Ternak Bebek Petelur Modern Dengan Memanfaatkan Lahan Sempit

Ternak Bebek Petelur Modern Dengan Memanfaatkan Lahan Sempit

Terbatasnya lahan yang kita miliki bukanlah halangan kita untuk beternak bebek petelur. Dengan lahan yang sempit kita tetap bisa memelihara bebek petelur. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang kita miliki, kita bisa mendesain kandang dengan teknologi modern agar dapat menghasilkan bebek petelur yang berkualitas dan mempunyai produktivitas telur yang tinggi.

Bebek Petelur
Bebek Petelur

Lokasi kandang yang menjadi tempat kita beternak bebek petelur diusahakan jauh dari lokasi pemukiman. Jarak minimal 500 meter dari pemukiman penduduk. Hal itu mengantisipasi mendapat komplain atau keluhan dari penduduk sekitar. Disamping itu kandang yang berdekatan dengan pemukiman dan kebersihannya kurang terjamin bisa menjadi media penyebaran penyakit. Lokasi yang cukup dekat dengan penduduk bisa menyebabkan resiko stres pada ayam karena mempunyai tingkat kebisingan yang tinggi. Misalnya suara motor atau mobil. Untuk itu jarak kandang perlu diperhatikan dengan perencanaan yang matang.

Untuk pemeliharaan kandang lahan sempit maka kita menggunakan pemeliharaan secara intensif. Pemeliharaan intensif meliputi beberapa hal:

  1. Pemeliharaan bibit bebek petelur yang baik.
  2. Pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit.
  3. Sistem kandang dengan sanitasi dan ventilasi yang baik.
  4. Pemberian pakan dan minum secara teratur.
  5. Pengelolaan pasca panen.

Kandang dengan sistem modern menerapkan teknologi baru. Jenis ini biasanya menggunakan kandang tertutup. Kandang tertutup dengan teknologi tinggi membutuhkan modal yang cukup besar. Untuk menamin sirkulasi disekitar kandang menggunakan blower sehingga udara yang bersih dapat masuk ke kandang sedangkan amoniak dapat dikeluarkan. Untuk tempat minum menggunakan nipple yaitu tempat minum otomatis jika disentuh paruh ayam akan mengeluarkan air minum. Sehingga tidak boros air dan terjamin kebersihannya.

Untuk membersihkan kotoran ayam, maka diperlukan power washer yaitu mesin air bertekanan tinggi sehingga dapat menjangkau seluruh bagian kandang sehingga kandang menjadi bersih. Untuk pemanas ruangan juga memerlukan teknologi tinggi. Untuk menerapkan teknologi tinggi diseluruh bagian kandang perlu investasi yang besar.

Informasi cara pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait:
Ternak bebek mojosari petelur, harga bebek mojosari petelur per ekor, cara ternak bebek mojosari petelur, harga bebek mojosari petelur, bibit bebek mojosari petelur, kandang bebek petelur, jual bebek petelur, kandang bebek petelur

*Yuni Ambarwati*

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA