Saat ini, Merak merupakan salah satu jenis hewan yang banyak diburu oleh penggemarnya. Daya tarik utamanya terletak pada bulu terutama ekornya yang bisa mengembang dan terlihat cantik. Namun saat mengembangkan ekor hanya dilakukan oleh merak pejantan. Ekor pejantan akan mengembang ketika musim kawin dikarenakan ekor yang cantik ini berfungsi untuk menarik perhatian betina. Mereka berlomba-lomba untuk memamerkan keindahan ekornya.

Burung Merak Biru
Burung Merak Biru


Merak betina merupakan jenis burung yang pemilih dalam hal pasangan. Namun lama kelamaan, Merak betina terpesona dengan pertunjukan merak jantan. Mula-mula merak jantan mengembangkan ekornya hingga membentuk kipas. Kemudian, dia melakukan gerakan seperti dancing dengan menggerakkan sayapnya yang berwarna jingga kemerahan. Dari gerakan tersebut, timbulah suara gemerisik yang menambah kesan indah dalam tariannya. Terkadang merak jantan juga mengeluarkan suara, meskipun tidak merdu, namun hal tersebut cukup membantu untuk menunjukkan kepada betina bahwa pejantan tertarik dengannya.

Burung Merak Biru Jantan
Burung Merak Biru Jantan

Awalnya Merak betina acuh tak acuh dengan kelakuan tersebut, bisa dikatakan jual mahal. Namun, lama-kelamaan Merak betina cenderung mengikuti gerakan jantan meskipun tidak sempurna. Hal inilah yang menunjukkan merak betina mulai tertarik dan menerima merak jantan tersebut sebagai pasangannya. Tipe perkembangbiakan merak adalah harem, dalam satu tahun merak jantan bisa membuahi 5 merak betina. Sehingga bisa menjadi ayah dari sekitar lebih 10 ekor anak.

Keindahan Burung Merak

Burung merak terkenal indah karena bulunya. Terutama pada bulu ekor disaat ekornya mengembang. Ekor merak yang indah ternyata tidak hanya untuk menarik perhatian lawan jenis, namun juga untuk melindungi diri dari serangan musuh. Ketika ada musuh yang mendekat, Merak akan mengembangkan ekornya dan terlihatlah corak yang menyerupai mata. Musuh akan ketakutan karena melihat ratusan mata.

Setelah musim kawin, bulu ekor merak akan mengalami kerontokan atau ganti bulu. Sekali rontok bisa mencapai 100 sampai 150 bulu. Biasanya bulu-bulu tersebut dikumpulkan dan diperjualbelikan. Untuk daerah Ponorogo biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan hiasan topeng Reog Ponorogo. Atau ada juga yang digunakan sebagai hiasan dinding.

Reog Ponorogo
Reog Ponorogo

Merak termasuk jenis ayam atau burung?

Sebenarnya Merak bukan termasuk jenis ayam, namun karena bentuknya yang besar, sehingga ada yang mengkategorikannya sebagai ayam. Namun sedikit sekali yang menyebutnya ayam merak.

Meskipun memiliki badan yang besar, Merak bisa terbang cepat dan cukup tinggi. Mungkin sebagian orang akan ragu, karena ekornya yang berat akan menghambat terbangnya. Ketika burung merak terbang, semua mata akan terpesona dengan keindahannya. Namun, untuk saat ini cukup jarang melihat burung merak terbang bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada, dikarenakan jumlah merak yang semakin sedikit dan jarang ditemui di habitat aslinya.

Burung Merak Terbang
Burung Merak Terbang

Saat ini populasi burung merak cukup langka. Dalam satu tahun maksimal hanya 2 kali berkembang biak dan dalam sekali bertelur kebanyakan hanya menghasilkan 2 telur. Hal inilah yang membuat harganya juga fantastis. Perlu diingat, untuk jenis Merak Hijau tidak boleh diperjual belikan di Indonesia dikarenakan termasuk hewan yang dilindungi menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1999. Merak Hijau merupakan jenis merak asli Indonesia. Berdasarkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), populasi merak hijau atau yang biasa disebut merak jawa ini populasinya terbatas.

Berapa hari telur merak menetas?

Telur burung merak menetas dalam waktu sekitar 28-34 hari. Waktu yang cukup lama dibandingkan dengan telur jenis lain. Ditambah, telur yang dierami oleh indukannya sendiri cukup jarang bisa sukses menetas. Oleh karena itu, para peternak lebih memilih menitipkannya pada ayam lain yang juga sedang mengerami. Untuk merak yang hidup di habitat aslinya, bisa mengerami telurnya sendiri dengan membuat sangkar dari daun atau rumput kemudian menetaskannya sendiri.

Setelah menetas, anakan akan terus mengikuti indukannya sampai masa kawin selanjutnya. Ketika anakan tersebut sudah mulai tumbuh besar, mereka akan meninggalkan indukannya kemudian mencari keluarga sendiri.

Telur burung merak
Foto Telur Burung Merak

Habitat asli burung merak yaitu di hutan. Namun, saat ini merak sulit ditemukan di habitat aslinya dikarenakan banyaknya perburuan liar. Untuk melihat Burung Merak, harus ke Suaka Margasatwa atau kebun binatang.  Ada 4 jenis berdasarkan warna bulunya, diantaranya Merak Hijau, Merak Biru, Merak Putih dan Merak Kongo.

Jenis – Jenis Merak

1. Merak Biru

Jenis Merak Biru memiliki bulu dengan warna biru gelap yang cantik.  Pada bagian atas kepalanya, memiliki semacam mahkota atau jambul tegak berwarna biru dan mekar seperti kipas. Burung merak jantan dewasa panjangnya bisa mencapai 2,3 meter sedangkan betinanya lebih kecil, yaitu hanya sekitar 2 meter.

Burung Merak Biru Usia 1,5 tahun
Foto Burung Merak Biru Usia 1,5 tahun

Merak Biru berasal dari India. Oleh karena itu populasinya tersebar di hutan terbuka di India, Pakistan, Nepal, dan daerah sekitarnya.

Makanan merak biru berupa biji-bijian, pucuk rumput, dedaunan, dan serangga atau hewan kecil misalnya kadal kecil, cacing, dan laba-laba.

Merak Biru memiliki peranan penting dalam Mitologi Budha, bahkan karena tampilannya yang seperti Raja, Merak Biru jantan dinyatakan sebagai burung nasional India.

2. Merak Hijau

Jenis Merak Hijau merupakan jenis merak asli dari Indonesia. Ciri khas Merak Hijau adalah memiliki bulu dengan warna hijau keemasan. Saat ini jumlah Burung Merak Hijau tidak lebih dari 800 ekor. Habitatnya yang mulai rusak serta perburuan liar mengancam populasinya. Biasanya Merak Hijau diburu untuk diambil bulunya. Tak hanya itu, mereka juga memburu untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan. Harganya memang cukup menggiurkan, sehingga banyak yang memburunya. Merak Hijau tersebar di Pulau Jawa khususnya di alas Purwo. Untuk pakan burung merak hijau sama dengan merak biru.

Merak Hijau
Merak Hijau

3. Merak Kongo

Jenis Merak Kongo merupakan jenis merak yang paling kecil. Panjang Merak Kongo jantan dewasa hanya sekitar 70 cm. Bulunya berwarna biru gelap dan dihiasi warna hijau serta ungu. Habitat Merak Kongo berada di hutan hujan Afrika.

Burung Merak Kongo
Burung Merak Kongo

4. Merak Putih

Jenis Merak Putih berbeda dengan jenis merak yang lain. Merak ini berwarna putih semua, tidak ada campuran warna lain. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai Merak Albino. Panjangnya sama dengan Merak Biru atau Merak Hijau. Ciri-ciri merak jantan yaitu ekornya panjang dan memiliki taji di kakinya. Sedangkan betina ekornya lebih pendek dan tidak memiliki taji pada kakinya.

Burung Merak Putih Dewasa Jantan
Burung Merak Putih Dewasa Jantan

Pemeliharaan Burung Merak

Dalam pemeliharaannya, Merak bisa diberi makan berupa jagung giling, kangkung, dedak, tauge, kacang tanah, kacang panjang, atau pepaya. Pakan diberikan setiap hari setelah kandang dibersihkan. Karena merak merupakan jenis burung yang biasa hidup di pohon, maka sebaiknya dalam kandang disediakan tempat untuk bertengger. Selain itu juga perlu disiapkan sarang untuk bertelur, kolam kecil dan bak pasir untuk bermain. Untuk mencegah penyakit, sebaiknya burung merak diberi vaksin setiap bulan yang mengandung vitamin, mineral, dan antibiotik.

BACA JUGA!

Meskipun harganya cukup tinggi, namun bagi mereka pecinta burung merak tidak mengurungkan niatnya untuk memiliki burung cantik ini. Harga anakan merak saat ini sudah mencapai jutaan rupiah. Untuk harga burung merak biru dewasa sekitar 30 jutaan. Sedangkan harga merak putih sekitar 35 jutaan.  Kami menjual anak merak biru minimal sekitar usia 4 bulan. Tetapi kami tidak menjual telur merak, mengingat minimnya jumlah telur yang dihasilkan tiap masa bertelur. Berikut beberapa rincian mengenai harga merak di hobiternak.com dan jualayamhias.com :

Merak Biru Remaja Rp. 22.000.000/pasang
Merak Biru Dewasa Rp. 32.000.000/pasang
Merak Putih Anakan Rp. 22.500.000/pasang
Merak Putih Dewasa Rp. 34.000.000/pasang
Merak Cameo Remaja Rp. 30.000.000/pasang
Merak Biru Jantan 5-6 bulan Rp. 12.500.000/ekor
Merak PIED/Blorok Rp. 37.000.000/ekor

Bagi Anda yang berminat memelihara burung merak, silahkan menghubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

kata terkait :
ayam merak, berapa hari telur merak menetas, harga anakan merak, harga burung merak, harga merak putih, jual anak merak biru, jual anakan merak, jual anakan merak biru, jual bibit burung merak biru, jual burung merak anakan, jual merak biru, jual merak putih, jual telur merak, pakan burung merak, penetasan telur merak, telur burung merak,

Duwi Kristinawati


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: