3 Jenis Burung Merak : Paling Cantik di Dunia

Tentang Burung Merak

Burung merak adalah burung yang memiliki bulu cantik dan indah. Merak merupakan salah satu burung yang masih berkerabat dengan ayam hutan.

Jenis unggas cantik ini menghabiskan hidupnya di darat, namun di situasi tertentu merak juga bisa terbang tinggi contohnya saat merasa terganggu atau dikejar musuh.

Di dunia burung, merak dinobatkan sebagai burung tercantik dan terindah didunia. Kenapa begitu? Karena warna burung merak memiliki corak yang bagus serta berwarna warni terutama pada ekor merak jantan saat mekar.

Selain itu, dibagian kepala terdapat bulu seperti mahkota yang semakin menambah keindahan burung merak ini. Saat burung merak mengembangkan ekornya maka akan terlihat sangat cantik.

Namun hanya merak jantan saja yang mempunyai ekor menawan, merak betina tidak. Karena ekor menawan pada merak jantan berfungsi untuk menarik perhatian merak betina saat musim kawin tiba.

Burung merak terbagi menjadi 3 kategori yaitu merak biru, merak hijau dan merak putih. 

Burung Merak Putih | Image 1
Burung Merak Putih | Image 1

Klasifikasi burung merak (sumber wikipedia)

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Galliformes
Famili : Phasianidae
Genus : Pavo
Spesies : P. Cristatus
Nama binomial : Pavo cristatus

3 Jenis Burung Merak Tercantik di Dunia

1. Merak Biru (Pavo cristatus)

Burung Merak Biru Jantan | Image 2
Burung Merak Biru Jantan | Image 2

Merak biru adalah salah satu dari 3 spesies burung merak yang dibagian tubuhnya didominasi oleh bulu yang berwarna biru. Burung merak biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Nepal, Bhutan dan Sri Lanka.

Di dalam mitologi Budha, merak biru memiliki peranan penting. Bahkan di negara India, merak biru jantan dinobatkan sebagai burung nasional karena bentuk serta penampilannya seperti raja. 

Ukuran burung merak biru jantan dewasa bisa mencapai sekitar 230 cm. Sedangkan untuk merak yang berjenis kelamin betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan yang jantan.

Makanan burung merak biru seperti biji-bijian, dedaunan dan berbagai macam serangga.

Ciri-ciri burung merak biru :

  • Mempunyai bulu berwarna biru mengkilap
  • Di bagian kepala terdapat bulu atau jambul mirip seperti mahkota
  • Merak biru jantan memiliki panjang sekitar 230 cm sedangkan yang betina lebih pendek

Baca juga : Galeri Foto Burung Merak Biru (Pavo Cristatus)

2. Merak Hijau (Pavo muticus)

Burung Merak Hijau | Image 3
Burung Merak Hijau | Image 3

Merak hijau adalah salah satu dari 3 jenis spesies merak yang populasi nya tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Jawa (Indonesia).

Seperti namanya, bulu merak hijau dominan berwarna hijau pekat dengan campuran biru sedikit.

Banyaknya pemburuan liar yang berkeliaran, mengakibatkan burung merak hijau terancam punah. Saat ini merak hijau masuk dalam jenis hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1999, merak hijau masuk dalam hewan yang dilindungi dan tidak boleh diperjaulbelikan.

Ciri-ciri merak hijau :

  • bulu berwarna hijau keemasan
  • dibagian kepala terdapat jambul tegak
  • ukuran panjang merak hijau bisa sekitar 3 meter

3. Merak Putih (Pavo cristatus)

Burung Merak Putih Dewasa Jantan | Image 4
Burung Merak Putih Dewasa Jantan | Image 4

Merak putih adalah salah satu jenis burung merak yang memiliki bulu berwarna putih semua tanpa ada campuran warna lain. Burung merak putih sering di sebut dengan Merak Albino. Panjang tubuh merak putih sama dengan merak biru.

Untuk merak putih yang berjenis kelamin jantan memiliki ekor yang panjang dan memiliki taji di bagian kakinya. Untuk merak putih yang berjenis kelamin betina memiliki ekor yang lebih pendek dibandingkan yang jantan dan tidak memiliki taji dibagian kakinya.

Karena bulunya terbilang cukup unik, burung merak putih ini masih jarang dipelihara oleh para pecinta burung hias. Biasanya burung merak putih dijumpai di kebun binatang, itupun jarang.

Ciri-ciri merak putih :

  • Bulu seluruh badan berwarna putih bersih
  • Memiliki bulu seperti kipas diatas kepalanya
  • Panjangnya bisa sampai 1,5 meter bagi yang berjenis kelamin jantan

Baca juga : Galeri Foto Merak Putih Terbaru

Habitat Burung Merak

Kelebihan burung merak yaitu dapat dipelihara di berbagai iklim seperti iklim tropis, sub tropis sampai negara yang memiliki 4 musim. Merak memang mudah dalam pemeliharaannya. Anda hanya butuh ketelatenan dan keuletan dalam memeliharanya. 

Dahulu burung merak hidup di dalam hutan | Image 5
Dahulu burung merak hidup di dalam hutan | Image 5

Baca juga :

Makanan Burung Merak

Ternak burung merak sebetulnya mudah di lakukan siapa saja. Anda dapat memberikan pakan minimal 2 kali sehari. Jenis pakan yang dapat diberikan yaitu seperti voer atau konsentrat dicampur dengan irisan sayuran dan bekatul.

Agar burung merak tidak merasa bosan, sesekali Anda bisa berikan makanan tambahan seperti kadal kecil, jangkrik atau ulat kecil. Pakan burung merak memang mudah. Anda bisa mendapatkan pakan-pakan tersebut di sekitar rumah Anda atau di toko pakan ternak.

Agar burung merak tidak mudah sakit, anda juga bisa memberikan vaksin tambahan yang mengandung mineral, vitamin, dan antibiotik.

Kandang Burung Merak

jual merak india
Kandang Burung Merak

Untuk kandang burung merak sebaiknya dibuat agak besar supaya burung  merak tetap seperti berada di habitat aslinya. Biasanya bahan dasar pembuatan kandang burung merak yaitu menggunakan kawat atau ram. 

Tujuan penggunaan kawat atau ram tersebut dapat membuat merak tetap bisa beraktivitas bebas didalam kandang. Ditambah dengan tempat bertengger membuat semakin betah merak tersebut di dalam kandang. 

Kandang harus selalu dibersihkan supaya burung merak tetap dalam keadaan bersih, sehat, dan terjaga kecantikan tubuh terutama pada bulu ekornya. 

Pemeliharaan Burung Merak

Untuk pemeliharaan antara merak jenis satu dengan jenis merak lainnya sama. Jadi, untuk peternak pemula tidak perlu khawatir karena pemeliharaannya cukup sederhana. Untuk hal pemberian pakan juga tidak terlalu rumit, seperti yang sudah kami jelaskan diatas. 

Burung merak memang memiliki cukup banyak peminat terutama bagi para pecinta hewan unik dan cantik. Saat merak memekarkan bulu ekor, menjadi satu hal yang menjadi keistimewaan burung indah ini.  Memiliki corak seperti mata pada bagian ekornya juga membuat musuh yang akan mendekatinya merasa takut.

Harga burung merak saat ini memang tergolong masih relatif tinggi. Meskipun memiliki harga yang mahal tak sedikit juga yang menginginkan jenis burung indah ini.  Berikut adalah daftar harga burung merak 

Kami hobiternak.com jual anakan merak dari jual anakan merak biru dan anakan merak putih yang berusia 1,5 tahun. Kami jual merak India dewasa juga. Namun kami tidak jual bibit burung merak biru. 

Apabila Anda tertarik untuk memelihara jenis burung ini kami menyediakan. Kami menyediakan burung merak dari usia 1,5 tahun dan dewasa. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami segera.
Kami siap melayani Anda kapanpun.

Apakah burung merak bisa terbang?

Merak biru dan merak jenis lainnya ternyata bisa terbang terlebih di habitat aslinya. | image 3

Burung merak ini walaupun berpostur besar tapi mempunyai kemampuan terbang yang mumpuni jika di ukur dari bobot burung tersebut. Bulu dan sayapnya akan mengepak dengan indah saat unggas cantik ini terbang.

Apakah burung merak dilindungi?

Merak impor dengan surat khusus tidak dilindungi namun bila merak hijau yang merupakan endemik asli Indonesia ini termasuk hewan yang di lindungi. Jadi saat Anda membeli burung merak pastikan bukan merak hijau dan tanyakan mengenai kelengkapan suratnya.

Apakah boleh memelihara burung merak?

Merak impor mudah untuk di pelihara dengan surat-surat resmi yang di terbitkan oleh Balai KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam). Kami memiliki surat lengkap yang di terbitkan oleh KSDA sehingga merak Anda aman di pelihara. Selain itu kami juga memiliki ijin tangkar sehingga kami terdaftar secara resmi. Namun memang untuk merak hijau kami tidak menyediakan dengan alasan peraturan undang-undang Indonesia.

Apakah manfaat burung merak bagi lingkungan?

Burung merak termasuk unggas yang memakan serangga. Hal ini merupakan bagian dari penyeimbang ekosistem karena menekan laju pertumbuhan serangga di lingkungan tersebut.

Kenapa burung merak mengembangkan ekornya?

Burung merak jantan sangat terkenal dengan ekor yang bulunya sangat memukau dan berwarna indah. Merak jantan mengembangkan ekornya untuk menarik perhatian merak betina. Jika merak jantan sudah mekar sempurna maka sudah saatnya lah burung merak siap berproduksi.

Berapa lama telur burung merak di erami atau menetas?

Dalam setahun Merak bisa menetas 2 kali. Merak biru india bertelur sebanyak 4-8 butir, sedangkan merak hijau jawa 3-6 butir. Jarak peneluran yang satu dan telur berikutnya sekitar 2-3 hari. Dan masa pengeraman 27-31 hari (rata-rata 28 hari)

Dari mana burung merak berasal?

Asal usul burung merak hijau yaitu berasal dari asli Indonesia. Penyebarang nya ada di hutan jawa timur dan jawa barat. Merak hijau di kenal dengan nama latin Pavo Muticus.
Untuk merak jenis lain berasal dari daerah Myanmar atau Birma. Dan Pavo Cristatus atau merak biru berasal dari India serta beberapa kawasan di Asia.

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK burung merak word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait :
harga burung merak, jual bibit burung merak biru, jual anakan merak, jual anakan merak biru, jual merak india, habitat burung merak, ciri ciri burung merak, makanan burung merak adalah

**Meilani Sawitri**

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 8: pinterest
  • Image 7: Owned by the author
  • Image 4: Pinterest.com
  • Image 4: picuki.com
  • Image 5: pasarlelang.net
  • Image 7: Owned by the author
  • image 3: Pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA