Penyakit Gumboro

Cara Penanggulangan Penyakit Gumboro dan Infeksi Bronkitis Pada Ayam Kampung Super

Cara Penanggulangan Penyakit Gumboro dan Infeksi Bronkitis Pada Ayam Kampung Super – Selain penyakit Newcastle Disease, ayam kampung super terkadang terkena penyakit gumboro. Penyakit gumboro secara subklinis menyerang anak ayam yan berumur 0-3 minggu. Sedangkan penyakit gumboro secara klinis menyerang anak ayam yang berumur 3-7 minggu. Bagian tubuh yang diserang penyakit ini adalah bagian kekebalan tubuh. Penyakit ini dapat menetap dalam tubuh ayam selama 3 minggu. Sehingga perlu penanganan agar penyakit ini tidak menular ke ayam yang lain.

Penyakit Gumboro
Penyakit Gumboro

Penyakit ini sebenarnya secara langsung tidak menyebabkan kematian hanya saja bila tidak segera mendapat penanganan yang tepat maka lambat laun ayam akan mati karena daya tahan tubuhnya semakin melemah. Untuk itu kita perlu mengetahui gejala yang ditimbulkannya, cara pencegahan, cara pengobatan dan cara menanggulanginya.

Gejala yang Ditimbulkan Ketika Ayam Menderita Penyakit Gumboro

Gumboro merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh virus. Penyebaran virus tersebut melalui kontaminasi virus pada peralatan kandang, pakan, alat angkut, dan fasilitas lain yang terdpaat didalam kandang. Terdapat dua jenis penyakit gumboro, yaitu subklinis dan klinis.

  • Gumboro Subklinis

Penyakit gumboro subklinis menyerang pada ayam muda yang umurnya kurang dari 3 minggu, pada awal serangan penyakit ini tidak timbul adanya gejala – gejala klinis. Tidak menimbulkan kematian hanya saja bila ayam sembuh dari serangan penyakit ini akan mengalami imunodepresi akibat kerusakan sel limfosit pembentukan antibodi yang berada dalam bursa fabrisius, thynus dan limpa. Saat ayam terkena penyakit tersebut ayam menjadi kebal terhadap vaksinisasi ketika terjadi kematian pada ayam kemungkinan besar terjadi akibat infeksi dari penyakit lain.

  • Gumboro Klinis

Gejala yang ditimbulkan pada ayam ketik aterserang penyakit tersebut ditandai dengan tanda – tanda ayam menjadi kurang nafsu makan, ayam menjadi lesu, terjadi peradangan di sekitar dubur, mencret putih serta berlendir. Bila terjadi infeksi secara sekunder, kesembuhan dapat terjadi dalam waktu kurang satu minggu.

Ayam yang terkena penyakit gumboro mempunyai gejala seperti nafsu makan berkurang, lesu, mengantuk, peradangan pada kloaka dan paruh ayam akan menempel ke lantai saat tidur. Cara pencegahannya dengan diberikan vaksinasi gumboro pada umur 2 minggu.

Baca juga di : 

Gejala yang Ditimbulkan Ketika Ayam Menderita Penyakit Bronkitis 

Penyakit IB disebabkan oleh Coronaviridae. Gejala yang paling terlihat pada ayam yang terkena penyakit bronkitis adalah sulitnya ayam dakam bernafas, ngorok, serta keluarnya eksudet dari mata. Pada ayam petelur dapat mempengaruhi produktifitas telur menjadi menurun 10 – 50% bentuk telur menjadi tidak normal, kerabang lunak dan kasar serta daya tetas telur menjadi menurun. Penyakit ini cepat menurunkan berat badan ayam karena ayam berkurang nafsu makannya.

Penyakit ini dapat dicegah dengan cara sanitasi kandang yang baik, pemberian vaksinasi Infectious Bronchitis (IB). Untuk sekarang ini sudah ada kombinasi vaksin berupa ND-IB yang dapat diberikan pada saat ayam berumur kurang dari 1 minggu. Jika kita memberikan vaksin IB saja maka pemberian dilakukan pada saat ayam berumur 4 hari. Pemberian dapat diulangi saat berumur 19-21 hari.

vaksinasi ayam kampung super
vaksinasi ayam kampung super

Saat ini belum ada pengobatan yang manjur yang bisa mengobati penyakit infeksi bronkitis. Namun pemberian multivitamin dapat mempercepat pemulihan penyakit ini.

Demikian beberapa penyakit yang bisa menjangkiti ayam kampung super. Untuk tahap pencegahan terhadap penyakit ayam, kita bisa melakukan sanitasi dan ventilasi kandang yang baik, menjaga kebersihan dan hindari kandang dari kelembapan, usahakan kandang cukup mendapat sinar matahari pemberian pakan minum yang berkualitas, pada periode tertentu diberikan vaksinasi berupa ND-IB (Newcastle Disease Infectious Bronchitis) dan vaksin Gumboro. Pemberian vaksinasi dihentikan minimal 1 minggu sebelum panen agar ayam terhindar dari efek vaksinasi.

Kandang dengan ventilasi baik
Contoh Kandang dengan ventilasi baik

Kata terkait:

Harga ayam kampung super petelur dibanding harga ayam potong , cara ternak ayam kampung super, prospek ayam kampung jantan pedaging, budidaya ayam kampung petelur bagi peternak pemula, kandang untuk ayam kampung super untuk 500 ekor, obat herbal gumboro, tanda penyakit gumboro, ciri ciri penyakit gumboro pada unggas, obat penyakit gumboro, penyakit pada unggas dan pencegahannya, penyakit unggas

**Yuni Ambarwati**
*

2 thoughts on “Cara Penanggulangan Penyakit Gumboro dan Infeksi Bronkitis Pada Ayam Kampung Super”

  1. Pingback: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Vaksinasi Pada Ayam Kampung Super?

  2. Pingback: Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.