Tipe Kandang Ayam JOPER Sederhana dari Usia DOC – Panen

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam JOPER merupakan singkatan yang berasal dari tanah jawa yang berarti Jowo Super. Jenis ayam kampung super atau JOPER saat ini telah banyak diminati oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Karena memang ayam ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam pada umumnya. 

Jika dilihat dari bentuk tubuh terutama pada bulu, sekilas hampir sama dengan ayam kampung asli. Tetapi ternyata kedua ayam ini memililiki perbedaan yang sangat singnifikan.  Ayam kampung super berasal dri persilangan antara ayam Bangkok jantan dengan betina ayam Petelur. Dari persilangan kedua ayam inilah lahirlah jenis ayam yang memiliki keunggulan pada percepatan pertumbuhan daging, sehingga disebutlah menjadi ayam Jowo Super atau JOPER. 

Tipe Kandang Ayam JOPER Sederhana dari Usia DOC - Panen | gambar 1
Tipe Kandang Ayam JOPER Sederhana dari Usia DOC – Panen | gambar 1

Pemeliharan ayam yang tebilang cepat ini tentu juga harus mendapatkan perawatan yang baik sesuai menejemen. Untuk menejemen pemeliharan ayam joper ini terdiri dari pemberian pakan berkualitas, pemberian vaksin & vitamin, pengendalian penyakit dan pembuatan kandang. Salah satu hal terpenting dalam suatu peternakan adalah pembuatan kandang.

Dalam pemeliharannya ada juga peternak yang mengguakan kandang ayam joper umbaran. Pembuatan kandang ayam joper umbaran sebenarnya baik, hanya saja kurang efektif. Karena akan menghambat pertumbuhan si ayam kampung super. Pembuatan kandang yang baik sesuai dengan menejemen akan memberikan kelancaraan bagi proses pertumbuhan ayam. Membuat kandang ayam joper sederhana juga sangat disarankan. Karena dapat menekan biaya produksi dengan budget yang relatif kecil. 

Apa Saja Tipe Kandang Ayam JOPER dari DOC – Panen

Dalam pembuatan kandang hal yang pertama kali harus diperhatikan yakni dalam menentukan lokasi kandang. Lokasi kandang yang baik harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya suhu udara yang tidak terlalu dingin & panas, cukup sinar matahari, siklus udara yang baik dengan kelembaban 70% serta akses jalan yang mudah menuju kandang. 

Selain itu peternak juga perlu memperhatikan letak antara lokasi kandang dengan perkampungan masyarakat. Hal ini dikarenakan jika lokasi kandang ayam joper berdampingan dengan pemukiman masyarakat akan menyebabkan ayam mudah stres. Disamping itu masyarakat yang belum terbiasa juga akan tekena dampak bau kotoran yang menyengat.

Berikut meurpakan salah satu dari bentuk kandang pembesaran ayam kampung super | gambar 2
Berikut meurpakan salah satu dari bentuk kandang pembesaran ayam kampung super | gambar 2

Bahan baku dalam pembuatan kandang ayam joper modern sebisa mungkin memililiki harga yang terjangkau sehingga biaya dalam pembuatan kandang tidak terlalu tinggi. Adapun untuk jenis – jenis kandang pemeliharaan mulai dari usia DOC hingga – Masa Panen tiba adalah sebagai berikut ini : 

1. Kandang Starter (DOC – 2 Minggu)

 Untuk pembuatan kandang JOPER starter ini dimulai dari usia ayam 0 hari – 2 minggu.  Kandang starter ini biasaya berbentuk boks dengan ukuran 2 x 2 x 0,4 m. Ukuran kandang ini dapat menampung DOC JOPER sebanyak 100 ekor. Perlu diketahui bahwa di dalam kadang anakan ini peternak perlu memberikan lampu pemanas dengan kekuatan 5 – 4 watt. Lampu pemanas untuk ukuran kandang ayam 100 ekor sejumlah 4 buah.

Usahakan agar penempatan lampu dapat merata, karena jika tidak merata akan membuat ayam kedinginan. Untuk mengetahui apakah penggunaan lampu merata, dapat peternak lihat pada prilaku DOC. Jika DOC terlihat berkerumun di dekat lampu maka kemungkinan besar anakan atau DOC tersebut masih kedinginan. Jika masih berkerumun maka peternak perlu menambahkan jumlah lampu di dalam boks. 

