Obat Anti Snot dan CRD untuk Ayam

Beternak merupakan kegiatan yang saat ini mulai banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Mulai dari beternak sapi, kambing, kelinci, kerbau, ayam dan lain – lain. Tetapi beternak ayam saat ini banyak menjadi pilihan, karena beternak ayam dirasa memiliki kemudahan dan efisiensi. Kemudahan yang didapatkan yakni dalam hal pemberian pakan, pemberian vitamin, serta pengendalian penyakit dan berbagai manfaat yang dihasilkan mulai dari daging, telur, bulu ataupun kotorannya. 

Beternak ayam sebenarnya bukan suatu hal yang sulit, pemeliharaanya pun cukup sederhana. Ayam juga dapat diternakkan dengan cara diumbar atau dikandangkan. Pemeliharaan ayam dengan cara dikandangkan atau di umbar ini harus memeperhatikan jenis ayam yang diternakkan. Apabila ingin menternakkan jenis ayam pedaging & petelur maka pemeliharaan didalam kandang lebih direkomendasikan. Sedangkan unuk ayam hias peternak dapat menempatkan ayam dengan cara diumbar. 

Tetapi dalam pemeliharaan ini tidak sedikit peternak yang menghawatirkan apabila ayam yang dipelihara terserang penyakit. Padahal saat ini banyak tersedia berbagai macam obat yang dapat menyembuhkan penyakit ayam. Jenis penyakit ayam yang cukup populer dikenal di masyarakat yakni penyakit snot dan crd. Penyakit snot dan crd ini akan berbahaya apabila tidak segera mendapatkan penanganan. Ayam harus segera dipisah dan diberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita si ayam. Untuk obat yang dapat diberikan yakni obat anti snot ayam dan crd. 

Baca juga : Ayam Kampung Joper dan Ayam KUB, Pilih yang Mana?

Obat Kapsul Anti Snot dan CRD

Ketika seseorang memutuskan untuk memulai usaha beternak maka hal yang utama dilakukan adalah mempelajari tata cara atau menejemen beternak yang baik. Skill dan ilmu yang mumpuni harus ada dalam diri peternak, karena ketika ada kendala – kendala dalam beternak maka peternak dapat mengantisipasinya dengan baik. Seperti ayam yang menandakan gejala – gejala sakit, jika ayam menandakan gejala yang tidak biasa segera pisahkan ayam tersebut dengan ayam yang lainnya. Karena jika tidak segera dipisahkan maka penyakit tersebut dikhawatirkan akan menular ke ayam yang lainnya. 

Untuk jenis penyakit yang sering menyerang ayam kampung, bebek dan jenis ayam hias lainnya yakni penyakit snot. Penyakit snot merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum biasanya penyakit ini menyerang pernapasan ayam. Tentu hal ini akan menyebabkan ayam menjadi tergangu dalam pertumbuhan serta produktifitas si ayam. Penyakit snot dapat disembuhkan dengan kapsul anti snot, obat snot paling ambuh ini dapat dengan mudah ditemuka pada toko obat hewan terdekat.

Obat Anti Snot dan CRD dapat dengan mudah ditemukan di toko obat hewan terdekat dan memiliki harga yang terjangkau | image 1
Obat Anti Snot dan CRD dapat dengan mudah ditemukan di toko obat hewan terdekat dan memiliki harga yang terjangkau | image 1

Manfaat Obat Anti Snot dan CRD

Dalam kapusl obat anti snot ayan ini memiliki kandungan enrofloxacine sebanyak 50 mg. Kapsul anti snot dan crd ini dapat menyembuhkan penyakit ayam antara lain : 

  • Korisa (Snot, Pilek, Muka Bengkak)
  • CRD (Batuk, Pilek)
  • Kolera (Berak Hijau)
  • Pullorum (Berak Putih)
  • Salmonellosis (Berak Kapur)
  • Infeksi Bakterii Gram Posistif dan Gram Negatif
  • CRD Kompleks (Colibacillosis, Streptococcosis, Staphylococcosis)
  • Anti Infeksi Mycoplasma pada Unggas 
Snot atau disebut dengan Coryza merupakan salah satu penyakit ayam petelur yang disebabkan oleh bakteri | image 2
Snot atau disebut dengan Coryza merupakan salah satu penyakit ayam petelur yang disebabkan oleh bakteri | image 2

Cara Pemakaian 

Jika ayam menandakan gelaja penyakit seperti diatas maka peternak perlu memberikan kapsul anti snot dan crd dengan takaran yang sesuai. Biasanya cara pemakaian ini tertera pada kemasan obat anti snot dan crd. Dosis dan cara pemberiannya adalah sebagai berikut ini :

  • 2 x sehari 1 kapsul 

Pemberian kapsul ini diberikan sebanyak 2 kali dalam sehari selama 4 – 5 hari berturut – turut. Caranya yakni langsung melolohkannya pada ayam yang sakit melalui paruh atau mulut si ayam. Catatan penting bagi peternak, apabila ayam akan disembelih untuk dikonsumsi maka peternak perlu memberhentikan pemberian obat ini 5 hari sebelum ayam dipotong. 

Untuk menjaga ayam agar tetap dalam keadaan sehat pun peternak tidak boleh hanya menngandalkan pemberian obat. Tetapi peternak juga perlu memperhatikan sistem pemeliharaan yang diterapkan terutama pada pemberian pakan yang bekualitas dan pembersihan kandang.

Adapun upaya peternak untuk mencegah ayam dari terserangnya penyakit sebagai berikut :

  • Menjaga litter kandang tetap dalam keadaan kering agar kadar amoniak dan debu tidak bersarang
  • Mengantur populasi ayam di kandang
  • Menjaga kebersihan kandang dan berbagai peralatan kandang lainnya
  • Pastikan sirkulasi udara di kandang terpenuhi
  • Pisahkan ayam yang berbeda usia pada kandang yang berbeda

Baca juga : Tips Agar Ayam Tidak Mudah Terkena Penyakit

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki obat abti snot dan crd ini bisa di dapatkan ditempat kami. Kami menyediakan berbagai macam obat – obatan unggas seperti, kapsul anti snot dan crd, vita chick dan trimezyn. Untuk obat muka ayam bengkak sebelah, obat snot ayam medion, dan obat snot ayam kalkun dapat diobati dengan kapsul anti snot dan crd. 

Pengiriman obat anti snot kami kirimkan via JNE, JNT, WAHANA dan POS. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK obat anti snot dan crd word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : obat snot ayam paling ampuh, obat anti snot ayam, obat snot ayam di apotik, obat muka ayam bengkak sebelah, obat snot ayam medion, cara mengobati ayam snot dan ngorok, obat snot ayam kalkun, obat snot ayam paling ampuh, manfaat anti snot ayam, trimezyn

5/5 - (16 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 6: poultrydvm.com
  • cover: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA