Apakah Ada Khasiat Ayam Cemani Untuk Kesehatan dan Penolak Bala?

Ayam cemani telah lama dikenal masyarakat sebagai ayam yang mempunyai mitos khasiat untuk kesehatan. Di samping itu bagi sebagian masyarakat bahkan meyakini jika ayam cemani dapat digunakan pada upacara atau ritual tertentu. Sebagian masyarakat menganggap ayam cemani memiliki kekuatan magis. Oleh karena itu, sejak dahulu ayam cemani sudah digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan kekuatan supranatural.

Ayam cemani merupakan ayam asli Indonesia yang pada awalnya hanya ada di wilayah Kedu, Temanggung Jawa Tengah. Pemilik pertama ayam hitam ini adalah seorang petapa sakti yang bernama Ki Ageng Mangkuhan. Namun, ayam hitam milik beliau tidak berwarna hitam keseluruhan, paruhnya berwarna putih. Suatu hari, Ki Ageng Mangkuhan sedang bertapa di makam keramat. Beliau mendapat wangsit untuk mengobati putra semata wayang seorang pejabat di daerah Kedu yaitu putra Panembahan Hargo Pikukuh yang bernama Lintang Katon. Ki Ageng Mangkuhan mengobati Lintang Katon menggunakan ayam hitam milik beliau. Ternyata Ki Ageng Mangkuhan berhasil menyembuhkan penyakit Lintang Katon. Oleh karena itu, ayam cemani dijadikan lambang kesembuhan.

Setelah berhasil mengobati penyakit, Ki Ageng Mangkuhan mengembangbiakkan ayam hitamnya dengan cara mengawinkannya dengan ayam hitam jenis lain. Hasil anakannya ternyata berwarna hitam semua termasuk paruhnya. Sejak itulah, ayam hitam ini diberi nama ayam cemani. Yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam.

Di Kedu sendiri ada ayam lain yang ciri-cirinya mirip dengan ayam cemani yaitu ayam kedu.  Ayam cemani mempunyai ciri  bulu, daging, kulit, jengger, paruh yang berwarna hitam. Untuk darah ayam cemani sendiri berwarna merah seperti layaknya darah ayam pada umumnya. Berbicara mengenai warna darah ayam cemani terkadang berujung kepada perdebatan yang kami dapati. Ada juga pembeli atau calon pembeli yang meyakini ayam cemani ada yang berdarah hitam, namun sebagi pencinta atau penghobi ayam hias kami tidak mempersoalkan itu. Karena ayam hias lebih di nikmati dari bentuk, warna maupun suara kokoknya sama sekali bukan dari warna darahnya. Dan di sini bisa menjadi tanda-tanda yang kurang baik jika pembeli menanyakan warna darahnya karena biasanya mereka tidak ingin memelihara ayam cemani ini tapi ingin mengambil darahnya. Dari warna darah itu lah mitos ayam cemani  ini terus bergulir dengan bumbu-bumbu mistis yang terkadang menyesatkan.

Ayam Cemani Dewasa
Ayam Cemani Dewasa

Ayam cemani mempunyai warna hitam karena mempunyai genetik yang unik yang disebut fibromelanosis dimana adanya mutasi gen yang membuat lapisan sel epidermis di seluruh tubuh ayam akan menghasilkan warna (pigmen) hitam.  Jadi warna hitam pada ayam cemani sebenarnya bukan berkaitan dengan mistik namun dari ilmu pengetahuan dapat dibuktikan bahwa warna hitam pada sekujur tubuhnya disebabkan karena adanya sifat genetik yang unik.

Kegunaan ayam cemani

Ayam cemani saat ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu ayam hias yang cukup berharga. Banyaknya jenis ayam hias yang saat ini ada di Indonesia tidak mengurangi animo masyarakat dalam memelihara ayam cemani. Selain sebagai ayam hias, ada yang menggunakan ayam cemani sebagai ayam untuk beberapa kegunaan lain seperti untuk upacara adat atau ritual lainnya. Ayam cemani bahkan ada yang harganya hingga puluhan juta rupiah. Harga yang mahal tersebut disebabkan beberapa keunikan pada ayam cemani dimana seluruh tubuhnya termasuk lidah dan darahnya hitam. Namun, sayangnya kami belum pernah menemui ayam cemani dengan kriteria tersebut. Biasanya yang mencari ayam cemani dengan kriteria tersebut akan membunuh ayam cemani untuk kemudian dijadikan sesajen atau tumbal.

Warna daging ayam cemani memang hitam, hal ini yang membuat sebagian orang untuk enggan mengonsumsi ayam cemani. Padahal cita  rasa daging ayam cemani tidak kalah dengan daging ayam kampung super. Sebagian orang juga meyakini bahwa banyak sekali manfaat daging ayam cemani. Memang apabila mengingat warna ayam cemani yang serba hitam, tentu langsung terbesit daging itu menakutkan, daging itu menjijikkan, dan masih banyak lagi perspektif negatif tentangnya.

Misteri ayam cemani

Selama ini banyak mitos berkembang di masyarakat yang menyebutkan bahwa ayam cemani dapat dijadikan sebagai ayam penolak bala. Sehingga banyak yang memburu ayam cemani dan dijadikan sebagai tumbal guna melindungi pemiliknya dari segala bala (bencana). Padahal dalam ajaran agama kita dilarang untuk meyakini hal-hal yang membawa kepada sifat syirik. Ayam cemani hanyalah ayam biasa yang tidak bisa memberi keberuntungan ataupun kesialan bagi siapapun.

Khasiat telur ayam cemani

Telur ayam cemani mempunyai ciri yang sama seperti telur ayam kampung biasa. Saat ini banyak yang menganggap bahwa telur ayam cemani  mempunyai warna cangkang hitam. Sehingga dengan adanya mitos ini ada yang menggunakan teknik tertentu sehingga telur cemani yang dihasilkannya berwarna hitam. Padahal saat ini belum ada cemani yang bertelur dengan warna hitam pada cangkangnya.

Telur ayam cemani juga banyak diburu oleh orang-orang yang mempunyai masalah fertilitas terutama kaum pria. Telur cemani di klaim dapat menyembuhkan masalah kesuburan pria sehingga pasien yang telah berobat ke tenaga medis akhirnya banyak yang menggunakan telur cemani untuk meyembuhkan masalah tersebut. Selain itu masih banyak khasiat telur ayam cemani.

Untuk memelihara ayam cemani cukup mudah, namun kita juga harus mengetahui makanan ayam cemani asli agar kualitas yang dihasilkan nantinya juga bagus.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Axis:
0838-6918-5523

Kata terkait:
darah ayam cemani, mitos ayam cemani, makanan ayam cemani asli, misteri ayam cemani, telur ayam cemani, manfaat daging ayam cemani, khasiat telur ayam cemani, manfaat makan daging ayam cemani

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

2 thoughts on “Apakah Ada Khasiat Ayam Cemani Untuk Kesehatan dan Penolak Bala?”

%d bloggers like this: