Karakteristik Ayam Batik Itali Kian Menarik Dengan Bulu Eksotis

Sesuai dengan namanya, ciri dan karakteristik ayam batik ialah ayam yang memiliki bulu bermotifkan batik yang eksotis.

Ayam ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari ayam kampung biasa. Termasuk jenis ayam yang gesit dan juga lincah sehingga terlihat lebih indah dan tentu menambah ketertarikan bagi para penggemarnya.

Ayam ini  termasuk sebagai ayam pendatang karena ayam ini bukan berasal dari Indonesia, namun budidaya ayam batik itali sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. 

Ayam batik dikenal dengan corak bulunya yang unik menyerupai kain batik jawa indah nan eksotis | image 1 Pixabay.com
Ayam batik dikenal dengan corak bulunya yang unik menyerupai kain batik jawa indah nan eksotis | image 1

Ayam batik berasal dari negara The Black Country yaitu inggris. Di Inggris sangat populer dengan nama ayam sebright, yang berasal dari nama penemu dan pembaharu proliferasi ayam batik yaitu Sir John Saunders Sebright.

Jenis ayam batik ini merupakan jenis ayam yang tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bahkan ayam batik ini termasuk ayam jinak sehingga mempunyai jumlah peminat yang cukup banyak. 

Karakteristik Ayam Batik Kanada & Itali

Di Indonesia terkenal dengan dua macam jenis ayam batik, yaitu ayam batik kanada dan juga ayam batik itali. Perlu diketahui bahwa kedua ayam ini tidak memiliki perbedaan dari corak bulunya.

Perbedaan utamanya terdapat pada warna ayam batik tersebut. Pada jenis ayam batik itali memiliki perpaduan warna bulu hitam dan putih saja. Berbeda dengan ayam batik kanada yang memiliki perpaduan warna gold atau emas dengan hitam.

Ayam batik kanada memiliki ciri khas warna bulu cokelat sedangkan ayam batik itali memiliki warna bulu silver | image 2 domesticanimalbreeds.com
Ayam batik kanada memiliki ciri khas warna bulu cokelat sedangkan ayam batik itali memiliki warna bulu silver | image 2

Jika kita amati pada postur tubuh ayam batik jantan lebih besar dari tubuhnya dibanding dengan ayam batik betina. Ayam batik betina juga cenderung memiliki tubuh ramping, kecil dan lebih agresif dari ayam batik jantan.

Pakan Ayam Batik

Ayam batik membutuhkan asupan  makanan seperti jagung yang kaya akan energi dan umumnya memiliki kandungan serat kasar yang tinggi.

Baca Juga!  Keindahan Ayam Batik Itali Yang Terdapat Pada Corak Batiknya

Selain itu pakan ayam batik lainnya yang sangat mudah ditemukan yaitu beras atau nasi, bekatul, dedak, gabah, ampas kedelai serta kacang-kacangan lainnya. Pemberian pakan yang baik dan berkualitas ini dapat membantu pertumbuhan ayam batik terutama bagi ayam batik yang sedang bertelur, supaya kulit dan cangkang telur tidak mudah retak saat di kembang biakan.

Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam terutama pada pemeliharaan ayam batik | image 3 Lazada
Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam terutama pada pemeliharaan ayam batik | image 3

Dalam pemeliharaan anakan yang berusia kurang lebih dua minggu dapat diberikan pakan voer selama tiga kali dalam sehari. Dalam pemberian voer ini diperkirakan dapat mempercepat pertumbuhan pada ayam.

Produktifitas Ayam Batik

Kelebihan Ayam jenis Batik Kanada adalah pada produktivitasnya yang cukup tinggi. Sekali produksi mampu menghasilkan 8-15 butir telur dalam sekali periode bertelur. Periode bertelur ayam batik per tahun bisa 6-7 kali setahun.

Telur ayam batik pada umumnya menetas pada usia 21 hari. Usahakan pada saat pemeliharaan anakan ayam batik peternak dapat memberikan perawatan maksimal seperti persiapan kandang, lampu/ pemanas, pakan ayam batik, dan juga vitamin.

Ayam batik memiliki kemampuan produktifitas telur yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok untuk dikembangbiakan | image 4
Ayam batik memiliki kemampuan produktifitas telur yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok untuk dikembangbiakan | image 4

Pemeliharaan dalam hal kebersihan juga sangat diperlukan. Dalam pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari, misalnya dengan membersihkan kotoran ayam maupun sisa makanan dan juga membersihkan tempat makan pada ayam tersebut.

Hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan serta keindahan pada ayam tersebut.

Silahkan bagi anda yang ingin membeli ayam batik itali, ayam batik kananda serta jenis ayam hias lainnya bisa menghubungi kami kapan saja.

Kami menyediakan ayam batik kanada dan ayam batik itali dari telur, anakan usia 1 bulan sampai usia indukan.

Pengiriman dapat kami jangkau ke berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah di pulau Jawa, pengiriman menggunakan kargo kereta api sedangkan untuk luar pulau Jawa maka pengiriman menggunakan kargo pesawat.

Baca Juga!  Ayam Kapas, Ayam Poland, Ayam Mutiara, Ayam Pelung, Ayam Batik Itali Ayam Batik Kanada Gold Pesanan Bapak Hasan di Kota Baru Jambi

Selain itu kami tidak hanya melayani permintaan unggas saja melainkan kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dengan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami di :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (7 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA