Jenis-jenis Kandang Ayam KUB Pedaging & Petelur

Selain menyediakan bibit, hal utama yang perlu diperhatikan dalam cara ternak ayam kub pemula adalah ketersediaan kandang. Dengan demikian, ayam akan merasa aman dan nyaman untuk melangsungkan proses perkembangbiakan.

Seperti hal nya dalam pembuatan kandang ayam kub pedaging harus memperhatikan berbagai faktor seperti lokasi kandang, bahan dan konstruksi, sarana dan prasarana penunjang serta jenis yang akan dibuat. 

Pada dasarnya, kandang ayam kub pedaging dapat dibuat secara intensif. Tetapi harus memperhatikan lingkungan sekitarnya sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

Untuk menentukan tempat kandang yang akan dibangun dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, peternak harus memastikan bahwa dalam jangka waktu sekitar 20 tahun tidak adanya pembangunan.

Salah satu contoh kandang ayam kb pedaging saat di dalam kandangboks | image 1
Salah satu contoh kandang ayam kub pedaging saat di dalam kandang boks |
image 1

Banyak kejadian terjadi ketika kandang Ayam KUB pedaging yang pada awalnya dibangun di lokasi yang jauh dari permukiman, seiring pesatnya kebutuhan tempat tinggal setelah 15 atau 20 tahun kemudian dikelilingi permukiman penduduk.

Pada akhirnya akan menimbulkan protes dari warga sekitar yang menuntut penutupan atau pemindahan kandang. Untuk itu, lokasi kandang  Ayam KUB pedaging sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Usahakan jauh dari tempat tinggal penduduk
  2. Tanah yang digunakan untuk mendirikan kandang mempunyai drainase yang baik
  3. Jauh dari keramaian atau tidak bising
  4. Mudah dalam mendapatkan air yang bersih
  5. Lingkungan kandang terjamin keamanannya
  6. Mudah dalam mengakses alat transportasi
  7. Aliran arus listrik terjangkau.

Baca juga : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB

Jenis-jenis Kandang

Saat ini, banyak peternak yang masih menggunakan kandang ayam kub pedaging dengan bentuk yang sederhana dan bersifat multifungsi.

Padahal idealnya, kandang dibedakan berdasarkan fungsi dan bahan  konstruksi melihat dari kepadatan, tempat pakan, tempat minum yang disesuaikan  jumlah dan usia ayam kub tersebut. 

Kandang ayam KUB terbagi menjadi beberapa model dan jenis. Anda sebagai peternak dapat memilih model dan jenis kandang yang cocok | image 2
Kandang Ayam KUB terbagi menjadi beberapa model dan jenis. Anda sebagai peternak dapat memilih model dan jenis kandang yang cocok | image 2

1. Jenis Kandang Berdasarkan Fungsi

Jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya kandang Ayam KUB  pedaging maupun petelur terbagi menjadi 3 jenis yaitu kandang starter, grower, dan layer. Untuk kandang starter digunakan untuk DOC usia baru saja menetas hingga 4 minggu.

Untuk kandang grower digunakan ayam usia 5 – 22 minggu dan yang terakhir adalah kandang layer atau pembesaran untuk usia ayam di atas 22 minggu.

1. Kandang Starter

Kandang Starter ini merupakan jenis kandang yang digunakan untuk mempersiapkan ayam yang baru saja menetas sampai usia 4 minggu, yakni ketika Ayam KUB masih belum bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan berbeda, terkhusus lagi saat masa-masa kritis atau umur 1 hari hingga 2 minggu.

Dengan itu, maka pembuatan kandang starter dibuat agak tertutup, tujuannya supaya hembusan angin dari luar bisa tertahan. Akan tetapi ventilasi udara tetap harus tercukupi dan dilengkapi alat pemanas agar suhu tubuh DOC tetap dalam kondisi hangat.

Kandang starter untuk anakan DOC KUB menggunakan bahan dasar bambu | image 3
Kandang starter untuk anakan DOC KUB menggunakan bahan dasar bambu | image 3

Kandang bok ini bisa terbuat dari bambu atau papan dengan lantai yang di aplikasikan penyekat. Pada lantai bisa ditaburi dengan sekam atau serbuk gergaji.  Hal ini bertujuan agar lantai tidak basah dan tidak lembap sehingga udara yang berada dalam ruangan lebih sehat dan bulu ayam KUB kondisinya tetap kering.

Kandang yang padat bisa menyebabkan Ayam KUB saling  berdesakan saat makan dan minum. Hal ini ayam yang memiliki tubuh kecil kalah bersaing dan semakin lemah. 

Apabila kondisi tersebut berkelanjutan maka ayam KUB akan mati akibat dari kekurangan asupan nutrisi. Selain itu, kandang yang terlalu padat akan mengakibatkan ayam saling menyerang atau mematuk (kanibal) sehingga proses akan terhambat.

Baca juga : Bagaimana Manajemen Pemeliharaan Ayam KUB yang Benar ?

2. Kandang Grower

Memasuki usia di atas 3 minggu Ayam KUB pedaging maupun petelur sudah bisa menyesuaikan dengan lingkungannya. Pada umur tersebut Ayam KUB bisa pindah ke kandang grower atau pertumbuhan. Dalam pembesaran KUB, untuk ukurannya kurang lebih hampir sama seperti kandang indukan ayam joper.

Berikut merupakan kandang grower yang dapat diterapkan pada ternak ayam kub pedaging | image 4
Berikut merupakan kandang grower yang dapat diterapkan pada ternak ayam kub pedaging | image 4

Kandang grower bisa dibuat dengan tertutup atau dinding setengah terbuka yang mana dilengkapi halaman agak luas untuk ayam bermain atau disebut dengan kandang ren. Dengan kandang tersebut akan membuat pertumbuhan ayam KUB dara ideal dan memiliki masa bertelur yang lebih lama.

Untuk pemeliharaan Ayam KUB, khususnya petelur dalam kandang grower hanya sampai berusia 70 hari dan selanjutnya dipindahkan ke kandang layer guna memasuki masa telur. Agar mudah dalam pemeliharaan alangkah baiknya kandang Ayam KUB tersebut dibuat berpetak – petak. 

3. Kandang Layer

Untuk usaha Ayam KUB pedaging tidak membutuhkan kandang layer akan tetapi hanya kandang starter dan grower saja. Sementara untuk Ayam KUB petelur pemeliharaannya dilanjutkan menggunakan kandang layer yang disesuaikan masa bertelur. Terdapat tiga model kandang Ayam KUB khusus layer yaitu:

Model Kandang Ayam KUB Petelur/ Layer

a. Kandang Baterai  

Untuk kandang baterai pada umumnya digunakan Ayam KUB petelur  yakni untuk meningkatkan produksi telur. Kelebihan dalam menggunakan kandang baterai tersebut dapat membuat telur agar tetap lebih bersih, mempermudah dalam pemeliharaan, pemantauan produksi, serta penyeleksian pengafkiran.

Salah satu bentuk kandang baterai yang banyak digunakan oleh peternak ayam kub petelur | image 5
Salah satu bentuk kandang baterai yang banyak digunakan oleh peternak Ayam KUB petelur | image 5

Kandang indukan Ayam KUB jenis baterai ini bisa terbuat dari bambu, kayu, atau kawat ram. Untuk ukuran kandang ayam indukan KUB dengan panjang 40 cm, lebar 30 cm, tinggi depan 55 cm dan tinggi belakang 50 cm serta pada tempat telur ditambah 12 cm, sehingga panjang 40 + 12 = 52 cm dengan ukuran pintu 30 x 40 cm pada bagian atas.

b. Kandang Panggung

Kandang Panggung menjadi salah satu kandang yang dapat diterapkan untuk pemeliharaan Ayam KUB pedaging. Biasanya penggunaan kandang panggung ini dilakukan pada daerah yang memiliki kontur tanah tidak rata, miring, maupun daerah berawa dengan kandungan air yang tinggi.

Jenis kandang panggung biasnaya banyak diterapkan pada daerah - daerah yang tergenang air, atau memiliki kontur tanah yang tidak rata.  | image 6
Jenis kandang panggung biasnaya banyak diterapkan pada daerah – daerah yang tergenang air, atau memiliki kontur tanah yang tidak rata. | image 6

Tetapi perlu peternak ketahui bahwa, pembuatan kandang panggung tersebut membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun, ada juga kombinasi model panggung pendek dengan halaman ditanah atau lantai.

c. Kandang Lantai 

Kandang jenis ini menggunakan lantai tanah yang ditinggikan serta ada juga yang diplester semen. Model kandang ini biasanya atapnya dibuat rendah, yakni jarak terendah antara lantai dengan atap berkisar 60 sampai 70 cm. Dengan kandang jenis ini memiliki keuntungan biayanya murah dan resiko terpaan angin kencang lebih rendah.

Baca juga : Mengenal Pakan Ayam KUB Pedaging & Petelur

2.  Jenis Kandang Berdasarkan Bahan Kontruksi

Jika dilihat dari bahan kontruksinya, kandang Ayam KUB pedaging maupun  petelur dibagi menjadi 3, yaitu:

a. Kandang Sederhana

Pada dinding kandang sederhana umumnya terbuat dari bambu atau kayu. Dan atap terbuat dari daun tebu atau daun rumbia sedangkan untuk lantai dari tanah yang ditinggikan.

Dalam pembuatan kandang sederhana peternak dapat menggunakan atap yang berasal dari rumbai - rumbai | image 7
Dalam pembuatan kandang sederhana peternak dapat menggunakan atap yang berasal dari rumbai – rumbai | image 7

Namun, ada pula kandang sederhana yang atapnya menggunakan genteng atau asbes dengan atap rendah tanpa menggunakan dinding. Untuk sekat kandang sederhana menggunakan bambu.

b. Kandang Semi Permanen

Kandang jenis ini bisa dikatakan perpaduan antara kandang sederhana dengan permanen. Untuk lantai diplester menggunakan semen, kerangka dari kayu, dinding bawah memakai batu bata atau batako.

Sedangkan untuk atap menggunakan genteng atau asbes, sedangkan sekat kandang semi permanen memakai bambu atau kayu.

c. Kandang Permanen

Untuk kandang permanen lantai terbuat dari plester semen, kerangka cor semen, dinding menggunakan batu bata atau batako dan atap dari genteng atau asbes. Untuk pembuatan sekat dapat memakai batu bata atau batako.

Kami dari hobiternak.com menjual ayam kub yang bisa dijadikan pedaging maupun petelur.

Anda tertarik untuk mengembangkan DOC Ayam KUB ? Kami jual Ayam KUB baru saja menetas berkualitas siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk jual ayam KUB Medan pun kami juga ada, dengan harga ayam kub murah dengan ongkos kirim terjangkau.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam KUB baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kandang ayam kub pedaging word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : kandang ayam kub pedaging, cara ternak ayam kub pemula, kandang ayam kub petelur, jual ayam kub, kandang doc ayam kub, perhitungan pakan ayam kub, ukuran kandang ayam indukan, kandang indukan ayam kub, model kandang ayam kub, gambar kandang ayam joper, kandang indukan ayam joper 

#nra

5/5 - (14 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: Owned by the author
  • image 2: divisare.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 3: Owned by the author
  • image 4: ternakabbas.blogspot.com
  • Image 5: facebook.com
  • image 6: blog.damarkita.com
  • image 7: google.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA