Ayam KUB Mulai Bertelur Umur Berapa?

Menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat konsumsi akan telur yang tinggi membuat beberapa pihak melakukan penelitian untuk tujuan menghasilkan jenis ayam yang dapat menghasilkan telur yang banyak dan memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari jenis ayam petelur merah biasanya.

Dahulu satu-satunya jenis ayam penghasil telur yang banyak dipelihara oleh masyarakat yaitu jenis ayam petelur merah.

Karena semakin hari persentase konsumsi telur di masyarakat meningkat dan tidak di imbangi dengan produksi telur yang banyak, maka dari itu banyak peternak yang kewalahan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat. 

Permintaan telur ayam dari hari ke hari semakin meningkat | Image 1 beritamalukuonline.com
Permintaan telur ayam dari hari ke hari semakin meningkat | Image 1

Dengan fenomena tersebut, ada beberapa pihak yang memutuskan untuk melakukan penelitian dengan mengawinsilangkan beberapa jenis ayam dengan tujuan dapat menghasilkan ayam yang berkualitas dan lebih bagus dari ayam sebelumnya.

Salah satu tim yang melakukan penelitian yaitu dari Balai Penelitian Ternak, Badan Litbang Pertanian dari Bogor Jawa Barat. Mereka melakukan penelitan dengan mendatangkan indukan ayam kampung dari beberapa wilayah.

Penelitian tersebut berjalan selama 15 tahun dan hasilnya yaitu ayam KUB (Kampung Unggul Balitbang) yang saat ini mulai banyak dibudidayakan oleh peternak. 

Indukan ayam kub | Image 2 hobiternak.com
Indukan ayam kub | Image 2

Ayam KUB masuk dalam daftar jenis ayam dwiguna yaitu bisa ditujukan sebagai ayam pedaging dan petelur. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai ayam KUB sebagai jenis ayam petelur unggul. 

Ayam KUB adalah hasil seleksi dari ayam kampung selama 6 generasi yang diarahkan untuk meningkatkan produktivitas telur serta mengurangi sifat mengeram pada ayam. 

Dalam satu tahun, ayam KUB bisa memproduksi telur sampai 180 butir. Manajemen pemeliharaan ayam KUB tergolong mudah hampir sama seperti jenis ayam kampung lainnya. 

Ayam KUB mulai bertelur umur berapa?

Ayam KUB mulai bertelur pada usia 20-22 minggu dengan bobot perbutirnya yaitu sekitar 35-45 gram. Telur KUB dimanfaatkan sebagai telur konsumsi dan juga bisa dijadikan bibit atau DOC KUB pedaging. 

Baca Juga!  Analisa Usaha Ayam KUB 1000 Ekor

Ayam KUB termasuk jenis ayam parent stock jadi bisa dijadikan indukan untuk menghasilkan telur tetas. Namun karena KUB mempunyai daya eram yang rendah yaitu hanya 10%, maka dari itu untuk menetaskan telur disarankan menggunakan mesin penetas telur  saja. 

Sebelum menggunakan mesin penetas telur pahami dulu Syarat-syarat Penting dalam Penetasan Telur Ayam

KUB mulai bertelur pada usia sekitar 20-22 minggu | Image 3 Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9
KUB mulai bertelur pada usia sekitar 20-22 minggu | Image 3

Pemberian pakan saat KUB petelur memasuki masa produksi

Pemberian pakan KUB petelur yang telah memasuki masa produksi bisa diberikan 2 kali dalam sehari waktunya yaitu pagi dan sore. Kebutuhan pakannya masing-masing 80-85 gram per ekor dalam satu harinya. 

Sedangkan untuk minumnya bisa tersedia selalu di dalam kandang. Contohnya jika Anda menggunakan kandang beterai maka air sudah tersedia di peralon atau nipple dan sudah terhubung dari tandon. 

Itu dia beberapa informasi mengenai kapan ayam KUB mulai bertelur dan beberapa informasi tambahan lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Yukk ternak ayam KUB 🙂

Kami dari hobiternak.com menyediakan ayam KUB dari usia DOC, anakan, remaja dan dewasa. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Garansi sampai diterima oleh pembeli. Untuk pemesanan hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (6 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA