Kapan Waktu Yang Tepat Saat Lepas Brooding Ayam?

Ayam yang di peruntukan untuk industri biasanya merupakan ayam yang dihasilkan dari penetasan, bukan ayam yang dihasilkan dari telur yang dierami indukannya.

Ayam yang dierami indukannya biasanya akan diasuh oleh indukan, sedangkan telur yang ditetaskan dengan mesin penetas telur akan diletakkan dalam kandang atau boks khusus yang mempunyai penghangat (brooding).

Materi pada artikel ini bisa di terapkan untuk ternak ayam joper, ayam kampung super, ayam KUB, ayam petelur, ayam broiler maupun ayam lain yang tidak memakai induk nya dalam proses pertumbuhan nya.

Contoh brooder atau penghangat menggunakan kayu bakar | image 1
Contoh brooder atau penghangat menggunakan kayu bakar | image 1

Untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pelepasan brooding (lampu pemanas) tergantung dari suhu sekitar kandang dan kondisi ayam yang berada di dalam boks khusus.

Jadi yang utama bukan dari umur ayam namun sejauh mana ayam bisa menyesuaikan diri dengan suhu sekitarnya.

Pada ayam yang mempunyai kondisi sehat dan staminanya yang kuat maka brooder dapat dilepaskan pada umur 14-21 hari.

Bila kita memakai standar ayam joper maka saat ada pertanyaan “berapa bulan anak ayam besar?” maka di hari ke 55 atau 60 ayam sudah besar dan bisa di panen.

Sebelum melakukan pelepasan brooding, ayam dapat dilatih secara bertahap agar ayam dapat menyesuaikan diri dengan udara sekitar.

Jika pelepasan dilakukan secara langsung maka dikhawatirkan anakan ayam tidak bisa menyesuaikan diri dengan suhu sekitarnya.

Kondisi kedinginan akan membuat stamina anak ayam menjadi turun dan mengakibatkan sakit bahkan tak jarang mengakibatkan mortalitas (kematian).

Baca juga :

Penghangat untuk DOC ayam juga bisa menggunakan lampu bohlam | image 2
Penghangat untuk DOC ayam juga bisa menggunakan lampu bohlam | image 2

Persiapan Sebelum Pemanas Lampu atau Brooder Ayam di Lepas

Bagaimana tahap sebelum pelepasan brooder secara permanen?. Ini merupakan pertanyaan yang beberapa kali kami dapati. Dan berikut ini poin-poin nya sebagai panduan Anda.

  1. Pada umur 7 hari, pemanas dapat dimatikan pada siang hari. Setelah sore, pemanas dapat dihidupkan kembali.
  2. Setelah ayam tidak menunjukkan respon kedinginan, pada saat pemanas dimatikan, maka tahap selanjutnya untuk mematikan pemanas waktunya semakin diundur.

    Jadi pada saat ayam terlihat menunjukkan respon positif, pemanas dihidupkan kembali pada sore menjelang malam hari.

  3. Untuk tahap seterusnya maka pemanasan hanya dihidupkan pada saat malam hari saja.
  4. Dalam kondisi udara yang sangat dingin baik siang maupun malam, maka pemanas dapat dipasang pada siang dan malam hari.
  5. Namun jika cuaca telah kembali normal dalam arti pergantian siang dan malam perubahan suhu tidak begitu mencolok maka pemanas dapat dilepaskan.
Baca Juga!  Penyebab Ayam Broiler Kedinginan dan Dampak yang Ditimbulkan

Pemanas cukup penting untuk kelangsungan anak ayam karena dengan adanya pemanas buatan maka anak ayam akan merasa hangat dan nyaman.

Ayam yang kurang pemanas akan mengakibatkan proses perkembangan saluran pencernaan nya tidak bagus dan berakibat serapan makan nantinya tidak sempurna dan ayam tumbuh kerdil.

Jika anak ayam merasa kedinginan maka bisa mengakibatkan kematian karena stamina anak ayam masih cukup rendah dibandingkan ayam yang sudah indukan.

Pemanas Buatan berasal dari Batubara | image 3
Pemanas Buatan berasal dari Batubara | image 3

Indikator Kenyamanan DOC Ayam di dalam Kandang Pemanas

Untuk mengetahui kebutuhan pemanas ruangan, maka dapat dilihat dari kondisi ayam saat di kandang.

  1. Jika anak ayam bergerombol di dekat lampu pemanas, maka kemungkinan anak ayam merasa kedinginan untuk itu pemanas buatan dapat ditambah sampai kondisi dimana anak ayam menyebar merata di dalam kandang.
  2. Jika anak ayam menjauh dari lampu pemanas maka terindikasi anak ayam kepanasan, untuk itu pemanas dapat dimatikan atau dikurangi jumlahnya sampai kondisi dimana anak ayam menyebar di dalam area kandang.

    Selain mengatur ketinggian lampu Anda juga perlu memperhatikan jarak lampu dengan anak ayam.

Indikator Kenyamanan DOC Ayam di dalam Kandang Pemanas | image 4
Indikator Kenyamanan DOC Ayam di dalam Kandang Pemanas | image 4

Apa yang dimaksud dengan brooding?

Brooding yaitu masa dimana anak ayam masih membutuhkan indukan atau penghangat buatan untuk menghangatkan tubuhnya. Brooding berasal dari kata brood yang artinya yaitu seperindukan. Anak ayam yang baru saja menetas belum memiliki bulu yang full jadi tubuhnya mudah kedinginan.

Kapan brooding dibuat?

Brooding dibuat sebelum DOC datang dari pihak penetas atau penjual DOC. Biasanya masa brooding berlangsung sampai DOC berusia 2 minggu. Namun ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi kandang peternak.

Umur berapa hari anak ayam bisa makan?
Sampai umur berapa anak ayam diberi lampu?

Untuk ayam yang mempunyai kondisi sehat dan staminanya yang kuat maka brooder atau lampu pemanas dapat dilepaskan pada umur 14-21 hari.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super, Joper, KUB, petelur maupun broiller. Siap pengirimkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC atau bibit aneka jenis ayam pilihan Anda.  Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
4.7/5 - (4 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA