Budidaya ayam batik itali

Budidaya Ayam Batik Itali Terkenal Di Berbagai Negara

Budidaya ayam batik itali – Budidaya ayam batik Itali merupakan salah satu kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan ternak untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan moneter, salah satunya dengan budidaya ayam batik Itali.  Budidaya ayam batik Itali ini mampu menghasilkan kurang lebih 200 butir telur tiap tahunnya sehingga memiliki banyak peminat untuk membudidayakan ayam ini, baik sebagai ayam hias maupun sebagai ayam petelur.

Mereka biasa disebut ayam batik karena memiliki bulu yang indah juga menarik. Yang tentunya seperti batik khas Indonesia.  Ayam batik Itali termasuk ayam pendatang, karena ayam ini tidak berasal dari Indonesia melainkan dari Inggris. Karena ayam ini sangat populer di negara asalnya sebutan lain dari ayam ini ialah ayam sebright, berasal dari nama penemu dan pembaharu proliferasi ayam batik yaitu Sir John Saunders Sebright.

aneka ayam hias
Ayam batik Itali

Karakteristik ayam batik ini memiliki dua jenis bulu, yang berwana putih hitam biasa disebut sebagai ayam batik Itali sedangkan untuk bulu ayam yang berwarna hitam keemasan biasa disebut sebagai ayam Kanada. Umumnya ayam batik ini memiliki tubuh yang relatif kecil dari ayam kampung biasa. Ayam ini juga termasuk dalam jenis ayam yang lincah dan gesit sehingga terlihat lebih indah juga menarik perhatian bagi kalangan penggemarnya.  Tubuh ayam jantan lebih besar dibandingkan dengan tubuh ayam betina. Ayam batik betina juga cenderung sedikit lebih agresif.

Selain itu, ayam batik masuk pada usia produktif 5 – 6 bulan. Ayam batik mampu bertelur dalam setahun 6 – 7 kali. Dalam waktu kurang lebih 21 hari telur ayam batik  akan menetas. Setelah telur itu menetas anakan ayam  dapat dipindahkan kedalam kandang yang diberi  lampu.

  1. Untuk anakan ayam yang berumur 1 – 7 hari dengan suhu lampu 60 watt.
  2. Anakan ayam yang berumur 8 – 14 hari dengan suhu lampu 40 watt.
  3. Anakan ayam yang berumur 15 – 21 hari dengan suhu lampu 25 watt.
  4. Dan pada anakan ayam yang berumur 21 – 30 hari dengan suhu lampu 15 watt.

Setelah umur anakan ayam lebih dari 40 hari, anakan ayam tidak lagi membutuhkan lampu penghangat. Karena pada usia itu anak ayam sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan setempat. Pakan merupakan 70% dari pemeliharaan ayam dengan cara memperkaya nutrisi, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dalam pemeliharaan pada anakan ayam yang berumur kurang dari dua minggu dapat diberikan pakan voer atau layer yang diselingi irisan sayur-sayuran hijau berupa kol, kangkung yang berguna untuk menjaga kesehatan ayam dan tak kalah penting kita juga dapat memberikan tambahan vitamin yang cukup. Pemberian pakan voer dilakukan selama tiga kali dalam sehari karena voer dapat membantu pertumbuhan pada ayam dengan cepat. Selain itu pemberian pakan ayam batik yang berumur lebih dari dua minggu dapat di berikan dedak, bekatul, gabah, kedelai, jagung serta  kacang-kacangan lainnya.

Budidaya ayam batik itali
Bekatul

Ayam ini merupakan jenis ayam hias yang tidak memiliki perawatan yang khusus. Akan tetapi, kita juga tetap harus memperhatikan pada kondisi kebersihan kandang tersebut. Dalam pemeliharan kebersihan pada kandang sebaiknya kita dapat melakukannya setiap hari dengan mencuci tempat pakan ayam tersebut atau membersihkan kotoran ayam maupun sisa-sisa makanan yang berguna untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan serta keindahan pada bulu ayam tersebut. Selain itu kita juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan kandang (sanitasi) pada area kandang yang merupakan usaha yang paling tepat untuk pencegahan penyakit  pada ternak kita. Kandang yang selalu dibersihkan akan membantu pertumbuhan pada ayam agar tumbuh menjadi ayam yang sehat.

Biasanya penyakit yang menyerang pada ayam batik ini terjadi karena kurangnya dalam menjaga kebersihan kandang, tempat makan maupun tempat minum yang sangat jarang dibersihkan dan menyebabkan kondisi kandang menjadi lembab. Sehingga ayam mengalami berbagai macam penyakit seperti cacingan, diare, kekurangan vitamin dan lain sebagainya.

Disini kami menyediakan berbagai macam ayam batik, mulai dari ayam batik Itali, ayam batik Kanada, ayam serama batik dan juga ayam batik Poland. Ayam batik kanada merupakan ayam yang memiliki bulu berwarna emas kehitaman.  Sama dengan ayam hias lainnya, ayam ini memiliki empat jari kaki dan memiliki jengger berwarna merah yang menyerupai bunga mawar untuk pejantannya, sedangkan untuk ayam betina tidak memiliki jengger. Kelebihan ayam batik Kanada ini merupakan salah satu ayam yang terbilang langka dikarenakan saat ini terkenal di berbagai negara. Silahkan bagi anda yang ingin membeli ayam batik kanada maupun itali bisa menghubungi kami kapan saja.

Berikut daftar harga ayam batik :

1 Bln                          : Rp 100.000

2 Bln                          : Rp 125.000

3 Bln                          : Rp 150.000

4 Bln                         : Rp 200.000

5 Bln                         : Rp 250.000

Indukan                    : Rp 300.000

Jantan 5 Bln            : Rp 300.000

Indukan Jantan       : Rp 350.000

Disamping itu, ayam batik kanada juga tidak kalah agresif dengan ayam batik itali.  Ayam ini tidak kalah cantik,gesit dan juga lincah jika dibandingan dengan ayam batik lainnya. Kedua ayam ini bisa dibilang sebagai ayam yang produktif karena lancar dalam bertelur. Bagaimana? Apakah anda tertarik dengan ayam hias jenis batik ini?

Silahkan bagi Anda yang ingin membeli ayam batik itali,ayam batik poland,ayam serama batik serta ayam hias lainnya bisa memnghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan dari Telur-Indukan ayam batik itali yang berkualitas dan dapat mengirimkan ke berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah di pulau Jawa, pengiriman menggunakan kargo kereta api sedangkan untuk luar pulau Jawa maka pengiriman menggunakan kargo pesawat terbang.

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami di :

 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait : 
harga ayam batik itali, pakan ayam batik, karakteristik ayam batik, ayam batik poland, anakan ayam batik, kelebihan ayam batik kanada, ayam serama batik,

Viky Ristiyarti

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Batik Itali
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.