Baca juga : 

Kandang starter merupakan kandang pemeliharaan DOC hingga usia 2 minggu. Didalam kandang juga terdapat lampu pemanas yang bertujuan untuk memberikan kehangatan DOC Ayam | gambar 3
Kandang starter merupakan kandang pemeliharaan DOC hingga usia 2 minggu. Didalam kandang juga terdapat lampu pemanas yang bertujuan untuk memberikan kehangatan DOC Ayam | gambar 3

Sebaliknya jika ayam terlihat menjaduh dari lampu, kemungkinan anak ayam merasa kepanasan. Sehingga peternak perlu mengganti ukuran watt yang lebih rendah. 

2. Kandang Grower ( 2 Minggu – Masa Panen)

Setelah DOC Ayam JOPER memasuki usia 2 minggu keatas, peternak dapat memindahkannya ke dalam kandang grower atau kandang pembesaran. Tipe dari kandang grower ini berbeda – beda tergantung pada tujuan pemeliharannya. 

Jika peternak memelihara dalam jumlah besar maka dapat menggunakan jenis kandang postal atau litter, dan kandang panggung. Untuk ukuran kandang tersebut peternak dapat menyesuaikan dengan kapasitas ayam yang diternakkan. Semisal ukuran kandang ayam joper 1000 ekor, ukuran kandang ayam joper 500 ekor, ukuran kandang ayam joper 50 ekor, dan ukuran kandang ayam 100 ekor.

Penggunaan kandang sistem postal dan panggung ini sangat direkomendasikan. Selain itu peternak juga perlu menerapkan pola pemeliharaan sistem intensif. Adapun untuk pejelasan lebih detail mengenai kandang postal dan panggung adalah sebagai berikut ini : 

1.Kandang Postal 

Kandang postal dibuat dengan ukuran 5 m x 3 m, dengan tinggi 3 m untuk kepadatan ayam 100 ekor.  Pembuatan kandang ini dikhususkan untuk ayam kampung super yang telah menginjak usia 2 minggu. Pada bagian lantai peternak dapat memberikan alas berupa sekam padi, jerami atau serbuk kayu dengan ketebalan 5 – 10 m. Agar alas atau litter ini tidak mudah menimbulkan jamur, peternak dapat melakukan pembalikan sekam setiap 3 – 4 hari sekali. 

Kandang Postal merupakan kandang pembesaran yang lantainya langsung bersentuhan dengan tanah | gambar 4
Kandang Postal merupakan kandang pembesaran yang lantainya langsung bersentuhan dengan tanah | gambar 4

Untuk bagian atap disarankan menggunakan asbes atau genting. Usahakan untuk tidak menggunakan atap seng, karena seng dapat menimbulkan suhu di kandang menjadi panas. 

Baca juga : 

2. Kandang Panggung 

Dalam pembuatan kandang ayam joper panggung atau kandang ayam joper tingkat sebenarnya hampir sama seperti kandang postal diatas. Perbedaannya terdapat pada latai kandangnya yang tidak menyentuh langsung dengan tanah. Lantai pada kandang panggung terbuat dari bilah – bilah bambu yang ditata dengan rapi. Penggunaan lain kandang ini bertujuan agar dapat memudahkan peternak dalam melakukan pemebersihkan kandang. Karena kotoran akan dengan mudah jatuh ke bawah kandang. 

Jarak antara tanah dengan lain kandai sekitar 1 – 1,5 m, tinggi kandang atau dinding 1,5 – 1,6 m. Sedangkan untuk jarak bilah – bilah bambu pada dinding kandang 1,5 cm – 2 cm. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara lancar. 

Kandang ayam kampung super sistem panggung | gambar 4
Kandang ayam kampung super sistem panggung | gambar 4

Untuk menghindari suhu dingin yang biasanya datang pada malam hari. Biasanya peternak memeberikan terpal pada bagian samping kandang. Sehingga ketika malam hari peternak dapat menutup kandang dengan tirai penutup. 

Memelihara ayam kampung super memang merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan, terutama untuk peternak pemula. Selain pemeliharaan yang mudah, ayam kampung yang satu ini juga memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni 60 hari saja. Citarasa daging yang empuk dan gurih membuat banyak masyarakat untuk mencoba memilihara jenis ayam ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba ternak ayam kampung, dapat juga dipesan ditempat kami. Kami menyediakan berbagai jenis ayam pedaging salah satunya jenis ayam kampung super atau joper. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk pemesanannya : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kandang ayam joper sederhana word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : kandang ayam joper panggung, kandang ayam joper modern, kandang ayam joper umbaran, kandang ayam joper tingkat, ukuran kandang ayam joper 1000 ekor, ukuran kandang ayam joper 500 ekor, ukuran kandang ayam joper 50 ekor, ukuran kandang ayam 100 ekor

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • gambar 3: Owned by the author
  • Image 5: Owned by the author
  • Image 4: blog.damarkita.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA