Bebek Hibrida

Mengenal Lebih Dekat Teknik Budidaya Bebek Petelur

Mengenal Lebih Dekat Teknik Budidaya Bebek Petelur

Mengenal lebih dekat teknik budidaya Bebek Petelur memang gampang-gampang susah. Bebek atau yang biasa disebut dengan Itik merupakan unggas yang berasal dari daratan Amerika dan merupakan Bebek Liar (Anas Moscha). Bebek ini memang lama dijinakkan oleh manusia, maka dari itu lahirlah jenis bebek yang ditujukan untuk diternakkan seperti yang ada saat ini.

Permintaan Bebek dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan. Baik berupa daging maupun telurnya sebagai sumber protein hewani untuk kebutuhan pangan manusia. Jenis bebek yang sering dibudidayakan di Indonesia adalah jenis bebek unggul seperti bebek tegal, bebek campbell, bebek alabio, bebek bali, bebek mojosari dan jenis-jenis bebek petelur unggul lainnya.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Untuk memulai usaha beternak Bebek secara umum Anda harus memperhatikan letak lokasi yang jauh dari keramaian penduduk, lokasi pemasaran, kondisi di lingkungan kandang, jauh dari bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, mempunyai letak transportasi yang mudah dijangkau dan mudah dalam mendapatkan bahan makanan.

Bagaimana teknik dalam berbudidaya Bebek ?

1. Sistem Perkandangan

Model kandang ada 3 jenis, yaitu :

  • Kandang untuk DOD bebek

Dalam masa starter kandang untuk DOD bebek disebut dengan kandang box. Kandang box bisa dibuat dengan ukuran 1 m2, dan dalam 1 m2 dapat menampung kurang lebih 50 ekor DOD.

  • Kandang bebek remaja

Untuk bebek yang memasuki masa brower (remaja) kandang yang cocok adalah kandang ren/kandang kelompok dengan ukuran per kandang 16-100 ekor.

  • Kandang untuk Bertelur

Bebek yang memasuki masa bertelur (layar) bisa dibuatkan kandang baterai (satu kandang memuat satu atau dua ekor ayam) dalam satu kandang. Bisa juga dibuatkan kandang lokasi (berkelompok) dengan ukuran setiap m2 terdiri dari 4-5 ekor bebek dewasa. Dalam masa bertelur bisa membuat kandang dengan ukuran kandang 3 x 2 meter.

Kondisi kandang tidak harus dibuat dengan bahan yang mahal, cukup yang sedehana dan tahan lama. Kandang yang sudah jadi sebaiknya dilengkapi dengan beberapa perlengkapan kandang seperti, tempat pakan, tempat minum, tempat bertelur (untuk bebek yang sedang bertelur) dan beberapa perlengkapan tambahan lainnya.

Sistem perkandangan yang harus Anda perhatikan :

  • Sarana pembuatan kandang dan peralatannya

  • Temperatur kandang + 39o Celcius

  • Penerangan kandang yang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tetap tertata

  • Kelembapan kandang berkisar antara 60-65%

2. Pembibitan

Pemilihan bibit yang baik tentu akan menghasilkan hasil ternak yang diharapkan.

Bagaimana cara memperoleh bibit bebek yang baik?

  1. Membeli telur bebek yang sudah dijamin keunggulannya

  2. Memelihara bebek pejantan dan betina yang unggul untuk mendapatkan telur tetas yang unggul.

  3. Membeli DOD dari peternak yang sudah dikenal dengan mutunya atau yang sudah mendapat surat rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat.

DOD Mojosari

DOD Mojosari

3. Pemeliharaan

  • Tindakan pencegahan penyakit dan sanitasi kandang

Sanitasi kandang diperlukan dalam pemeliharaan bebek, dan tindakan preventif (pencegahan penyakit) perlu diperhatikan sejak usia dini untuk menghindari timbulnya bibit penyakit, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

  • Pencegahan Penyakit

Pencegahan penyakit dilakukan setiap saat dengan hati-hati dan menyeluruh. Pemisahan antara bebek yang terkena penyakit dan bebek yang belum terkena penyakit.

  • Pemberian Pakan

Mengenal Teknik Budidaya Bebek

Mengenal Teknik Budidaya Bebek

Pemberian pakan bebek terbagi menjadi 3, yaitu:

  1. Fase Starter (usia 0-8 minggu)

  2. Fase Grower (usia 8-18 minggu)

  3. Fase Layar (usia 18-27 minggu)

Cara pemberian pakan terbagi menjadi 4 kelompok, antara lain:

  1. Umur 0-16 hari diberikan pakan dalam tempat pakan yang datar (tray feeder).

  2. Umur 16-21 hari diberikan di tempat pakan datar dan sebaran lantai.

  3. Umur 3-18 minggu diberikan pakan yang disebarkan dilantai.

  4. Umur 18-72 minggu, pada 7 hari pertama diberikan pakan peralihan sampai produksinya 5% dan setelah masa itu diberikan pakan secara terus menerus.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856-4772-3888

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

Kata Terkait:
Bebek, Itik, Bebek Hibrida, Bebek Peking, Bebek Lokal Jantan, Bebek Lokal Betina, Bebek Campbell, Bebek Mojosari, Ternak Bebek, Harga DOD Bebek Peking, Harga DOD Bebek Hibrida, Harga DOD Lokal Jantan, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Peternak Bebek, Peternak Itik, Jual DOD Bebek, Jual DOD Itik, ternak bebek pedaging, ternak bebek entok

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD atau Bibit Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply