Berapakah Jumlah Produktivitas Telur Ayam KUB ?

Ayam Kampung Unggulan Balitnak atau biasanya disebut sebagai ayam KUB merupakan salah satu jenis ayam penghasil telur yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Ayam KUB ini merupakan ayam hasil penelitian Balai Penelitian Ternak Badan Litbang Pertanian dengan keunggulan berupa produksi telurnya yang tinggi.

Ayam Kampung Unggalan atau Ayam KUB menjadi salah satu jenis unggas yang saat ini menjadi favorit para peternak. Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan DOC Ayam KUB di hobiternak.com | image 1
Ayam Kampung Unggalan Balitnak atau Ayam KUB menjadi salah satu jenis unggas yang saat ini menjadi favorit para peternak. Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan DOC Ayam KUB di hobiternak.com | image 1

Selain itu bobot potong ayam KUB ini dapat mencapai 800 – 1000 gram/ ekor dengan masa pemeliharaan selama 10 minggu. Cara beternak ayam KUB pun dinilai cukup mudah serta efisien.

Jenis ayam KUB ini memang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam kampung pada umumnya. Ayam ini mampu dijadikan sebagai penghasil daging dan penghasil telur. Tetapi akhir – akhir ini banyak pelanggan hobiternak.com yang mencari ayam KUB untuk dijadikan sebagai penghasil telur. 

Menjaga ayam agar selalu dalam keadaan sehat dapat dimulai dari pemeliharaan pada usia DOC 1 - 28 hari | image 2
Menjaga ayam agar selalu dalam keadaan sehat dapat dimulai dari pemeliharaan pada usia DOC 1 – 28 hari | image 2

Biasanya peternak menjadikan ayam KUB  jantan sebagai ayam penghasil daging, sedangkan untuk KUB betina dijadikan sebagai penghasil telur. Kelebihan ayam KUB lainnya yakni daya tahan tubuhnya yang bagus, sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

Berapa Jumlah Produktivitas Telur Ayam KUB ?

Ayam KUB Balitnak atau KUB mempunyai produktivitas telur yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Dalam setahun ayam kampung unggulan bisa memproduksi telur sekitar 160 – 180 butir per ekor. Hal tersebut tentu jumlah yang cukup tinggi bagi jenis ayam kampung.

Jika dibandingkan dengan produksi ayam kampung biasa yang hanya sekitar 80 butir per tahun, produktivitas ayam kampung unggulan kub ini cukup bagus, karena mampu berproduksi telur dengan jumlah banyak. Selain itu, ayam kampung unggulan juga mempunyai sedikit sifat mengeram sehingga ayam hanya bertelur, berhenti sebentar kemudian dapat menghasilkan telur kembali.

Salah satu contoh bentuk kandang ayam kub petelur yang dapat peternak terapkan | image 3
Salah satu contoh bentuk kandang ayam kub petelur yang dapat peternak terapkan, dengan kandang seperti ini, peternak akan dengan mudah mengabil telur ayam kub | image 3

Kandang ayam KUB pun dibuat dengan sistem kandang baterai. Hal ini bertujuan agar peternak dapat memantau hasil telur ayam kub yang diproduksi, memudahkan peternak dalam proses pemanenan dan mengontrol kesehatan ayam. Anda bisa dapatkan kandang baterai ditempat kami juga.

Pengaruh Pakan Mempengaruhi Produktivitas Telur Ayam KUB 

Supaya ayam KUB menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak dan berkulitas, tentu syarat utamanya yakni pemberian pakan yang baik. Pakan yang diberikan peternak harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam, seperti zat gizi pendukung produktivitas telurnya. Adapun untuk kebutuhan gizi Ayam KUB petelur adalah sebagai berikut ini : 

NutrisiKebutuhan
(Umur 0 – 22 minggu)
Protein (%)16
Energi (ME, kkal/kg)2.800
Ca (%)0,9
P (%)0,4
Asam amino lisin (%)0,9
Asam amino metionin (%)0,3
Rasio energi/ protein175

Pemberian pakan pada ayam KUB ini ternyata hampir sama dengan pemberian pakan ayam kampung pada umumnya. Hanya saja, konsumsi pakan ayam KUB ternyata cukup rendah dibanding ayam kampung jenis lain. Sehingga peternak dapat dengan menghemat pengeluaran biaya untuk pembelian pakan.

Ayam KUB ini ternyata merupakan ayam yang mampu mengkonversi pakan lebih efektif. Selain itu, jenis ayam KUB ini pun lebih aditif terhadap perubahan pakan sehingga dapat meminimalisir strees karena perubahan pakan yang dilakukan oleh peternak. Walaupun demikian, tetapi usahakan peternak tidak bergonta – ganti pakan ya.

Ayam KUB atau Ayam Kampung Unggulan ini mampu menghasilkan telur dengan jumlah 2x lipat dari jenis ayam kampung biasa | image 4
Jumlah telur ayam kub yang dihasilkan jauh lebih banyak 2x lipat dari jenis ayam kampung biasa | image 4

Selain itu faktor kandang juga cukup mempengaruhi produktivitas. Kandang ayam KUB yang bersih dan kering yang dilengkapi dengan sanitasi kandang yang baik dan ventilasi yang lancar akan membuat ayam merasa nyaman dan aman di dalam kandang. Dengan demikian ayam tidak mudah terserang penyakit. Ayam yang sehat tentu akan menghasilkan telur ayam KUB yang lebih banyak dibandingkan ayam yang sakit.

Telur ayam KUB memiliki warna yang cenderung sama seperti ayam kampung biasa. Biasanya telur ayam KUB ini banyak dijadikan sebagai bahan konsumsi masyarakat dan untuk ditetaskan kembali. Telur ayam KUB yang berkualitas dapat dijadikan sebagai telur tetas, dan mempunyai beberapa ciri diantaranya :

  • Berat telur tetas sekitar 55 gram
  • Memiliki bentuk yang tidak terlalu bulat dan tidak terlalu lonjong
  • Permukaan kulit halus dan bersih
  • Cangkang tidak terlalu tebal dan tipis
  • Telur dalam kondisi masih segar
  • Usahakan agar telur ayam KUB fertil, agar dapat berpeluang tinggi menjadi DOC/ Bibit ayam KUB
  • Berasal dari indukan yang berkualitas
  • Pastikan indukan terbebas dari virus dan juga penyakit

Telur yang dihasilkan oleh ayam kampung unggulan dapat ditetaskan untuk menghasilkan ayam kampung unggulan untuk pedaging dan petelur.

Yuk Ternak Ayam KUB

Ayam kampung unggulan untuk saat ini mempunyai prospek yang menjanjikan dibanding dengan ayam kampung biasa karena keunggulan yang dimilikinya. Apalagi permintaan telur ayam kampung saat ini cenderung mengalami peningkatan dan untuk mencukupi permintaan itu tidak cukup jika hanya mengandalkan ayam kampung biasa, karena lamanya masa panen.

Kami dari hobiternak.com ready doc kub usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 5
Kami dari hobiternak.com ready doc kub usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 5

Jika Anda menginginkan untuk ternak ayam KUB ada bisa dapatkan doc/ bibit ayam KUB berkualitas di hobiternak.com. Kami dari hobiternak.com jual doc kub usia baru saja menetas dan siap untuk mengirimkan hingga ke seluruh wilayah Indonesia. 

Sedangkan untuk ayam potong atau ayam broiler tidak bisa mengisi segmen ayam kampung karena perbedaan citarasa dagingnya. Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis ternak ayam KUB, alangkah baiknya jika Anda mempelajari bagaimana menejemen pemeliharaan ayam KUB yang benar. Hal ini dilakukan agar dalam menjalankan bisnis ternak ayam dapat berjalanan dengan lancar sesuai dengan target yang ingin dicapai. 

Bagaimana ? Anda tertarik bukan untuk mengembangkan usaha ternak ayam KUB. Tunggu apalagi, yuk segera ternak ayam KUB dan dapatkan bibit ayam berkualitasnya ditempat kami.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Unggulan KUB usia baru saja menetas. Pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan harga terjangkau dan aman.

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi daftar harga doc ayam KUB 2021 lebih lengkapnya : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK telur ayam kub word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : jual doc kub, kandang ayam kub, cara beternak ayam kub, bibit ayam kub, ayam kub balitnak, pakan ayam kub, warna telur ayam kub, telur ayam kub fertil, ayam kub vs joper, harga doc ayam kub 2021

#nra

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 3: Facebook
  • image 2: hobiternak.com
  • image 4: Facebook
  • image 4: facebook.com
  • image 5: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA