Pengiriman DOC ke Pekalongan  – Beberapa saat yang lalu Bapak Nasruddin menghubungi kami dan bermaksud untuk memesan DOC ayam kampung super (Joper). Rencananya DOC Joper tersebut akan di kirimkan via kereta tujuan stasiun Pekalongan. Ayam kampung super pesanan Pak Nasrudin merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam bangkok dan betina ayam petelur. Dengan indukan yang berkualitas maka diharapkan anakannya juga akan mempunyai kualitas yang bagus.

Beberapa kelebihan Joper diantaranya lebih tahan terhadap penyakit, mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ayam kampung biasa, mempunyai daging yang citarasanya lezat dan padat. Daging joper juga mempunyai nilai jual yang ekonomis dan cukup tinggi dibandingkan broiler. Melihat kelebihan yang dimiliki Joper menyebabkan pergerseran minat peternak yang pada mulanya beternak broiler menjadi peternak joper.

DOC JOPER Pengiriman ke Wilayah Pekalongan
DOC JOPER Pengiriman ke Wilayah Pekalongan

Pemeliharaan JOPER sama seperti ayam kampung biasa

Beternak joper cukup sederhana karena pemeliharaannya sama seperti ayam kampung biasa. Untuk meningkatkan produktivitas dagingnya peternak perlu melakukan pemeliharaan secara intensif. Pemeliharaan yang intensif yaitu dengan pembuatan kandang tertutup dan diberi alas sekam/ litter. Pemberian pakan yang berkualitas, pembuatan kandang yang mempunyai standar sanitasi dan ventilasi yang baik, pemberian vaksinasi dan mempunyai jaringan pemasaran.

Vaksinasi ayam JOPER

Meskipun joper mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan broiler, peternak perlu melakukan usaha-usaha untuk meminimalisir joper terkena penyakit akibat virus dan bakteri. Untuk mencegah terhadap penyakit yang diakibatkan virus maka perlu dilakukan vaksinasi. Penyakit ini bisa dideteksi dengan adanya kematian yang cepat dan luas. Sedangkan untuk pencegahan terhadap penyakit yang diakibatkan bakteri maka perlu dengan menjaga kebersihan kandang. Untuk penanganan terhadap kedua penyakit tersebut dengan cara menyemprot dengan menggunakan desinfectant.

Pemberian pakan untun ayam JOPER

Setelah metode pemeliharaan dan pencegahan terhadap penyakit diketahui hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah jenis konsentrat dan pemberian multivitamin. Jika hal tersebut luput dari perhatian maka dikhawatirkan pertumbuhan joper tidak optimal. Pada awal kehidupannya joper diberikan pakan murni konsentrat (voer) hingga umur 3 minggu. Setelah umur 3 minggu ada peternak yang terus menggunakan konsentrat hingga masa panen ada yang mengkombinasikan dengan bahan pakan lainnya. Dengan alasan lebih ekonomis, banyak peternak yang mengkombinasikan dengan bahan pakan tambahan seperti bekatul, dedak atau jagung kuning giling. Jika komposisinya tepat maka tidak akan mempengaruhi pertumbuhannya secara signifikan. Pemberian multivitamin bisa dilakukan minimal 3 kali seminggu.

Doc P. Nasrudin Pekalongan
Doc P. Nasrudin Pekalongan

Pemasaran ayam JOPER setelah panen

Setelah joper berumur 60 hari maka bobotnya sudah mencapai 1 kg bahkan lebih, tergantung pola pakan dan pemeliharaan. Untuk pemasaran joper saat ini tidak menemui kendala yang berarti karena di setiap wilayah biasanya ada pengepul yang mau menampung hasil panen. Di Media sosial cukup banyak group peternak dan pengepul joper sehingga untuk memudahkan dalam pemasaran bisa bergabung dalam komunitas tersebut. Untuk peternak tradisional tetap dapat celah dalam memasarkan dengan cara memasarkan secara langsung atau dijual ke pengepul yang mau menampung hasil panen.

Proses pengiriman JOPER ke Pekalongan

Dengan melihat potensi yang dimiliki joper maka pak Nasrudin berminat untuk memelihara joper. Berada di kota Batik Pekalongan yang berada di utara pulau Jawa tidak menghalangi beliau untuk memesan ayam joper. Sebelum jadwal pengirimannya tiba, terlebih dahulu kami konfirmasi beliau estimasi kedatangan, cara pengambilan dan cara pengkondisian ayam yang baru tiba. Pengirimannya sendiri dilakukan pada sore hari dan pengambilannya dilakukan di kargo stasiun Pekalongan pada keesokan harinya.

Pengiriaman JOPER Stasiun Pekalongan
Pengiriaman JOPER Stasiun Pekalongan

Pengiriman joper diwilayah pulau Jawa kami lakukan menggunakan ekspedisi kereta api. Pengiriman via kereta cukup aman karena waktu tempuh kurang lebih dari 12 jam. DOC sendiri dalam tubuhnya masih terdapat cadangan makanan yang bertahan hingga 3 hari setelah menetas, sehingga aman selama dalam perjalanan. Pada DOC Joper pesanan Bapak Nasrudin kami kirimkan pada hari senin dan tiba di kargo stasiun Pekalongan pada hari Selasa sekitar jam 8 pagi dengan tingkat kematian sangat rendah yaitu 1 ekor. Hal itu membuktikan bahwa pengiriman via kereta cukup aman bagi unggas termasuk joper.

Hal yang perlu dilakukan peternak pada saat DOC tiba adalah:

  1. Persiapkan sarana dan prasarana kandang
  2. Menghitung jumlah DOC yang baru tiba
  3. Melakukan penimbangan DOC yang baru tiba. Jika terdapat DOC yang bobotnya dibawah rata-rata maka perlu dipisahkan guna mendapatkan penanganan yang optimal.
  4. Memberikan larutan gula merah dengan ukuran 1 sendok makan yang dicampur pada 200 ml (satu ukuran gelas belimbing) air hangat. Suhu larutan 20-24 derajat celcius. Aduk rata dan berikan.
  5. Setelah berisitarahat kurang lebih 30 menit selanjutnya dapat diberikan pakan konsentrat (voer).

Dengan pemeliharaan yang intensif disertai pola makan yang berkualitas maka joper yang kita pelihara akan menghasilkan produksi daging yang berbobot. Faktor pakan mempunyai peranan yang cukup penting guna menunjang produktivitas daging.

Setelah mengetahui ilmu pemeliharaan dan yang berkaitan dengan pemasaran yang tak kalah penting adalah mengetahui analisa usaha beternak ayam kampung super. Analisa tersebut untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan (modal pembuatan kandang, pakan, pembelian DOC, multivitamin/ suplemen, vaksin, tenaga kerja dan lain- lain. Dengan begitu kita mengetahui perkiraan keuntungan setelah dikurangi ongkos produksi, gaji karyawan, penyusutan kandang dan jenis pengeluaran lainnya.

Kalau Anda tertarik untuk mencoba ternak JOPER silahkan hubungi kami kapan saja. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk ke wilayah Jawa kami kirimkan via kereta dan untuk luar wilayah Jawa seperi Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua dan pulau-pulau lainnya kami menggunakan via pesawat. Untuk pemesanan silahkan bisa langsung hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
doc ayam kampung super pekalongan, harga dod ayam kampung super pekalongan, jual bibit atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER), ternak DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER), bibit atau doc ayam kampung super di pekalongan, budidaya ayam kampung super pekalongan, pengiriman doc

Yuni Ambarwati


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: