5 Penyakit yang Menyerang Ayam Kampung Super dan Cara Mengatasinya – Dalam menjalankan bisnis ternak Ayam Kampung Super cukup banyak hal yang menjadi tantangan yang akan Anda hadapi. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda merawatnya dengan penuh kesabaran dan tekun Anda akan dengan mudah melewati kendala-kendala tersebut.

Saat usia ayam kampung super (joper) telah memasuki usia 3 hari ayam sudah dapat diberikan vaksin.Vaksin tersebut sangat berguna agar kekebalan tubuh ayam menjadi lebih baik dan tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Dalam memelihara Ayam Kampung Super hal yang paling ditakuti oleh para peternak adalah penyakit yang menyerang ayam. Karena faktor ini yang paling banyak menyebabkan produksi ayam kampung menurun drastis. Karena penyakit yang menyerang ayam tentu akan membuat kerugian yang cukup banyak. Kebanyakan tingginya angka kematian pada anak ayam jawa yaitu di usia 2 bulan ke bawah.

Pada usia itu ayam memang mudah terkena berbagai penyakit, namun biasanya saat ayam berusia lebih dari 2 bulan, ayam akan kebal oleh serangan penyakit namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa ayam yang sudah dewasa juga terkena penyakit. Oleh karena itu maka diperlukan pemeliharaan yang baik serta melakukan pencegahan terhadap penyakit. Faktor yang menjadi penyebab ayam mati juga bisa karena faktor pakan dan lingkungan yang kurang terjaga.

Berikan vaksin ayam yang tepat untuk ternak ayam kampung anda.

Apa saja penyakit yang menyerang ayam ?

Berikut 5 jenis penyakit yang dapat menyerang Ayam Kampung Super 

1.Gumboro

Gumboro merupakan penyakit yang menurunkan daya kekebalan tubuh ayam. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah penurunan nafsu makan dan minum, bulunya terlihat tidak rapi dan kusam, iritasi pada dubur, diare dan lesu,. Saat ayam tidur biasanya paruh diletakkan dilantai dan keseimbangannya mulai terganggu.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah penurunan nafsu makan dan minum, bulunya terlihat tidak rapi dan kusam, iritasi pada dubur, diare dan lesu.

Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh ayam, tingkat penularan virus ini sangat tinggi karena dapat menular hingga semua ayam yang berada dalam satu kandang. Virus ini menyebabkan kematian massal pada ayam. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksin yang digunakan adalah vaksin nobillis (intervet), delvax gumboro, bursavac (sterwin lab), dan lainnya.

2.Tetelo

Tetelo merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditakuti oleh para peternak, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi dan penularannya sangat tinggi pula. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah sesak nafas, batuk-batuk, jengger dan kepala kebiru-biruan, sayap lemas, lesu, tidur ngorok, nafsu makan berkurang, lumpuh, kejang-kejang dan produksi telur menurun dengan sangat drastis.

Tetelo merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditakuti oleh para peternak, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi dan penularannya sangat tinggi pula

Pada kenyataannya penyakit ini belum ditemukan obatnya, oleh karena itu ayam yang sudah terkena penyakit ini harus segera dimusnahkan untuk mencegah penularan ayam ke ayam yang lainnya. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian vaksinasi. Cara yang tepat untuk pemberian vaksinasi adalah saat ayam berumur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan dan seterusnya dilakukan 4 bulan sekali.

3.Pilek

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah nafsu makan ayam menurun drastis dan diare. Selain itu kelopak mata ayam menjadi lengket dan tidak seperti biasanya. Pada hidung mengeluarkan lendir kental yang lengket, ngorok, dan berbau busuk. Bahkan pada daerah muka dan mata terjadi pembengkakan.

Ayam Terkena Penyakit Pilek/ Snot
Ayam Terkena Penyakit Pilek/ Snot

4.Lumpuh dan Lemah

Ayam yang lemah dan lumpuh bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kekurangan makanan dan minuman. Cara mengatasi hal ini dengan menambah pakan dengan top mix dan mineral atau wonder.

Penyakit Lumpuh Pada Ayam
Penyakit Lumpuh Pada Ayam

5.Tidak nafsu makan

Ayam yang terserang penyakit ini akan mengalami nafsu makan menurun. Kemungkinan yang terjadi dan menyebabkan nafsu makan ayam turun adalah pakan yang kurang baik, kandang tidak bersih dan kondisi kandang yang terlalu panas. Biasanya untuk mengatasi hal ini bisa dengan memberikan top mix dan mengatur ventilasi pergantian udara di dalam kandang.

Bagi Anda yang ingin beternak ayam kami menyediakan DOC Ayam JOPER, Arab, Petelur, dan Pedaging atau ayam pejantan usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke berbagai daerah di Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ayam kampung super, DOC ayam kampung, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh parasit, penyakit pada unggas dan pencegahannya, macam macam penyakit pada unggas, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh bakteri, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh virus, Ternak DOC ayam kampung super, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super

*.


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: