Apakah Ayam Joper Bisa Mengerami Telurnya Sendiri?

Ayam joper terkenal dengan jenis ayam pedaging, namun tak sedikit yang menanyakan apakah ayam joper bisa bertelur? dan apakah ayam joper bisa mengerami telurnya sendiri?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering muncul dari peternak yang masih belum begitu mengetahui secara detail tentang ayam joper. Lalu menurut Anda apakah ayam joper bisa bertelur dan mengerami telurnya sendiri? Mari simak informasi dibawah ini ya…

Ayam Joper Bisa Bertelur

Ayam kampung super atau joper | image 1
Ayam kampung super atau joper | image 1

Sama halnya seperti jenis ayam kampung yang lainnya, ayam joper ternyata bisa bertelur. Pada saat ayam joper dipelihara sampai usia 17 minggu, biasanya ayam joper akan menghasilkan telur.

Telur yang dihasilkan hampir mirip seperti telur lehor atau telur ayam negeri yang berwarna kecoklatan. Ukurannya pun hampir sama seperti telur ayam negeri, namun memang sedikit lebih besar.

Biasanya telur joper tersebut oleh peternak dikonsumsi sendiri dan ada juga yang dibiarkan begitu saja agar di erami oleh indukan joper.

Cukup jarang peternak yang memelihara ayam joper ini dengan ditujukan sebagai ayam petelur. Karena memang awal mula kemunculan ayam joper ditujukan sebagai ayam pedaging dengan masa panen yang cepat.

Jika ditujukan sebagai ayam pedaging, dalam jangka waktu hanya 60 hari saja ayam joper sudah bisa dipanen dengan bobot sekitar 0,8 ons – 1 kg.

Jadi memang lebih disarankan jika Anda ingin memelihara ayam joper ditujukan sebagai ayam pedaging saja bukan ayam petelur.

Ayam joper yang sedang mengerami anak-anaknya | image 2
Ayam joper yang sedang mengerami anak-anaknya | image 2

Apakah ayam joper bisa mengerami telur?

Ada juga yang bertanya apabila ayam joper bisa bertelur, lalu apakah mau mengerami telurnya? Jawabannya adalah bisa.

Ternyata ayam joper bisa mengerami telurnya sendiri. Meskipun memiliki daya eram yang rendah, namun sudah ada peternak yang membuktikan bahwa indukan joper yang dimilikinya mau mengerami telur-telurnya sendiri.

Baca Juga!  Mengatasi Penyakit Coryza Pada Ayam Kampung Super

Telur joper bisa menetas dengan dierami indukannya, namun prosentase menetasnya cukup kecil. Ada peternak juga yang mencoba membuatkan tempat mengeram agar ayam joper dan ternyata mau mengerami telurnya sendiri.

Hasilnya pun juga bagus, telur tersebut bisa menetas dengan sempurna sehingga menghasilkan anakan ayam.

Perlu diketahui bahwa, jika ayam joper melakukan perkawinan dengan sesama ayam joper juga maka telur yang dihasilkan bukan menjadi ayam joper namun jadi ayam kampung biasa.

Karena ayam joper adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Jadi bila ayam joper betina kawin dengan ayam joper jantan hasilnya bukan ayam joper lagi, namun ayam kampung biasa.

Menetaskan telur dengan indukan ayam joper sendiri bisa dibilang untung-untungan. Pasalnya kadang ada peternak yang mencoba untuk menetaskan telur sejumlah 5 butir menggunakan indukan joper sendiri, namun yang menetas hanya 2 butir saja.

Ada beberapa faktor yang menyababkan telur ayam joper tidak menetas, salah satunya yaitu telur joper tersebut tidak fertil ( infertil).

Maksud dari tidak fertil tersebut yaitu telur tidak dibuahi oleh si pejantan sehingga telur tidak bisa menetas menjadi anakan ayam.

Berikut contoh foto telur ayam joper dari hasil peternakan kami sendiri :

Ini adalah contoh telur ayam joper | image 3
Ini adalah contoh telur ayam joper | image 3

Apa kelebihan ayam joper?

Kelebihan ayam joper yaitu masa panennya cepat, Pada usia 60 hari, bobot ayam joper sudah bisa mencapai 0,8 ons sampai 1 kg. Sehingga peternak bisa lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Apa penyebab ayam tidak mau mengerami telurnya?
Apakah ayam joper bisa mengeram | image 4
Apakah ayam joper bisa mengeram | image 4

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat…

Cek juga artikel kami tentang : Panduan Singkat Ternak Ayam Joper

Dan apabila Anda sedang mencari bibit atau DOC ayam joper, silahkan bisa order ditempat kami. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Pengiriman BERGARANSI sampai diterima. 

Untuk pemesanan atau konsultasi silahkan hubungi nomor kami dibawah ini : 

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (11 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA