Makanan Ayam Cemani Mulai dari Anakan Sampai Indukan

Ayam cemani merupakan salah satu jenis ayam hias yang mempunyai ciri khas unik. Hampir keseluruhan tubuhnya berwarna hitam. Menurut cerita dahulu, ayam cemani hanya ditemukan di Indoneia. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ayam cemani mulai menyebar sampai ke luar negeri. Warna dan suaranya yang unik membuat ayam cemani mulai populer. Meskipun sebagian orang menganggap ayam cemani menakutkan, berhubungan dengan hal mistis atau gaib, hal tidak membuat peminat ayam cemani untuk diternakkan atau penghobi ayam hias jenis cemani tidak berkurang, justru semakin meningkat. Perlu ditekankan, kami dari Jualayamhias.com tidak melayani pembelian ayam cemani yang ditujukan kecuali untuk diternakkan, misalnya seperti untuk sesajen, tumbal dan lain-lain, karena hal tersebut merujuk pada kesyirikan atau kesesatan. Manfaat ayam cemani sebenarnya sangat banyak, tidak hanya ditujukan untuk hal-hal mistis.

Makanan Ayam Cemani
Ayam Cemani usia 1 bulan

Harga ayam cemani saat ini memang sangat menggiurkan bagi peternak. Selain dipelihara karena hobi, ayam cemani juga bisa dijadikan ladang bisnis yang cukup berprospek ke depannya. Apabila Anda berminat untuk memelihara ayam cemani, Anda bisa membuka daftar harga ayam cemani.

Sebagian masyarakat menganggap ada ayam cemani lidah hitam bahkan darahnya juga berwarna hitam. Namun, kami selama ini sebagai peternak tidak pernah menemukan ayam cemani dengan kriteria tersebut. Hal itulah yang membuat kami bertanya-tanya, bagaimana cara menghitamkan lidah ayam cemani?

Makanan Ayam Cemani
Ayam Cemani

Pemeliharaan ayam cemani cukup mudah. Cara membuat kandang ayam cemani juga tidak sulit. Anda bisa menggunakan bahan dari bambu atau bahan lain yang sejenis. Namun, untuk DOC ayam cemani sangat rentan terhadap kematian apabila suhu disekitarnya terlalu rendah. Oleh karena itu, sebaiknya DOC ayam cemani ditempatkan di dalam kandang box yang diberi lampu pijar agar suhunya tetap terjaga kehangatannya. Ketika pagi hari, kandang box tersebut dipindahkan di tempat yang terkena sinar matahari. Dan ketika matahari mulai terik, kandang box tersebut dipindahkan kembali di tempat yang teduh agar suhu dalam box tidak terlalu panas. Hal ini dilakukan terus menerus hingga DOC ayam cemani berumur satu bulan.

makanan ayam cemani

Sedangkan untuk makanan ayam cemani pun tidak neko-neko, seperti harus beras ketan hitam agar warna hitamnya tetap terjaga. Karena warna tubuh tidak bergantung dari jenis makanannya, namun tergantung dari gen. Bisa kita ambil contoh, apabila kita memberi makan ayam cemani dengan semangka secara terus menerus, apakah nantinya warna ayam cemani tersebut berubah menjadi merah? Tentu tidak bukan?

Di daerah Kedu, Temanggung, peternak ayam cemani biasa memberi pakan dari konsentrat. Dan tentunya menurut takaran masing-masing berdasarkan umur. Untuk makanan anakan ayam cemani bisa diberikan pakan starter bisa berupa voer atau BR murni yang belum diberi campuran apapun. Pakan diberikan setiap kali ayam lapar karena semakin banyak ayam makan, maka pertumbuhannya akan semakin cepat namun ayam tidak boleh terlalu gemuk. Untuk 4 minggu pertama atau usia satu bulan, makanan harian sekitar 400 gram/ekor.

makanan ayam cemani
Voer

Setelah usia satu bulan, makanan ayam cemani sudah mulai dicampur bisa dengan bekatul, nasi aking, dan campuran makanan lain yang ada di sekitar Anda. Pemberian campuran ini bertujuan untuk menghemat konsentrat. Karena menurut pengalaman beberapa peternak ayam cemani, pertumbuhan ayam cemani dengan pakan konsentrat dan pakan campuran tidak ada perbedaan yang mencolok. Hal ini hanya untuk lebih menghemat dari segi ekonomis.

Saat ayam cemani memasuki usia masa bertelur, maka perlu penambahan berbagai vitamin ayam cemani, makanannya pun juga bisa ditambahkan pakan ayam petelur. Hal ini untuk menunjang produktivitas kualitas telur cemani yang dihasilkan. Cara mengawinkan ayam cemani juga tidak sulit. Hanya perlu memperhatikan beberapa hal dan juga butuh ketelitian.

Untuk pemberian makanan ayam cemani dewasa yaitu sekitar umur 8 bulan, sudah mulai diatur satu hari 2 kali. Dengan makanan berupa konsentrat petelur, jagung giling, bekatul dan campuran makanan lainnya.

Dengan pemberian pakan yang tepat, diharapkan kualitas ayam cemani, baik indukan maupun anakannya akan bagus bahkan bisa dijadikan bisnis.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Axis:
0838-6918-5523

kata terkait :
cara menghitamkan lidah ayam cemani, cara membuat kandang ayam cemani, daftar harga ayam cemani, cara mengawinkan ayam cemani, telur cemani, ayam cemani lidah hitam, manfaat ayam cemani, vitamin ayam cemani,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0856-4772-3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

2 thoughts on “Makanan Ayam Cemani Mulai dari Anakan Sampai Indukan”

%d bloggers like this: