ayam petelur betina dewasa adalah sebagai berikut :

Cara Membedakan Ayam Petelur Jantan dan Ayam Petelur Betina 

1.Embrio

Ketika ayam belum menetas atau masih di dalam cangkang, peternak sudah dapat membedakan antara ayam jantan dan ayam betina. Karena embrio pada ayam jantan dan betina memanglah berbeda.

Pada saat akan mengetahui berjenis kelamin jantan atau betina peternak dapat mengambil cairan telur di tempat yang tepat. Cairan tersebutlah yang akan diteliti, jika cairan tersebut banyak mengandung hormon betina maka telur tersebut akan menghasilkan DOC ayam betina dan sebaliknya.

Ketika ayam belum menetas atau masih di dalam cangkang, peternak sudah dapat membedakan antara ayam jantan dan ayam betina | image 3
Ketika ayam belum menetas atau masih di dalam cangkang, peternak sudah dapat membedakan antara ayam jantan dan ayam betina | image 3

Pada ayam jantan dan betina memiliki hormon yang berbeda sehingga cara membedakannya dapat diketahui dengan tepat. Penerapan dengan cara melihat pada embrio memang sulit untuk diterapkan butuh keahlian khusus dan alat canggih serta berbahan steril agar telur ayam tetap dapat menetas.

Tentunya selain menggunakan cara tersebut petenak dapat melihat langsung pada kelamin DOC Ayam.

2. Melihat langsung pada kelamin DOC Ayam 

Selain menggunakan cara seperti yang kami sebutkan diatas, peternak dapat melihat pada bagian anus atau kloaka atau bagian dubur ayam. Jika dubur ayam terdapat titik kecil menonjol maka ayam tersebut berkelamin jantan, jika berbentuk bulat maka ayam tersebut berjenis kelamin betina.

Ada baiknya jika peternak melakukannya pada ayam usia dini, karena jika semakin tua akan semakin sulit untuk membedakannya. Sebaiknya, dalam membedakannya bisa dilakukan pada siang hari pada saat cuaca dalam keadaan terang agar lebih terlihat jenis kelaminnya.

Baca juga : Tips Lengkap Untuk Mendapatkan Masa Panen Ayam Pejantan yang Singkat

3. Membedakan dengan cara melihat bulu Ayam 

Dengan cara melihat pada bulu bagian sayapnya, perbedaan antara ayam kelamin jantan dan betina sangat terlihat dan cukup akurat. Karena, ketika ayam masih berusia DOC, belum memiliki bulu yang sempurna.

Dengan cara melihat pada bulu bagian sayap ayam perbedaan antara ayam kelamin jantan dan betina sangat terlihat dan cukup akurat | image 4
Dengan cara melihat pada bulu bagian sayap ayam perbedaan antara ayam kelamin jantan dan betina sangat terlihat dan cukup akurat | image 4

Pada bagian sayap ayam terdapat dua jenis bulu, bagian sayap atas dan bagian sayap bawah. Ayam petelur betina memiliki bulu sayap bagian bawah yang lebih panjang dibandingkan yang jantan. Jadi bisa dikatakan bulu pada sayap ayam petelur jantan memiliki bulu lebih pendek.

Ayam layer petelur memang dikenal sebagai ayam yang mampu memproduksi telur cukup melimpah. Di Indonesia sendiri pengguna ayam petelur hampir setiap hari masyarakat memanfaatkan telur ayam untuk kebutuhan sehari hari. Dimulai dari membuat adonan kue dan anekan olahan lainnya.

Karena telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, manfaat telur pun cukup banyak, selain sebagai sumber protein telur mempunyai banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh | image 5
Telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh | image 5

Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Dengan kandungan gizi yang banyak tentunya telur memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : √ Jual DOC Ayam Pejantan Super Atau Bibit Pejantan dengan Kualitas Terbaik

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk membedakan ayam petelur jantan dan betina dapat dilakukan dengan tiga cara.

Tetapi, bagi Anda yang ingin beternak ayam petelur betina maupun jantan. Kami dari tim hobiternak.com sudah mensortir atau memisahkan antara ayam petelur betina dan ayam petelur jantan. 

Manfaat telur pun cukup banyak, selain sebagai sumber protein telur mempunyai banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. | image 6
Manfaat telur pun cukup banyak, selain sebagai sumber protein telur mempunyai banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. | image 6

Untuk jenis ayam petelur yang ditujukan untuk diambil telurnya akan kami kirimkan DOC berjenis kelamin betina. Sedangkan jika peternak menginginkan ayam petelur jantan untuk dijadikan sebagai ayam pedaging, maka akan kami kirimkan DOC Pejantan. 

Bagaimana ? Anda tentu tertarik bukan untuk mengembangkan usaha ternak Ayam Petelur ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam petelur, bisa Anda dapatkan DOC atau bibitnya ditempat kami.

Kami meyediakan DOC Ayam Petelur atau bibit ayam petelur dan pullet usia 13 minggu. Kami siap mengirimkan DOC Ayam Petelur ke seluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga terjangkau

Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya seperti daftar harga ayam petelur, cara pemesanan, cara pengiriman dan layanan konsultasi gratis : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK ayam petelur jantan word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : ayam jantan ras petelur, ayam petelur jantan, cara membedakan ayam, kandang ayam petelur, ternak ayam petelur, peternakan ayam, harga ayam petelur, ayam bertelur, cara beternak ayam petelur, bibit ayam petelur

#nra

5/5 - (17 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: pinterest.com
  • image 2: pexels.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 3: pixy.org
  • image 4: Pinteres.com
  • image 5: Pixabay.com
  • image 6: Pixabay.com
  • cover: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA