Kenapa Bebek Tidak Bertelur Setiap Hari? Apa Penyebabnya?

Penyebab bebek tidak bertelur setiap hari bisa karena beberapa faktor. Peternak harus mencari solusi agar bisa segera di tangani supaya tidak terjadi kerugian. 

Beternak bebek petelur adalah salah satu usaha yang cukup memberikan keuntungan bagi para peternak yang menjalaninya. Keuntungan yang didapat yaitu dari telur yang dihasilkan oleh bebek.

Semakin banyak telur yang dihasilkan oleh bebek, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapat. Bebek mojosari adalah salah satu jenis bebek petelur yang dapat menghasilkan telur dalam jumlah banyak.

Meski demikian, tidak selamanya dalam proses beternak berjalan dengan lancar. Kadangkala ada beberapa masalah atau kendala yang muncul saat proses beternak.

Salah satu kendala yang mungkin cukup sering ditemui oleh para peternak bebek petelur yaitu bebek tidak bertelur setiap hari atau berhenti bertelur.

Bagi para peternak pemula, hal ini sangat membingungkan dan menjadi satu masalah yang besar.

Pertanyaannya kenapa bebek tidak bertelur dan apa penyebab bebek tidak bertelur. Nahh, kali ini kita akan membahas beberapa penyebab kenapa bebek tidak bertelur. Simak informasi di bawah ini!!!!

Bebek tidak bertelur pasti ada penyebab yang mendasarinya. Biasanya ada beberapa penyebab bebek tidak mau bertelur. 

Ada beberapa faktor penyebab bebek tidak bertelur setiap hari | Image 1
Ada beberapa faktor penyebab bebek tidak bertelur setiap hari | Image 1

Berikut adalah beberapa penyebab bebek tidak bertelur secara maksimal atau tidak bertelur setiap hari :

1. Pakan bebek yang diberikan kurang bernutrisi

Pakan yang kurang berkualitas bisa menjadi salah satu penyebab bebek tidak bertelur. Pakan adalah faktor utama supaya bebek dapat menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. 

Kandungan pakan yang diberikan ke bebek digunakan untuk proses pembentukan telur. Kuning telur pada telur bebek mengandung banyak protein yang tinggi.

Maka dari itu, untuk mengatasi kekurangan protein bisa diberikan pakan campuran sumber protein alami seperti keong, cacing atau limbah ikan.

2. Bebek stress

Saat lingkungan tidak mendukung bagi bebek, maka mereka akan stress dan tidak bertelur.

Lingkungan yang bising serta dekat dengan jalan raya, menjadi faktor penyebab bebek tidak bertelur.

Seharusnya bebek diternak di lingkungan yang jauh dari pemukiman dan jalan raya. Jadi, bebek tidak akan terganggu dan tetap merasa nyaman saat di kandang.

3. Bebek sakit

Bebek yang sedang sakit, bisa menjadi penyebab bebek tidak bertelur. Selain itu, bisa juga disebabkan karena bebek terlalu kegemukan sehingga lemak akan menutupi saluran telur atau reproduksi.

Penyebab bebek mengalami kegemukan yaitu banyaknya pemberian pakan yang mengandung lemak yang terlalu banyak. Contohnya yaitu pemberian keong secara berlebihan.

4. Bebek sedang mengalami masa mabung (ganti bulu)

Ada masa dimana bulu bebek akan mengalami kerontokan atau biasa disebut dengan masa mabung. Masa mabung pada bebek yaitu saat bebek berusia 1 tahunan.

Pada masa ini, bebek akan beristirahat untuk tidak bertelur. Biasanya sekitar 1,5 – 2 bulanan, masa ini akan berhenti. Setelah masa mabung selesai, bebek akan bertelur kembali.

Jadi masa mabung ini menjadi salah satu penyebab bebek tidak bertelur.

5. Usia bebek sudah tidak produktif

Kemungkinan besar penyebab bebek tidak bertelur karena usia bebek sudah tidak produktif lagi.

Bebek yang berjenis kelamin betina akan bertelur pada usia 6 bulanan dan masa produktivitas paling tinggi yaitu pada usia 1 tahun.

Pada usia 1,5 tahun produktivitas telur bebek akan menurun dan secara berkala akan berhenti tidak bertelur kembali.

Biasanya jika bebek tidak bertelur lagi, maka peternak akan menjual bebek tersebut dan menggantinya dengan usia yang siap produksi atau yang masih kecil (DOD).

Baca juga : 3 Jenis Pakan Alternatif Bebek untuk Menunjang Produktifitas Telur 

Ini adalah telur yang dihasilkan oleh bebek mojosari, warnanya biru kehijauan | Image 2
Ini adalah telur yang dihasilkan oleh bebek mojosari, warnanya biru kehijauan | Image 2

Tips mengatasi bebek yang tidak mau bertelur :

1. Menciptakan kandang yang kondusif

Kondisi kandang yang baik akan memperlancar pertumbuhan bebek. Kandang yang baik yaitu kandang yang bersih, nyaman, cukup luas dan sudah di sanitasi.

2. Pelihara bebek dalam kandang yang bersih

Untuk menghasilkan bebek yang berkualitas, sebaiknya menggunakan kandang sistem intensif dan tidak diumbar.

Pastikan kandang selalu dalam keadaan yang bersih dan tidak ada sisa-sisa makanan yang tercecer. Bersihkan kandang satu hari sekali supaya tidak ada bakteri atau penyakit yang muncul.

3. Siapkan tempat mandi

Bebek memiliki sifat senang mandi dan berada di lingkungan perairan. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan tempat untuk bebek bisa bermain atau mandi di air tersebut.

Jangan lupa ganti atau buang air yang sudah digunakan bebek mandi supaya bebek tidak sering ke tempat air yang menyebabkan menjadi malas bertelur.

4. Menambahkan vitamin didalam minumannya

Untuk memperkuat ketahanan tubuh bebek, maka bisa diberikan tambahan vitamin ke air minumnya. Ini adalah cara yang cukup ampuh supaya ayam tidak mudah sakit dan tetap sehat.

5. Pemberian pakan

Bebek bisa diberikan pakan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Siapkan pakan ransum yang berkualitas dan tepat untuk di berikan ke bebek.

Jangan sekali-kali menyimpan ransum terlalu lama karena akan menyebabkan pakan menjadi busuk dan itu tidak bagus diberikan ke bebek.

Nahh, diatas adalah beberapa informasi penyebab kenapa bebek tidak bertelur sampai ke tips supaya bebek bertelur. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Selamat beternak… Semangat 🙂

Baca juga : 6 Kandang Bebek Petelur Modern yang Bisa di Terapkan

Dan jika Anda tertarik untuk beternak bebek petelur, dan bingung cari DOD bebek dimana, tenang saja. Kami dari hobiternak.com jual DOD bebek jenis lokal mojosari. Kami juga siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan kargo hewan terpercaya. Silahkan bisa hubungi nomor dibawah ini, untuk informasi lengkapnya :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK penyebab bebek tidak bertelur word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 
bebek mojosari, bebek petelur, pakan bebek, bebek, ternak bebek, bebek tidak bertelur, ilmu peternakan, jual dod bebek, dod bebek



5/5 - (14 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 2: mongondow.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA