Perbedaan Burung Merak Jantan dengan Burung Merak Betina – Burung merak adalah salah satu jenis spesies yang memiliki bulu yang indah dan menarik. Namun jenis burung ini mulai langka karena banyaknya pemburu dan menjadikan populasinya semakin sedikit. Di Indonesia habitat burung merak ada di Ujung Kulon (Jawa Barat) dan di Baluran (Jawa Timur). Burung merak memiliki beberapa jenis yaitu ada merak biru, merak hijau dan putih. Beberapa jenis tersebut memiliki warna bulu yang berbeda-beda. Kami jual jenis merak yang berwarna biru dan merak putih. Sedangkan untuk merak hijau kami tidak menjual dikarenakan untuk jenis merak hijau tidak diperbolehkan untuk diperjual belikan dan telah dilindungi oleh Undang-undang. Perlindungan tesebut berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No.66/KPTS/Um/2/1973; Keputusan Menteri Kehutanan No.301/ Kpts -II/1991 dan PP No. 7 tahun 1999.

burung merak betina
Merak Hijau

Jenis-jenis burung merak

1. Merak Biru

burung merak betina
Burung Merak Biru Jantan

Merak biru adalah salah satu jenis spesies merak yang memiliki bulu dominan berwarna biru. Jenis merak ini sering disebut dengan merak India. Nama latin dari merak biru adalah Pavo Cristatus. Merak biru tersebar di hutan terbuka yang terdapat padang rumput di wiayah India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan dan Pakistan. Selain di wilayah tersebut dahulu burung merak juga sering ditemukan di Bangladesh namun untuk saat ini sudah punah.

Ciri-ciri merak biru yaitu memiliki warna bulu biru gelap yang mengkilap. Untuk merak jantan dewasa memiliki ukuran tubuh yang besar, panjang mencapai 230 cm dan penutup ekor berwarna hijau metalik yang lumayan panjang. Selain itu, di atas kepala terdapat jambul tegak biru yang berbentuk seperti kipas. Sedangkan untuk merak betina memiliki ukuran lebih kecil dibanding yang jantan . Bulunya tidak mengkilap dan tidak dihiasi penutup ekor. Untuk pakan burung merak biru adalah sejenis biji-bijian, dedaunan dan hewan kecil (laba-laba, cacing, kadal kecil). Pakan burung merak memang sederhana.
Burung merak biru jantan adalah spesies poligami. Jadi, pasangannya lebih dari satu. Saat musim kawin burung merak jantan akan mengibakkan sayapnya di depan merak betina dengan tujuan supaya merak betina tertarik.

2. Merak Hijau

burung merak betina
FotonMerak Hijau

Burung merak hijau atau Pavo muticus adalah salah satu jenis spesies merak yang memilki bulu berwarna hijau keemasan. Merak ini sering disebut dengan Merak Jawa, karena memang habitat aslinya berasal dari Indonesia dan banyak ditemukan di Alas Purwo. Untuk populasi tersebar merak hijau ada di hutan terbuka dengan padang rumput di Jawa (Indonesia), Indocina, dan Republik Rakyat Tiongkok.

Merak hijau termasuk kedalam hewan yang dilindungi karena populasinya yang semakin menurun. Perdagangan merak hijau juga tidak diperbolehkan. Hal ini berdasarkan dengan peraturan dan keputusan menteri diantaranya; Keputusan Menteri Pertanian No.66/KPTS/Um/2/1973; Keputusan Menteri Kehutanan No.301/ Kpts -II/1991; dan PP No. 7 tahun 1999.

Merak hijau yang berjenis kelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang sekitar 300 cm dengan penutup ekor yang lumayan panjang. Selain itu di atas kepala terdapat jambul yang tegak. Sedangkan untuk merak hijau betina ukurannya lebih kecil dibanding yang jantan, bulunya kurang mengkilap, tidak dihiasi bulu penutup ekor dan bulunya berwarna hijau keabu-abuan.

3. Merak Putih

burung merak betina
Burung Merak Putih

Merak putih adalah salah satu jenis merak yang lumayan langka dan jarang dijumpai di dunia. Merak ini termasuk unik dan biasanya hanya dijumpai di kebun binatang serta di rumah yang biasanya untuk dipelihara. Meskipun termasuk jenis merak yang langka namun burung ini tidak termasuk dalam kategori ketergantungan konservasi dan tidak terancam punah. Jenis merak putih memang sangat menawan. Saat berjalan burung ini nampak anggun seperti seorang putri.

4. Merak Kongo

Burung merak kongo jantan memiliki warna bulu biru gelap dan dihiasi kombinasi warna ungu dan hijau yang mengkilap. Di kepalanya terdapat jambul berwarna putih dan lehernya berwarna merah. Ukuran merak kongo termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan jenis merak lainnya. Panjang maksimal merak kongo jantan hanya sekitar 70 cm. Untuk merak kongo betina memiliki bulu berwarna coklat dengan warna bulu pada sayap dan bagian belakang tubuhnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki jambul berwarna coklat. Merak kongo memakan biji-bijian, dedaunan, pucuk rerumputan, serangga, dan hewan-hewan kecil.

Perbedaan Merak Jantan dan Betina

Cara membedakan merak jantan dengan merak betina yaitu terletak pada bulunya. Bulu burung merak jantan lebih indah dibandingkan dengan burung merak betina. Meskipun demikian, bukan berarti itu keuntungan bagi merak jantan. Karena bulunya yang mencolok, merak jantan susah untuk bersembunyi atau menyamar di lingkungan sekitar saat ada musuh atau predator. Kebalikannya dengan merak jantan, merak betina dapat dengan mudah bersembunyi atau menyamar.

Makanan Burung Merak

Apabila Anda berkeinginan untuk memelihara burung merak, Anda tidak perlu takut dan khawatir karena makanannya cukup mudah dan sederhana. Contoh pakan yang dapat diberikan yaitu konsentrat atau voer dengan dicampur irisan sayur & bekatul. Supaya burung merak tidak bosan sesekali dapat diberikan makanan tambahan seperti kadal, ulat hongkong, ulat daun, jangkrik dan lain-lain. Jenis makanan tersebut dapat Anda dapatkan di sekitar rumah Anda.

burung merak betina
Konsentrat

Kandang Burung Merak

Kandang burung merak sebaiknya besar agar seperti habitat aslinya di alam bebas. Tujuan pembuatan kandang berukuran besar yaitu agar merak tidak mudah stress. Selain itu usahakan kandang tidak dekat dengan keramaian karena jenis merak mempunyai sifat pemalu. Buatlah tempat bertengger karena merak di habitat aslinya suka bertengger di pohon.

burung merak betina
Kandang Burung Merak

Harga Burung Merak

Merak Biru Remaja Rp. 22.000.000/pasang
Merak Biru Dewasa Rp. 32.000.000/pasang
Merak Putih Anakan Rp. 22.500.000/pasang
Merak Putih Dewasa Rp. 34.000.000/pasang
Merak Cameo Remaja Rp. 30.000.000/pasang
Merak Biru Jantan 5-6 bulan Rp. 12.500.000/ekor
Merak PIED/Blorok Rp. 37.000.000/ekor

Berikut adalah contoh gambar merak

Burung Merak Biru Jantan
Merak Biru Jantan
Burung Merak Putih
Burung Merak Putih
Burung Merak Biru
Merak Biru
Burung Merak Putih Sepasang
Burung Merak Putih Sepasang
burung merak betina
Gambar Merak Betina

Apabila Anda tertarik untuk memelihara burung merak kami menyediakan. Kami menjual burung merak biru, putih dan merak cameo. Selain itu kami juga menjual berbagai jenis ayam hias yang berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia dengan kargo hewan terpercaya. Silahkan hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut melalui nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
perbedaan merak jantan dan betina, merak hijau betina, burung merak indonesia, makanan burung merak, gambar merak betina, merak biru, burung merak putih,

_Meilani Sawitri_


1 Comment

Harga Merak Biru dan Putih Tahun 2018 untuk Ternak maupun Hobi Anda · October 14, 2018 at 7:26 am

[…] ada yang menyebutnya sebagai Merak Albino. Panjangnya sama dengan Merak Biru atau Merak Hijau. Ciri-ciri merak jantan yaitu ekornya panjang dan memiliki taji di kakinya. Sedangkan betina ekornya lebih pendek dan tidak […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: