Mengetahui Khasiat Ayam Kapas – Ayam Kapas merupakan jenis ayam hias yang cukup unik. Di Indonesia pencinta ayam hias semakin meningkat. Bulunya yang lembut layaknya sutera memang memiliki daya pikat bagi siapa saja yang menyentuhnya. Pesona Ayam Kapas memang tiada duanya, keindahan bulu serta bentuk yang unik menarik perhatian bagi yang memandangnya.

Ayam Kapas merupakan salah satu ayam hias yang berasal dari Negara China, yang sengaja oleh Marcopolo dikenalkan ke negara-negara Eropa. Jika berbicara mengenai anggota tubuhnya, tampak berbeda dengan jenis ayam pada umumnya. Bulu Ayam Kapas ini memang terlihat lembut seperti sutera, folikel antar bulu satu sama lainnya tidak melekat, itulah yang membuat bulunya menyerupai kapas atau sutera. Tidak hanya pada bulunya saja, ayam pada umumnya memiliki jari kaki berjumlah 4 buah, berbeda halnya dengan Ayam hias yang satu ini, ia memiliki jari kaki yang berjumlah 5 buah.

Berbicara soal keindahan bulu Ayam Kapas, memang cukup berbeda dibandingkan dengan yang berada di habitat aslinya. Ayam Kapas yang hidup di Indonesia memiliki tidak begitu lebat, hal ini dikarenakan pengaruh iklim di Indonesia, meskipun begitu tidak membuat para pencinta Ayam Kapas beralih untuk memelihara jenis ayam hias lainnya. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sampai saat ini Ayam Kapas tetap populer di kalangan para pecinta ayam hias.

Ayam Kapas Dewasa

Ayam Kapas Dewasa

Ayam Kapas memiliki jengger mawar dengan pial yang besar dan bergerigi dengan warna merah atau biru. Selain itu warna bulu yang bervariasi mulai dari putih, cokelat hingga hitam membuatnya terlihat semakin indah saat dipandang. Apalagi dengan bulunya yang menghiasi sampai kaki, menjadi keunikan yang cukup jarang kita jumpai pada ayam di lingkungan sekitar.  Ayam ini juga cukup produktif, karena dalam setahun dapat bertelur lebih dari 200 butir. Bagi peternak Ayam Kapas, hal ini cukup menguntungkan karena hasil telur tersebut dapat dieramkan kembali, setelah menetas akan menjadi anakan tentu akan menambah jumlah Ayam Kapas yang dibudidayakan.

Apa Saja Ciri Khas Ayam Kapas?

Ada berbagai ciri khas dari Ayam Kapas yaitu :

1. Jari Kaki Ayam Kapas

Jari kaki Ayam Kapas memang berbeda dibandingkan dengan jari ayam pada umumnya, yaitu dengan berjumlah 5 buah berbeda dengan ayam lain yang hanya berjumlah 4 buah.

2. Bulu Ayam Kapas

Sesuai dengan namanya, bulu Ayam Kapas halus seperti sutera, folikel antar bulu yang tidak melekat satu sama lain sehingga seperti kapas atau sutera.

Ayam Kapas Usia 3 Bulan2

Ayam Kapas Usia 3 Bulan

3. Daging Ayam Kapas

Ayam hias yang satu ini juga unik jika dilihat dari dagingnya bila ayam yang lain memiliki warna daging putih, sementara untuk Ayam Kapas ini memiliki daging yang berwarna hitam.

Dalam beternak Ayam Kapas tidak sulit seperti apa yang kita bayangkan, layaknya beternak Ayam Kampung, ayam ini dapat dipelihara dengan cara diumbar maupun dikandangkan. Namun, perlu mengetahui berbagai hal, ia memiliki bulu yang indah, sehingga menjaganya agar tetap bersih memang diperlukan, hal ini juga mendukungnya agar tidak mudah terkena penyakit.

Baca juga di : 

Salah satu faktor yang menyebabkan ayam mudah terkena penyakit karena kebersihan kandang maupun peralatannya yang tidak terjaga. Lingkungan yang kotor akan mempengaruhi kesehatan ayam itu sendiri. Pemberian pakan juga perlu untuk diperhatikan, Ayam Kapas yang masih anakan membutuhkan pakan yang masih lembut agar mudah dicerna. Pakan seperti voer atau br menjadi pilihan yang cukup tepat, berbeda halnya saat sudah besar pakan dapat divariasikan dengan jenis lainnya seperti dedak dan bekatul. Nasi sisa rumah tangga masih dapat dimanfaatkan untuk pakan Ayam Kapas ini. minum juga tidak lupa untuk diberikan.

Ayam kapas di negara asalnya, cukup terkenal sebagai salah satu kuliner yang enak dan lezat. dibalik rasanya yang nikmat konon memilki berbagai khasiat bagi tubuh kita. beraneka macam olahan dari daging ayam kapas cukup diminati oleh para pencinta kuliner.

Apa Khasiat Ayam Kapas Bagi Kesehatan?

1. Menambah Protein Bagi Tubuh

Protein yang tinggi pada Ayam Kapas dipercaya membuat tubuh tidak mudah lemas sehingga tidak mudah terkena penyakit

2. Menambah Nafsu Makan

Banyak berbagai olahan dari daging Ayam Kapas ini. Anak-anak terkadang mengalami penurunan nafsu makan. Dengan daging ayam kapas ini menjadi salah satu cara untuk menambah nafsu makan Ayam Kapas, dengan diolah seperti nugget dan lainnya akan membuat anak-anak tertarik

Ayam Kapas 1 bulan

Ayam Kapas 1 bulan

3. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Daging Ayam Kapas termasuk jenis asupan yang bernutrisi tinggi, dapat melancarkan metabolisme tubuh. Namun selain itu metabolisme tubuh juga dipengaruhi dari tubuh yang kekurangan olah raga dan kekurangan sayuran.

4. Cocok untuk Diet

Daging Ayam Kapas, memiliki kadar lemak yang rendah, bagi pencinta daging, jenis daging ayam kapas menjadi pilihan karena dapat mengurangi lemak. Namun sebaiknya dalam pengolahan jangan di goreng akan tetapi dikukus atau direbus.

5. Baik bagi Pertumbuhan Anak

Kandungan protein yang terdapat pada daging Ayam Kapas cukup tinggi sehingga berguna bagi perkembangan fisik anak.

6. Menambah Stamina

Mineral dan Protein yang tinggi pada daging Ayam Kapas mampu memberikan energi bagi tubuh.

Berbagai olahan daging Ayam Kapas yang semakin beraneka ragam, membuat masyarakat tidak merasa bosan untuk menikmati lezatnya daging Ayam Kapas. Selain rasa yang enak berbagai manfaat yang ada pada daging ayam ini, cukup berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Bagi anda yang ingin mencoba beternak Ayam Kapas, kami menyediakan mulai dari telur yang siap ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas. kami juga menyediakan dari usia anakan hingga indukan siap produksi yang dapat kami kirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan, untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:
ayam kapas coklat, khasiat ayam kapas, ayam kapas jantan, pakan ayam kapas, harga ayam kapas, harga ayam kapas putih, jenis ayam kapas,

Hasti Nurchayati
*


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: