Ayam Batik Itali

Berbagai Pakan Ayam Batik yang Mudah dan Murah

Pakan Ayam Batik cukup mudah dan murah. Ayam batik adalah sejenis ayam hias yang mempunyai corak seperti kain batik yang indah. Ayam batik memiliki 2 jenis, yaitu  ayam batik Itali dan ayam batik Kanada. Yang membedakan antara kedua jenis ayam batik tersebut dilihat dari warna bulunya. Jika warna bulu ayam batik Itali yaitu perpaduan antara hitam dan putih. Sedangkan warna bulu ayam batik Kanada yaitu perpaduan antara hitam dan keemasan. Ayam batik sering disebut dengan ayam Sebright. Pada abad ke-19 ayam batik mulai dikembangkan melalui program perkembangbiakan selektif yang dirancang untuk menghasilkan jenis ayam hias. 

Pakan Ayam Batik
Ayam Batik

Awal mulanya, ayam ini mempunyai klub penggemar tersendiri. Klub yang paling terkenal adalah ‘Bantam Breeds’. Dulu ayam batik dijadikan unggas untuk pameran. Ayam batik ini sebenarnya bukan dari Indonesia tetapi berasal dari luar negeri tepatnya di negara Inggris. Tetapi, untuk di Indonesia sendiri saat ini  sudah banyak yang mengembangbiakan bibit ayam batik ini. Ayam batik mempunyai dua jenis yaitu  ayam batik Itali dan ayam batik Kanada. Namun, berkembang nya kemajuan teknologi maka banyak peternak yang menyilangkan  ayam batik italia ini dengan ayam hias jenis lainnya. Yang kemudian menghasilkan jenis ayam batik baru, misalkan saja persilangan antara batik italia dengan ayam poland yang kemudian diberi nama ayam batik poland.

Ayam batik Itali memiliki postur yang tidak terlalu besar (relatif kecil). Karakteristik ayam batik ini yaitu nampak cantik jika dilihat dari warna bulu nya yang seperti batik. Selain itu, ayam ini juga terkenal dengan kegesitan dan kelincahannya. Ayam batik yang berjenis kelamin jantan  lebih gesit dan lincah jika dibandingkan dengan betinanya. Untuk ukuran bobot tubuh ayam batik yang berjenis kelamin  jantan ini biasanya mencapai 600 gram sedangkan ayam batik berjenis kelamin betina bobot tubuhnya   500 gram.

Harga ayam batik Itali sebagai berikut :

Ayam batik Itali 1 bulan               @ Rp 100.000

Ayam batik Itali 2 bulan               @ Rp 125.000

Ayam batik Itali 3 bulan               @ Rp 150.000

Ayam batik Itali 4 bulan               @ Rp 200.000

Ayam batik Itali 5 bulan               @ Rp 250.000

Ayam batik Itali indukan              @ Rp 300.000

Ayam batik Itali jantan 5 bulan   @ Rp 300.000

Ayam batik Itali indukan jantan  @ Rp 350.000

Usia produktif dari jenis ayam Itali yang satu ini untuk bertelur berkisar dari 5 sampai 6 bulan, tetapi akan lebih bagus lagi jika usia ayam berkisar 8 bulan sampai 12 bulan mulai dikawinkan karena hal tersebut akan menghasilkan anakan ayam batik yang tangguh sehingga tidak mudah terserang atau terjangkit penyakit.

Untuk pakan ayam batik Itali bisa menggunakan pakan kering atau basah. Kita bisa menggunakan BR atau Voer ayam biasa. Pakan ayam batik ini bisa Anda dapatkan di toko pakan ternak maupun toko pakan burung di sekitar rumah Anda. Harga pakan tersebut biasanya Rp 7.500,- per kg, cukup murah dan mudah bukan, tetapi untuk harga ini tergantung dengan daerah masing-masing .

Pakan Ayam Batik
Pakan Ayam Batik

Ayam betina dari jenis ini juga dapat bertelur sekitar 6 sampai 7 kali dengan jumlah telur sekitar 10 butir. Jika ayam batik Itali hanya bertugas bertelur tanpa harus mengerami dan mengasuh anak-anaknya maka ayam ini mampu bertelur lebih sering lagi.  Dengan begitu anak ayam batik akan lebih banyak lagi.

Penularan Penyakit

  1. Penularan penyakit dapat melalui hewan perantara
  2. Penularan melalui kontak langsung, udara, debu, pakan, air minum, petugas kandang, kendaraan keluar masuk kandang dan peralatan yang digunakan

 

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk memelihara ayam batik:

A. Persiapan Kandang

  1. Memilih lokasi kandang yang kering dan tidak lembab
  2. Kandang tidak menyatu dengan rumah (sekitar 10 m dari rumah)
  3. Kandang tidak mudah tergenang air
  4. Mempunyai ventilasi untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup
  5. Kandang diusahakan selalu dalam keadaan bersih
  6. Kandang dibuat besar supaya ayam bisa bebas berkeliaran

B. Melakukan Perkawinan

Bila Anda ingin memilih ayam untuk dijadikan indukan, Anda  bisa memilih ayam batik yang bercorak cerah dan indah, postur tubuh yang ideal, motif garis yang relatif sama ukurannya, dan tubuh ayam tidak terlalu tegak. Untuk ayam batik jantan sebaiknya hindari memilih ayam yang mempunyai bulu leher seperti ayam jago, ekor melengkung ke atas seperti ayam kipas. Ayam jantan memiliki jengger yang berguna sebagai pembeda antara ayam jantan dan betina. Perbandingan untuk ayam batik yang dikawinkan sebaiknya 1:10. Namun bila Anda menginginkan hasil yang bagus bisa menggunakan perbandingan 1:6.

C. Kebersihan Kandang

Sebaiknya kandang ayam selalu dibersihkan setiap hari. Supaya kesehatan ayam tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. Apabila kebersihan kandang ayam terjaga, kecerahan bulu ayam tetap terjaga pula. Ayam batik Itali ini keindahan dan keunikannnya terletak pada bulunya, jadi kebersihan kandang harus tetap terjaga dengan baik.

D. Pencegahan Penyakit

  1. Rutin membersihkan kandang.
  2. Rutin melakukan vaksin pada anak ayam sejak ayam berumur 4 hari.

Budidaya ayam batik Itali ini sangatlah mudah dan enak. Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari pakan ayam batik Itali, cukup membeli di toko sekitar rumah Anda. Kalau lebih mudah lagi Anda bisa membuat pakan ayam batik itu sendiri dirumah, tidak perlu repot-repot untuk pergi keluar rumah. Pemeliharaannya pun sangat mudah juga, Anda cukup memperhatikan kebersihan kandang dan ayam tersebut.

Jadi, kesimpulannya ayam batik Itali adalah ayam yang mempunyai corak bulu yang indah seperti batik. Pemeliharaan ayam ini sangatlah mudah. Pakan ayam batik ini pun dapat dibuat sendiri atau bisa membeli ditoko pakan ternak disekitar rumah Anda.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam batik itali ataupun ayam batik kanada berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau kargo hewan. Bagi Anda yang menginginkan telur Ayam Batik  untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya.  :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:

harga ayam batik itali, karakteristik ayam batik, anakan ayam batik, ayam batik poland, budidaya ayam batik itali, anak ayam batik, ayam hias

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Batik Itali
No HP
081220288686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

1 thought on “Berbagai Pakan Ayam Batik yang Mudah dan Murah”

  1. Pingback: Karakteristik Ayam Batik Itali Kian Menarik Dengan Bulunya Yang Eksotis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.