10 Cara Agar Ternak Puyuh Anda Tetap Sehat dan Maksimal Produksinya

Burung puyuh biasa nya ada di pegunungan atau hamparan rerumputan. Mereka hidup liar di alam. Dan sudah sejak lama burung puyuh ini mulai di ternakan.

Puyuh termasuk dalam keluarga Phasianidae. Bila dilihat dari ukuran nya puyuh termasuk burung yang menengah. Walaupun tampak kecil, burung ini akan terasa gemuk saat di pegang.

Permintaan telur burung puyuh maupun daging burung puyuh bisa dibilang cukup bagus dari waktu ke waktu.

Aneka kreatifitas dalam membuat menu makanan salah satu poin positif kenaikan permintaan telur maupun daging burung puyuh.

Nah, bagi Anda sedang atau akan beternak burung puyuh bisa simak beberapa poin berikut agar ternak Anda sehat dan produksi nya maksimal.

Permintaan telur burung puyuh dari kehari mengalaimi kenaikan | image 1
Permintaan telur burung puyuh dari kehari mengalaimi kenaikan | image 1

1. Buat ventilasi yang cukup.

Ventilasi menjadi suatu hal yang penting dalam ternak burung puyuh ini. Saat ventilasi yang didesain kurang baik maka resiko pengap di dalam kandang akan di dapati.

Bila terjadi penyebaran penyakit akan lebih mudah menyebar untuk kandang puyuh yang ventilasinya tidak bagus.

Karena penyakit atau bakteri/virus akan berputar di dalam kandang dan sedikit terbawa keluar yang di gantikan dengan udara segar.

2. Menjaga kualitas air minum.

Air minum sangat vital bagi pertumbuhan serta produktivitas. Dengan air minum yang baik maka puyuh akan mendorong puyuh untuk tumbuh optimal.

Di beberapa daerah tidak bisa dipungkiri kualitas air nya tidak bagus. Anda bisa melakukan pengecekan ke laboratorium terdekat mengenai kualitas air tanah di area kandang.

Bila kualitas nya tidak bagus sebaiknya carikan solusi atau alternatif lain agar air minum yang diberikan ke puyuh betul-betul layak untuk dikonsumsi unggas kita.

DOQ atau bibit burung puyuh usia baru saja menetas | image 2
DOQ atau bibit burung puyuh usia baru saja menetas | image 2

Baca juga :

3. Vaksinasi.

Walaupun puyuh tergolong unggas yang tahan penyakit namun tidak ada salah nya kita antisipasi dengan memberikan vaksinasi kepada ternak kita.

Vaksinasi ibarat sedia payung sebelum hujan. Berikan vaksin sesuai dengan tata cara yang tepa dan jadwal yang betul pula.

4. Kebersihan kandang yang terjaga.

Kandang yang bersih tentu saja akan membuat nyaman burung puyuh kita dan di liat pun akan terasa lebih menyenangkan.

Saat kandang kotor bukan tidak mungkin akan mengundang lalat, tikus atau bahkan bibit penyakit yang beresiko menyerang burung puyuh.

Gas amonia yang dikeluarkan dari puyuh jika menumpuk tentu saja akan memberi efek tidak bagus kepada ternak puyuh kita.

Burung puyuh yang sudah mulai bertelur | image 3
Burung puyuh yang sudah mulai bertelur | image 3

Baca juga : 

5. Minimalkan bibit penyakit yang masuk di kandang.

Dalam hal ini istilah keren nya adalah biosecurity, dengan tingkat keamanan yang baik resiko puyuh terserang penyakit juga akan berkurang. 

Pastikan hanya orang-orang tertentu yang boleh masuk ke area kandang. Karena keberadaan orang yang masuk ke kandang bukan tidak mungkin membawa penyakit dari luar kandang.

Misal nya saja pengepul puyuh atau telur puyuh, mereka biasanya juga berkunjung ke kandang lain.

Saat memasuki kandang kita bisa jadi alas kaki ataupun pakainya telah tertempel penyakit dan bisa menyebar ke kadang lain yang dia kunjungi.

6. Pisahkan puyuh yang sakit.

Bila menemukan burung puyuh yang sakit segera pisahkan dari puyuh yang sehat.

Alangkah baik nya memang menyediakan ruang khusus atau terpisah agar puyuh yang sakit benar-benar terkarantina atau terisolasi untuk meredam menyebarnya penyakit nya.

Lakukan pengobatan sesuai aturan dengan melihat indikasi puyuh yang sakit tersebut.

Perbedaan puyuh jantan dan betina | image 4
Perbedaan puyuh jantan dan betina | image 4

7. Kubur puyuh yang mati.

Bila ada puyuh yang mati segera lakukan tindakan dengan mengubur nya.

Karena jika puyuh mati tersebut disebabkan karena penyakit bukan tidak mungkin semakin lama dia di kandang maka semakin besar pula potensi puyuh tersebut menularkan penyakitnya ke puyuh lain yang masih sehat.

8. Pencahayaan yang baik.

Pencahayaan yang baik menjadi salah satu faktor puyuh bertumbuh dan produksi maksimal.

Dalam hal ini untuk puyuh betina yang sedang memulai produksi memerlukan prioritas paling tinggi dalam hal pencahayaan yang baik.

9. Hindari suara gaduh dan bising.

Suara gaduh bisa memicu muncul nya stress pada burung puyuh. Suara petasan dan suara keras lainya bisa membuat produktifitas telur nya menurun dengan drastis.

Mengkondisikan suara yang ada di sekitar kandang setenang mungkin tentu saja akan membuat puyuh tumbuh lebih optimal dengan produktivitas yang baik.

Daging burung puyuh | image 5
Daging burung puyuh | image 5

Baca juga : 

10. Kontrol secara rutin kondisi puyuh.

Dalam hal pengamatan ini sebaiknya dilakukan dengan rutin. Anda bisa melakukan nya berbarengan dengan aktivitas memberi pakan, memberi minum atau saat membersihkan kandang.

Sebaiknya memang rutinitas ini di lakukan dengan konsisten misalkan memberi pakan di pagi hari jam 7 pagi maka setiap hari komitmen jam 7 pagi puyuh sudah di beri pakan.

Kontrol rutin ini sebagai awal tidak lanjut dari 9 poin sebelum nya jika Anda menemukan hal yang bermasalah segera carikan solusi agar tidak berlarut-larut.

Hobiternak.com jual DOQ puyuh dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 5
Hobiternak.com jual DOQ puyuh dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 5

Jika Anda memiliki pengalaman lain atau mungkin ada hal yang ingin didiskusikan silahkan bisa tulis di kolom komentar. Kami senang sekali bila bisa membantu dan memberi manfaat kebaikan.

Dan jika Anda ingin mendapatkan bibit puyuh berkualitas silahkan bisa hubungi kami kapan saja. Kami sudah berpengalaman mengirimkan bibit puyuh ke seluruh penjuru Indonesia.

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : burung puyuh, kandang puyuh, ternak burung puyuh, bibit puyuh petelur, keuntungan ternak puyuh, modal ternak puyuh petelur, doq puyuh

5/5 - (7 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: modernfarmer.com
  • image 2: Owned by the author
  • image 3: Pinterest.com
  • image 4: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA