Merak biru atau yang biasa disebut dengan Merak India merupakan salah satu jenis dari 3 spesies merak yang ada di dunia. Nama ilmiah dari merak biru adalah pavo cristatus. Sebelum melihat galeri foto merak biru, yuk simak juga ulasan lengkap mengenai merak biru !

Burung Merak Biru (pavo cristatus)

Burung merak biru merupakan jenis merak yang banyak ditemukan di hutan terbuka daerah India, Nepal, dan juga Pakistan. Sebelumnya, merak ini juga terdapat di daerah Bangladesh. Namun karena maraknya perburuan liar populasi merak biru di Bangladesh menjadi punah. Merak jenis ini tidak termasuk ke dalam merak yang dilarang untuk diperjualbelikan. Harga merak biru memang relatif tinggi, tetapi sepadan dengan segala keindahan yang dimillikinya.

Burung merak biru jantan memiliki warna bulu biru gelap dan mengkilap, memiliki penutup ekor yang berwarna hijau metalik. Di kepalanya terdapat semacam mahkota yang berbentuk kipas. Sedangkan untuk burung merak betina bulunya berwarna coklat kehijaunan tidak mengkilap, tidak ada bulu penutup ekornya, serta terdapat garis-garis hitam pada bulunya. Ukuran burung merak biru jantan lebih besar dibandingkan dengan merak biru betina. Panjang tubuh merak biru jantan bisa mencapai 230 cm dan untuk burung merak betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Ukuran panjang tubuh merak betina jantan kurang lebih 200 cm. 

Burung Merak Biru Dewasa Jantan
Burung Merak Biru Dewasa Jantan

Cara Membedakan Merak Biru Jantan dan Betina

Saat merak biru masih berbentuk anakan, agak sulit untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Namun seiring dengan pertumbuhan merak, saat sudah menjadi merak dewasa maka akan terlihat perbedaannya. Merak biru jantan warna bulunya akan terlihat lebih terang, dan merak biru betina warna bulunya tidak seterang warna bulu merak biru jantan.

Burung merak termasuk ke dalam golongan hewan yang pemalu. Begitu juga dengan burung merak biru. Walaupun dinamakan burung, merak biru tidak bisa berkicau seperti burung pada umumnya. Burung merak sendiri juga masih satu kerabat dengan ayam hutan. Postur tubuhnya juga mirip dengan ayam. Namun jarang ada orang yang menyebutnya dengan ayam merak. Karena memang merak biru di dalam klasifikasi ilmiah nya termasuk ke dalam kelas aves, yaitu burung.

Pakan Merak Biru

Pakan dari merak biru termasuk mudah dicari. Merak biru suka memakan pucuk dedaunan, serangga, hewan-hewan kecil seperti laba-laba, cacing, ataupun kadal kecil. Jenis merak biru ini juga menyukai sayuran. Dalam hal pemberian pakan, harus dilakukan secara teratur. Anda bisa memberikan pakan konsentrat atau voer. Sebagai pakan tambahan, anda juga bisa memberikan padi atau jagung kuning giling dalam menu hariannya. Selain itu, merak biru juga suka dengan makanan yang kering. Untuk contoh pakan, anda bisa mencoba memberikan konsentrat dengan campuran bekatul, kemudian tambahkan juga irisan sayuran segar seperti kangkung dan sawi. Sekilas, pakan tersebut mirip dengan pakan untuk ayam mutiara dan kangkung. Perbedaannya, untuk ayam mutiara dan kalkun perlu ditambahkan dengan sedikit air.

Konsentrat
Konsentrat

Kandang Merak Biru

Mungkin banyak orang yang mengira kalau burung merak tidak bisa terbang. Hal itu masuk akal karena jika dilihat lihat, burung merak akan keberatan dengan ekornya yang panjang jika terbang. Namun ternyata, burung merak itu bisa terbang loh. Dahulu saat populasi burung merak masih banyak, sering terlihat burung merak bebas berterbangan. Tetapi untuk saat jarang ditemukan merak terbang secara bebas, mengingat populasi merak berkurang.  

jual merak india
Contoh Kandang Burung Merak

Kandang merak biasanya dibuat dengan sistem umbaran karena pada habitat aslinya merak suka hidup berkeliaran. Kandang merak terbuat dari ram atau kawat tinggi dan dipasang mengelilingi area kandang sehingga merak tidak bisa keluar dan terbang dari area kandang. Selain itu kandang tertutup rapat dengan kandang ram dan tidak ada celah agar predator seperti anjing liar tidak bisa memangsanya. Buatlah tempat bertengger untuk merak karena pada malam hari merak suka tidur dengan posisi bertengger. Tanamlah pohon sebagai tempat merak biru untuk berteduh dikala hujan. Selain itu ranting pohon juga bisa digunakan untuk merak bertengger. Usahakan kandang dibuat dengan luas agar merak tidak stress. Bersihkan kandang setiap hari agar merak terhindar dari penyakit dan untuk menjaga kebersihan dan keindahan dari bulu burung merak biru.

Masa Bertelur Merak Biru

Burung merak mulai bereproduksi saat berusia sekitar 1,5 tahun. Merak biru termasuk ke dalam golongan hewan poligami. Jadi satu pejantan merak bisa mengawini bebeapa betina. Saat merak betina bertelur, merak menyukai tempat yang tenang. Jadi, jika merak peliharaan anda bertelur, tempatkan merak tersebut di kandang terpisah dan jauh dari keramaian. Merak yang berusia dibawah tiga tahun mengalami periode bertelur satu kali dalam setahun dengan jumlah butir telur sekitar 8-10 butir. Setelah merak berusia tiga tahun keatas, maka periode bertelurnya bisa menjadi dua kali dalam setahun dan jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak. Merak biru termasuk kurang mumpuni dalam hal mengerami telurnya. Beberapa ada yang berhasil menetas namun banyak juga yang gagal saat dierami oleh indukan.

Namun anda jangan khawatir, ada alternatif lain yang bisa anda pilih. Anda bisa menitipkan telur merak yang akan dierami ke unggas lain yang juga sedang proses mengeram misalnya ayam. Menggunakan mesin penetas telur juga lebih efektif untuk mengurangi risiko kegagalan menetas. Lama proses penetasan adalah 28 hari. Musim penghujan adalah waktu yang cocok bagi merak untuk kawin. Masa produksi merak bisa mencapai waktu hingga 10 tahun lebih tergantung dengan perawatan dan pemberian pakan yang bergizi.

Galeri Foto Merak Biru

Kami menyediakan merak biru remaja maupun dewasa dan jenis merak putih serta blorok. Selain itu kami juga menyediakan berbagai macam ayam dan burung hias. Jika anda tertarik untuk memelihara, silahkan memesan dengan menghubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Merak Hias, Merak Biru, Galeri Foto Merak Biru, Ternak Merak Biru, Jual Merak Biru, Harga Merak Biru


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: