3 Poin Penting dalam Membedakan Ayam Serama Jantan dan Betina

Ayam serama adalah ayam hasil kreasi manusia dengan persilangan dari berbagai jenis ayam. Ayam serama asli berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, maka dari itu banyak orang menyebutnya ayam serama Malaysia. Ayam ini merupakan jenis ayam dengan postur tubuh yang kecil dan pendek, seperti ayam kate. Tetapi walaupun mirip, postur tubuh ayam serama asli lebih kecil dan memiliki ciri khas sendiri.

Jenis ayam serama memang termasuk jenis ayam yang paling percaya diri bila di banding dengan jenis ayam lain
Jenis ayam serama memang termasuk jenis ayam yang paling percaya diri bila di banding dengan jenis ayam lain.
Tidak saja ayam serama jantan, ayam serama betina pun nampak terlihat berani saat di ambil gambar nya dan berlenggak-lenggok di depan manusia.
Tidak saja ayam serama jantan, ayam serama betina pun nampak terlihat berani saat di ambil gambar nya dan berlenggak-lenggok di depan manusia.

Untuk di Indonesia sendiri, ayam serama mulai terkenal dan populer pada awal tahun 2000. Sejak tahun itulah ayam serama masuk ke negara Indonesia dan ditahun berikutnya langsung diadakan sebuah kontes ayam serama. Di Indonesia sendiri ayam hias tergolong hewan yang langka. Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Bobot ayam serama jantan hanya sekitar 350 gram, sedangkan ayam serama betina sekitar 300 gram dengan tinggi rata-rata 15 cm. Jumlah telur serama dalam 1 periode sebanyak 8-15 butir.

ayam serama betina
ayam serama betina

3 poin penting dalam membedakan Ayam Serama Jantan dan Betina:

1. Bentuk Jengger
Serama Jantan: Jengger lebih mononjol atau sudah muncul kendati tumpul.
Serama Betina: Jenggernya lebih landai dan lambat tumbuh.

2. Warna Jengger
Serama Jantan: Warna jengger sudah kemerah-merahan.
Serama Betina: Warna jengger tidak menampakkan warna kemerah-merahan.

3. Warna Bulu
Serama Jantan: Warna bulu-bulunya lebih tajam dan cerah.
Serama Betina: Warna bulu kalah cerah dan kurang tajam dibandingkan dengan serama jantan.

Selain unik dan lucu, ayam serama asli memiliki wibawa tersendiri bagi para penggemarnya. Ayam serama asli sudah banyak dibudidayakan oleh orang-orang Indonesia untuk koleksi.

Saat ayam serama baru menetas sudah terlihat beda dengan jenis ayam lain, karena bentuk tubuh nya sudah nampak lebih mungil atau kecil.
Saat ayam serama baru menetas sudah terlihat beda dengan jenis ayam lain, karena bentuk tubuh nya sudah nampak lebih mungil atau kecil.

Jenis-jenis ayam serama, antara lain:

1. Ayam serama type slim

Jenis ayam serama ini merupakan ayam yang pertama kali ditemukan dan lebih dari 10 tahun menjadi primadona.

2. Ayam serama type apple

Jenis ayam ini dahulu populer dengan nama bold. Ayam serama type apple diperkenalkan pada tahun 2003-2004. Tipe serama apple memiliki perbedaan dibandingkan dengan serama tipe slim, dengan bentuk tubuh bulat dan kaki yang pendek sehingga mirip dengan apel.

3. Ayam serama type ideal

Ayam ini merupakan penyilangan dari type slim dan type apple. Jenis ayam serama type ideal memiliki tubuh ramping dengan dada yang besar. Biasanya dari 100 anakan yang lahir dari persilangan serama ini, hanya 8-15 ekor yang sesuai dengan keinginan. Ayam serama type ideal sekarang banyak dipakai untuk kontes.

Harga Ayam Serama Malaysia Per Ekor

Ayam Serama 1 Bulan   @ Rp 125,000
Ayam Serama 2 Bulan   @ Rp150,000
Ayam Serama 3 Bulan   @ Rp200,000
Ayam Serama 4 Bulan   @ Rp250,000
Ayam Serama 5 Bulan   @ Rp300,000
Ayam Serama Dewasa   @ Rp450,000

Kandang ayam serama

Kandang merupakan hal penting yang perlu disiapkan dalam pembudidayaan ayam. Bagi ayam, kandang yaitu tempat tinggal, tempat bereproduksi, tempat bertelur ayam serama, tempat untuk membesarkan anak-anaknya dan berkembangbiak. Oleh karena itu, dalam menyiapkan kandang harus bersih, nyaman, tidak kepanasan atau kedinginan dan mempunyai ventilasi yang baik.
Luas kandang biasanya sekitar 1,2 m X 2,5 m X 1,7 m. Dalam 1 kandang diisi sekitar 1 jantan dengan 6-8 betina. Bahan untuk kandang serama terbuat dari ram atau kawat besi. Untuk serama yang masih kecil yaitu kandang khusus yang mempunyai dinding meskipun hanya satu sisi. Untuk penghangatan, bisa memakai lampu bohlam 25 watt. Jika suhu udara sangat dingin, bisa diganti dengan lampu 40 watt.

Kandang ayam serama
Kandang ayam serama

Pakan ayam serama

Salah satu jenis makanan yang kami sarankan untuk ayam serama adalah buah pepaya ataupun pisang. Buah pepaya dapat dijadikan pakan tambahan karena buah ini berperan untuk dapat melancarkan pencernaan. Buah pepaya dan buah pisang dikenal kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam serama. Caranya, pepaya dipotong kecil-kecil seperti dadu, kemudian tempatkan pada wadah pakan. Buah pepaya atau pisang dapat diberikan satu minggu sekali.
Untuk menjaga kesehatan ayam serama, Anda dapat memberikan suplemen vitamin untuk ayam. Vitamin yang disarankan yaitu yang mengandung vitamin A, B, dan C. Vitamin dapat diberikan secara bersamaan ataupun terpisah.

Pakan ayam serama
Pakan ayam serama

Cara mengawinkan ayam serama

  1. Pilih indukan yang berkualitas, dari bentuk, warna dan kemampuan bergaya saat kontes.
  2. Ayam serama hendaknya dikawinkan setelah dia berhasil mengikuti kontes.
  3. Ayam pejantan dibantu untuk nangkring diatas ayam betina. Teknik pengawinan ini dengan cara memegang ayam betina lalu menyodorkan kedepan pejantan. Syaratnya kedua ayam harus benar-benar siap kawin.
  4. Teknik kawin gilir.
  5. Proses perkawinan dilakukan secara terjadwal dan tidak boleh terlalu sering.
  6. Untuk mencegah perilaku seksual ayam serama yang brutal yaitu dengan jalan merangsang nafsu pejantan dengan tangan.
  7. Kedua ayam yang sudah dijodohkan ditaruh dikandang terpisah.

Saat ini ayam serama, mulai melebarkan sayap dikancah ayam hias. Keberadaannya cukup digandrungi oleh para penghobi. Tak sekedar itu ayam serama sering diikutsertakan dalam sebuah kontes. Ayam yang suka membusungkan dadanya ini mempunyai julukan ayam sombong dan ayam yang pintar bergaya.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam serama, kami menyediakan telur ayam serama yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi Anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam serama kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam serama dewasa juga bisa Anda pesan di hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
ciri ayam serama betina, tempat bertelur ayam serama, kandang ayam serama, harga ayam serama malaysia, ayam serama asli, cara mengawinkan ayam serama, jumlah telur serama, pakan ayam serama,

Meilani Sawitri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: