Warna Bulu Burung Merak Menyimpan Fakta Menarik

Warna bulu burung merak – Merak masuk dalam daftar burung tercantik di dunia. Warna bulunya yang indah dan berkilauan menjadi sumber kekaguman dan estetika menarik selama ribuan tahun lamanya. Apalagi saat burung merak memekarkan ekornya yang indah membuat orang yang melihatnya menjadi terkesima.

Burung merak salah satu burung terbesar yang bisa terbang dan memiliki ekor yang panjang. Jika di alam liar, merak bisa hidup sampai usia 20 tahun. Cukup lama bukan….

Burung merak memiliki ekor yang indah dan unik, terkhusus pada merak yang berjenis kelamin jantan ~ Image 1
Burung merak memiliki ekor yang indah dan unik, terkhusus pada merak yang berjenis kelamin jantan ~ Image 1

Warna bulu burung merak memang terkenal unik dan estetik. Warna dari burung merak tidak seperti burung jenis lainnya, burung merak tidak mendapatkan warna murni dari pigmen saja namun dari kombinasi pigmen dan kristal fotonik.

Dari kombinasi itulah yang menyebabkan bulu burung merak memantulkan panjang gelombang cahaya yang berbeda tergantung sudut cahaya dan jarak kristal itu sendiri.

Menurut informasi yang kami dapat, dulu pernah ada ilmuwan yang mencoba meneliti beberapa helai bulu burung merak. Proses penelitian tersebut dilakukan sampai 500 kali, dan hasilnya yaitu tidak ada kandungan pigmen warna yang dimiliki oleh bulu burung merak.

Dilihat dari dekat warna ekor burung merak seperti mirip mata manusia | Image 2
Dilihat dari dekat warna ekor burung merak seperti mirip mata manusia | Image 2

Bulu burung merak terdiri dari bulu-bulu halus yang disebut bulu iridescent. Bulu iridescent memiliki kemampuan yang unik karena dapat memantulkan warna.

Nahh, dari bulu iridescent inilah yang kemudian terkena cahaya matahari dan dipantulkan dalam bentuk gelombang panjang, sehingga saat dilihat oleh mata manusia maka akan berubah menjadi burung merak warna-warni yang cantik dan indah.

Tidak hanya itu saja, ternyata warna bulu burung merak yang indah tersebut mempunyai fungsi yakni sebagai berikut :

Fungsi warna bulu burung merak

1. Dapat melindungi dari musuh

Jika kita lihat pada bagian ekor burung merak terdapat bulu yang mirip seperti bentuk mata manusia. Bentuk tersebutlah yang bisa menjadi pertahanan saat merak sedang terancam bahaya atau sedang dikejar musuh.

Saat terancam bahaya burung merak akan memekarkan ekornya untuk pertahanan | Image 3
Saat terancam bahaya burung merak akan memekarkan ekornya untuk pertahanan | Image 3

Ia akan secara reflek mengembangkan ekornya lebar-lebar agar musuh menjadi enggan untuk mengincarnya. Bentuk mata yang banyak dibagian ekornya terlihat sangat menakutkan bagi musuh karena terlihat sedang berhadapan dengan burung yang banyak.

2. Dapat menarik perhatian merak betina

Di dunia perhewanan, warna burung merak yang cantik dan indah dimiliki oleh hewan yang berjenis kelamin jantan. Sama seperti merak juga, burung merak jantan lebih memiliki warna bulu yang indah dibandingkan yang betina.

Burung merak yang terlihat sedang menarik perhatian merak betina dengan memekarkan ekornya l Image 4
Burung merak yang terlihat sedang menarik perhatian merak betina dengan memekarkan ekornya l Image 4

Warna bulu burung merak jantan yang indah ini tidak semata-mata hanya untuk formalitas saja, namun untuk menarik perhatian merak betina. Saat musim kawin tiba, keunikan burung merak jantan akan mengibas-ngibaskan ekornya mirip seperti sedang menari dengan tujuan agar merak betina mau dengannya.

3. Identintas diri

Ada berbagai jenis burung merak yang terdapat didunia, diantaranya merak biru, merak hijau, putih, kongo, cameo, blorok dan lain sebagainya. Masing-masing jenis memiliki warna cirikhas sendiri sehingga dapat menjadi identitas mereka.

Merak putih dan merak biru l Image 5
Merak putih dan merak biru l Image 5

Jadi misalnya merak tersebut memiliki bulu dominan biru, maka nama dari merak tersebut yaitu merak biru. Jika bulunya dominan putih atau full putih maka merak tersebut namanya merak putih, begitu seterusnya….

Burung Merak yang terkenal di Indonesia

Merak masih memiliki kekerabatan dengan ayam hutan yaitu Phasianidae dan genus Pavo dan Afropavo. Kalau sebutannya untuk merak jantan yaitu peacock sedangkan merak betina yaitu peahens. Ada 3 jenis burung merak yang terkenal di Indonesia dan sering kita temui di kebun binatang maupun para penghobi burung unik.

Berikut akan kami informasikan secara singkat jenis-jenis burung merak tersebut :

1. Burung merak hijau

Burung Merak Hijau
Burung Merak Hijau | Image 6

Merak hijau masuk dalam daftar hewan yang langka dan dilindungi oleh Undang-undang. Jenis merak ini tidak boleh diperjualbelikan dan tidak boleh di ternak secara ilegal. Banyaknya perburuan liar membuat populasi merak hijau terancam punah.

Ciri-ciri burung merak hijau yaitu bulu berwarna hijau keemasan, panjang tubuhnya sekitar 300 cm serta memiliki bulu jambul di kepala.

2. Burung Merak Biru

Burung Merak Biru | Image 7
Burung Merak Biru | Image 7

Merak biru atau terkenal dengan sebutan merak india yaitu salah satu dari sekian jenis merak yang hampir sering kita temui di kebun binatang. Panjang tubuh merak biru mencapai 230 cm.

Ciri-ciri merak biru yaitu bulunya berwarna biru mengkilap, mempunyai bulu dibagian kepala yang mirip seperti memakai mahkota.

3. Burung Merak Putih

Burung Merak Putih | Image 8
Burung Merak Putih | Image 8

Merak putih sering disebut dengan merak albino namun nyatanya bukan masuk dalam jenis albino. Hewan yang masuk hewan albino yaitu tidak memiliki warna sama sekali, sedangkan burung merak putih mempunyai warna yakni putih.

Ciri-ciri merak putih yaitu bulu tubuh seluruhnya berwarna putih, panjangnya 130 cm untuk yang jantan, mempunyai bulu dibagian kepala juga mirip seperti mahkota.

Apa yang dimakan burung merak?

Merak putih sedang makan HOBI TERNAK warna bulu burung merak word1

Kalau dialam bebas, burung merak makan aneka dedaunan, rerumputan, biji-bijian, hewan kecil ataupun serangga. Namun kalau merak sudah menjadi hewan peliharaan manusia, biasanya diberi konsetrat dicampur nasi.

Bagaimana suara burung merak?

Dahulu burung merak hidup di dalam hutan | Image 5

Burung merak memiliki suara yang unik. Suara burung merak dapat didengar sampai jarak yang jauh. Begitu kerasnya sampai suaranya seperti teriakan manusia.

Itu dia beberapa informasi mengenai warna bulu burung merak, gambar bulu burung merak sampai ke jenis merak yang terkenal di Indonesia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan Anda semuanya. 

Persiapan pengiriman burung merak putih | Image 9
Persiapan pengiriman burung merak putih | Image 9
Persiapan pengiriman burung merak sampai alamat tujuan menggunakan mobil | Image 10
Persiapan pengiriman burung merak sampai alamat tujuan menggunakan mobil | Image 10

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung merak silahkan langsung hubungi hobiternak.com . Kami ready merak biru, putih, cameo dan merak blorok. Untuk pengiriman bisa menjangkau ke seluruh Indonesia. Jika jarak pengiriman dekat maka bisa kami kirim sampai alamat tujuan. 

Hubungi sekarang juga di nomor bawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK warna bulu burung merak word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkiat :
Warna bulu burung merak, gambar bulu burung merak, warna burung merak, gambar burung merak, burung merak warna-warni, bulu merak, bagaimana suara burung merak, burung merak, merak

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: 3.bp.blogspot.com
  • Image 2: pixabay.com
  • Image 3: pixabay.com
  • Image 4: pixabay.com
  • Image 5: flickr.com
  • Image 6: kambingjoynim.com
  • Image 7: Owned by the author
  • Image 8: pinterest
  • Image 5: pasarlelang.net
  • Image 9: Owned by the author
  • Image 10: Owned by the author
  • thumbnail: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA