Keindahan Ayam Batik Itali Yang Terdapat Pada Corak Batiknya

Keindahan Ayam Batik Itali Yang Terdapat Pada Corak Batiknya

Ayam batik itali sering disebut dengan ayam sebright. Ayam batik itali ini terbadi menjadi dua jenis yaitu ayam batik Itali dan ayam batik Kanada. Selain Ayam batik Itali mempunyai corak bulu berwarna putih dengan ujung bulu berwarna hitam. Sedangkan ayam batik Kanada mempunyai corak bulu berwarna keemasan dengan ujung bulu berwarna hitam. Ayam batik Itali yang memiliki corak batik berwarna putih dan hitam ini merupakan jenis ayam hias yang sangat indah dan mempesona. Ayam batik Itali sangat unik dan dapat digunakan sebagi hiasan rumah. Karakteristik ayam ini terdapat pada bulunya yang seperti batik. Sekilas bulu ayam ini seperti kain batik pada umumnya yang khas di Indonesia, tetapi sebenarnya bulu ayam batik Itali memang memiliki corak natural seperti batik. Rata-rata berat ayam batik itali jantan sekitar 600 gram, sedangkan ayam batik Itali betina sekitar 500 gram. Postur tubuh dan telur ayam batik relatif kecil dibandingkan dengan jenis-jenis ayam lainnya.

Ayam Batik Itali
Ayam Batik Itali Dewasa

Asal mula ayam batik dipelopori dan dikembangbiakkan oleh Sir John Saunders Sebright dari Eropa lebih tepatnya di negara Inggris. Awalnya ayam ini memiliki club penggemar tersendiri yaitu ‘Bantam Breeds’ yang terkenal pada saat itu. Perkembangan di Indonesia sekarang juga sangat pesat, banyak yang sudah beternak atau mengembangbiakan ayam batik ini. Ayam ini tergolong ayam yang agresif,gesit dan lincah. Pada saat pemeliharaan sangat dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Tujuan utama pemeliharaan ayam batik yang berasal dari Inggris ini  bukan hanya sebagai ayam pedaging tetapi untuk ayam hias atau sebagai pameran.

Tidak hanya ayam batik Itali, di Indonesia terdapat berbagai macam ayam batik contohnya ayam batik kanada, ayam batik poland, ayam serama batik, dan masih banyak lagi jenis-jenis ayam hias lainnya.

Budidaya ayam batik Itali sangatlah mudah, cukup memperlakukannya sama seperti dengan ayam kampung biasa, tetapi kandang ayam batik Itali  jangan disatukan dengan ayam jenis lainnya. Hal ini  akan memicu terjadinya perkelahian atau pertarungan antar ayam jenis lain dan tidak menutup kemungkinan ayam batik Itali akan kalah yang berakibat ayam akan mati. Selain itu pengisolasian ayam dapat mengurangi atau mencegah terjadinya penularan penyakit. Penularan penyakit pada ayam bisa melalui makanan, udara, bersentuhan dengan ayam lain atau lalat yang hinggap pada makanan ternak tersebut. Dengan pemeliharaan yang tepat dan baik maka akan menghasilkan anakan ayam batik yang berkualitas. Dalam setahun ayam batik dapat memproduksi telur 6-7 kali dan setiap ayam batik bisa menghasilkan 8-15 butir setiap satu periode. Merupakan jumlah yang cukup banyak bukan?

Disamping itu ayam ini mempunyai kelemahan yaitu tidak pandai untuk mengerami telurnya, sehingga banyak peternak yang menggunakan mesin penetas untuk menetaskan telur ayam tersebut.

Ayam Batik Itali

Pemilihan indukan yang berkualitas juga akan mempengaruhi kualitas ayam yang Anda pelihara yakni :

1. Usahakan indukan yang akan anda kawinkan telah mencapai masa produktif (untuk ayam betina 1 tahun dan ayam jantan 1,5 tahun).

2. Letakkan ayam batik pada kandang yang proporsional (kandang dengan jumlah ayam harus sesuai, jangan letakkan ayam pada kandang yang terlalu padat)

Pakan ayam batik sangat mudah ditemukan, Anda bisa membeli BR atau Voer  di toko pakan ternak di mana saja dan harganya pun relatif murah dengan kisaran harga mulai  Rp 7.500,- per kg. Selain itu pakan tambahan yang bisa diberikan untuk ayam batik ini yaitu seperti dedak, bekatul, biji-bijian atau sayuran-sayuran hijau seperti daun kol dan daun kangkung.

Berikut merupakan daftar harga ayam batik  itali:

Ayam batik Itali 1 bulan         : Rp 100.000

Ayam batik Itali 2 bulan         : Rp 125.000

Ayam batik Itali 3 bulan         : Rp 150.000

Ayam batik Itali 4 bulan         : Rp 200.000

 Ayam batik Itali 5 bulan         : Rp 250.000

Ayam batik Itali indukan        : Rp 300.000

Ayam jantan 5 bulan              : Rp 300.000

Ayam indukan jantan             : Rp 350.000

Bagi anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam batik bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau anda yang lebih memilih bibit ayam batik ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait : 
harga ayam batik itali, budidaya ayam batik itali, pakan ayam batik, karakteristik ayam batik, ayam batik poland, anakan ayam batik, ayam serama batik,

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Batik
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: