WOW Masa Panen Ayam KUB Ternyata Cepat

Menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat konsumsi daging dan telur ayam yang tinggi membuat peternak banyak yang kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Munculnya fenomena tersebut membuat beberapa orang berfikir untuk mencoba terobosan baru yaitu menghasilkan jenis ayam baru yang lebih berkualitas dan memiliki masa panen yang cepat.

Dan terbukti saat ini sudah muncul jenis ayam baru yang kualitasnya tidak kalah dengan jenis ayam kampung biasanya. Ayam tersebut di namai Ayam KUB.

Ayam KUB yaitu singkatan dari Ayam Kampung Unggul Balitbangtan. Awal mula munculnya ayam KUB yaitu dari hasil riset Balai Penelitian Ternak (Balitnak) asal bogor.

Ayam KUB muncul dari hasil riset Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bogor | image 1
Ayam KUB muncul dari hasil riset Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bogor | image 1

Tujuan awal mereka membuat ayam KUB yaitu diperuntukan untuk dijadikan sebagai jenis ayam petelur. Namun semakin kesini ayam KUB tidak hanya dijadikan sebagai ayam petelur saja, namun bisa juga dijadikan ayam pedaging.

Ayam yang bisa diperuntukan sebagai ayam pedaging dan petelur disebut ayam dwiguna.

Lalu berapa lama masa panen ayam KUB?

Masa panen ayam KUB ada 2 tergantung tujuan peternak mengembangbiakkannya mau dijual apanya. Nah berikut akan kami informasikan mengenai masa panen ayam KUB.

Masa panen ayam KUB Pedaging

Saat pemeliharaan ayam KUB ditujukan untuk ayam pedaging, peternak sudah bisa memetik hasilnya pada usia 70 hari. Pada usia 70 hari, ayam KUB bisa berbobot sampai 1 kg/ ekornya.

Bobot tersebut terbilang cukup tinggi dengan waktu pemeliharaan yang singkat. Pasalnya jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa saja baru dapat mencapai bobot 1 kg pada usia 75 hari.

Jadi bisa dikatakan ayam KUB lebih unggul dalam hal masa panen.

Masa panen ayam KUB pedaging yaitu 70 hari | image 2
Masa panen ayam KUB pedaging yaitu 70 hari | image 2

Untuk pakan ayam KUB sendiri tak jauh berbeda dengan ayam kampung biasa yakni jenis konsentrat pedaging. Kami dari hobiternak.com lebih menyarankan full konsentrat dalam pemberian pakan agar target bobot dapat tercapai dengan sesuai.

Dalam pemeliharaan pun sebaiknya menggunakan sistem intensif, tujuannya agar ayam bisa lebih terjamin pakannya dan perawatannya.

Saat ini para peternak lebih sering menggunakan sistem intensif karena mempunyai banyak kelebihan dan keuntungan.

Masa panen ayam KUB petelur

Selain bisa dijadikan pedaging, ayam KUB ternyata juga bisa ditujukan sebagai ayam petelur. Jadi peternak bisa memanen telur-telur KUB dan dijual di pasaran.

Masa panen ayam KUB petelur yakni sekitar usia 5 bulanan. Ayam KUB akan mulai belajar bertelur pada usia 4,5 bulan, lalu rutin bertelur pada usia 6 bulan dan puncaknya yaitu pada usia 27 minggu.

Ayam KUB yang sudah mulai bertelur secara rutin | image 3
Ayam KUB yang sudah mulai bertelur secara rutin | image 3

Sama seperti jenis ayam petelur lainnya, ayam KUB bisa diberikan pakan jenis konsentrat petelur. Dan dari hobiternak.com juga lebih menyarankan full konsentrat dalam pemberian pakannya.

Masa produktivitas ayam KUB petelur yaitu 2 tahun. Jadi setelah 2 tahun maka ayam KUB bisa dijadikan ayam afkir dengan dijual dagingnya ke pengepul.

Kandang KUB petelur yang biasa digunakan oleh peternak yaitu jenis kandang baterai.

Penggunaan kandang baterai untuk memelihara ayam KUB sangat cocok karena peternak akan lebih mudah dalam mengumpulkan telur-telur dan bisa lebih mudah dalam perawatan jika ada salah satu ayam yang sakit.

Contoh kandang kub petelur dengan menerapkan sistem kandang baterai | image 4
Contoh kandang kub petelur dengan menerapkan sistem kandang baterai | image 4

Nah itu dia informasi mengenai masa panen ayam KUB. Dapat disimpulkan bahwa masa panen ayam KUB tergantung dengan tujuan ayam KUB tersebut dipelihara untuk apa.

Jika dijadikan pedaging maka masa panen ayam KUB yaitu 70 hari dan jika dijadikan petelur maka masa panen ayam KUB petelur yaitu 6 bulan.

Infografis WOW Masa Panen Ayam KUB Ternyata Cepat
Infografis WOW Masa Panen Ayam KUB Ternyata Cepat

Semoga informasi tersebut bermanrfaat

Semangat ternak πŸ™‚

Apabila Anda tertarik untuk memelihara ayam KUB, kami menyediakan. Tersedia DOC atau bibit ayam kub, indukan kub dan juga kub usia remaja.

Untuk pemesanan bisa menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman aman terpantau oleh tim sampai diterima oleh tangan pembeli langsung

Untuk pemesanan silahakan hubungi nomor kami di bawah ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (7 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: pertanianku.com
  • Image 2: google.com
  • image 3: Owned by the author
  • image 4: facebook.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA