Harga Ayam Pejantan Hari Ini serta Cara Pembuatan Kandang Ayam Pejantan yang Mudah – Dalam perawatan DOC ayam memang tidaklah mudah, butuh ketelitian kesabaran dan semangat yang tinggi. Karena, jika kita hanya asal – asalan dalam merawat ayam akan mengakibatkan DOC ayam lebih rentan terserang penyakit dan mudah terjadi kematia. Dengan adanya hal tersebut maka akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Pada saat membeli DOC ayam pastikan ayam dalam keadaan sehat dan dapat bertahan lama ketika sedang dalam perjalanan. Perawatan DOC Ayam juga tidak semudah yang dibayangkan tetapi relatif mudah jika kita merawatnya dengan teknik dan sistem yang baik. Kita juga harus mempelajari ilmu tentang perawatan DOC Ayam yang baik. Dengan mengetahui ilmu – ilmu yang ada serta memperdalam ilmu, akan menjadi point bagus bagi kita yang akan berternak ayam. Dan kita juga akan mendapatkan hasil yang maksimal serta keuntungan yang besar.

DOC Ayam Pejantan

DOC Ayam Pejantan

Mengembangkan bisnis ayam pejantan sudah tidak asing lagi. Dengan bisnis ayam pejantan akan memberikan nilai tersendiri. Di sebagian peternakan besar ayam pejantan hanya di anak tirikan bahkan ada yang sampai dibakar.

Daging ayam pejantan memiliki keunggulan dibandingkan dengan ayam potong tekstur daging yang dihasilkan lebih padat dan harga pasaran pun relatif mahal dibanding dengan ayam pedaging. Para pembisnis kuliner pun banyak menggunakan ayam pejantan sebagai pengganti ayam pedaging. Ayam pejantan memiliki citarasa yang lezat, terutama saat diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.

Baca juga!

Untuk perawatan ayam pejantan tidaklah sesulit merawat ayam kampung. Inilah keunggulan yang membuat banyak orang menggemari bisnis ayam pejantan. Sebagai pembisnis ayam pejantan, tentu kita harus mempersiapkan segala fasilitas yang menunjang produktifitas ayam pejantan menjadi lebih baik. Cara membudidayakan ayam pejantan cukuplah mudah, berikut langkah – langkah yang harus dipersiapkan adalah mempersiapkan modal, mempelajari teknik beternak, memiliki kandang sesuai standar, pemberian gizi yang tepat,dan menjanga kebersihan lingkungan kandang.

Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan

Untuk cara budidaya ayam pejantan tidaklah sulit, tetapi kita perlu niat dan tekad yang kuat agar sukses dalam mengembangkan ternak ayam pejantan. Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam pejantan. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamain. Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

doc ayam pejantan super

Kandang Ayam Pejantan

Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit. Untuk cara membuat kandang ayam pejantan kita harus memperhatikan faktor lingkungan sebagai berikut :

Syarat – syarat dalam pembuatan kandang meliputi :

  • Bentuk kandang yang serasih
  • Sinar matahari dapat masuk secara merata
  • Bebas dari hama dan tikus
  • Ruangan kandang cukup dengan jumlah hewan yang dipelihara
  • Disusun menggunakan kayu dari bambu

Kontruksi kandang ayam yang baik, harus memenuhi syarat agar menjamin keberlangsungan hidup ayam.

Syarat tersebut diantaranya :

1. Atap Kandang

Usahakan bentuk kandang ayam menghadap arah timur ke barat atau membujur dari arah utara ke selatan. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam kandang. Iklim kandang atau temperatur kandang berkisar antara 32,2 – 35 derajat celcius, dan kelembaban antara 60 – 70%

2. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara dapat dibantu dengan penggunaan kipas yang berfungsi meniup udara bersih masuk ke kandang (blower fan) atau kipas yang mengeluarkan udara kotor dan amoniak keluar (exhaust fan). Kipas tersebut dapat digunakan pada sistem kandang terbuka dan lebih diperlukan lagi bagi kandang tertutup.

Baca juga!

3. Dinding Kandang

Dinding kandang terbagi menjadi dua yaitu, dinding tertutup dan dinding terbuka. Pada bagian dinding terbuka sebelah kanan dan kiri, dibuat menggunakan bilah – bilah bambu, sehingga udara dapat leluasa masuk kedalam kandang. Tipe kandang ini masih digunakan oleh peternak ayam petelur maupun daging.

Pada kandang tertutup bagian dinding samping kiri dan kanan tertutup dengan tirai penuh. Sistem ini saat udara masuk benar – benar dikontrol melalui tenaga listrik yang digerakan oleh kipas. Tipe dinding kandang ini biasanya digunakan oleh peternak dalam pembudidayaan ayam dengan skala besar

4. Lantai Kandang

Kandang dapat dibedakan berdasarkan lantainya, lantai litter, lantai slat dan kombinasi lantai slat dan litter. Pada lantai slat, lantai ini dibuat dengan disemen lalu diberi alas berupa sekam, serbuk kayu atau jerami.

Untuk lantai slat biasanya dibuat pada tipe kandang panggung, rangkaian pada lantai slat dibuat menggunakan bilah – bilah bambu. Jadi kotoran ayam akan langsung jatuh ke tanah, sehingga ayam tidak langsung kontak fisik dengan kotorannya sendiri yang akan mengakibatkan terjangkitnya virus.

Pada lantai kombinasi slat dan litter, tipe lantai ini biasanya digunakan untuk kandang pembibitan. Penggunaan lantai litter bertujuan agar pejantan bisa mengawini betina dan tempat telur ayam betina, sedangkan penggunaan slat bertujuan agar lantai tidak kotor.

Harga DOC Pejantan dan Harga Jual Ayam Pejantan hari ini

Tingkat kebutuhan ayam kian hari kian meningkat. Beberapa ayam sering diandalkan sebagai bahan konsumsi, antara lain ayam broiler, ayam kampung dan ayam petelur. Bahkan ayam pejantan pun bisa diandalkan menjadi pengganti ayam-ayam potong yang biasa diggunakan.

Kualitas daging ayam pejantan hampir mendekati daging ayam kampung. Masa panen ayam jantan terbilang lebih cepat dibandingkan dengan ayam potong lainnya. Jadi untuk permintaan ayam pejantan dipasaran relatif cukup banyak. Hal ini tentu akan mempengaruhi harga ayam pejantan dipasaran, semakin banyaknya permintaan dipasaran maka akan semakin mempengaruhi harga ayam dipasaran. Biasanya harga jual ayam pejantan hari ini dengan hari berikutnya bisa mengalami perubahan. Harga ayam pejantan tersebut dapat sewaktu – waktu berubah seiring berjalannya waktu dan banyaknya permintaan dipasaran.

Baca Juga!

Harga jual ayam pejantan hari ini yang relatif mahal juga dapat mempengaruhi harga DOC ayam pejantan hari ini. Dulu DOC ayam pejantan dianggap sebagai anak tiri, peternak hanya fokus pada pembibitan ayam betina. Karena yang paling diunggulkan produktifitasnya adalah ayam betina. Jadi penggunaan DOC ayam pejantan sangat jarang, tetapi untuk sekarang peternak mulai sadar jika ayam pejantan yang dulunya tidak pernah diproduksi. Sekarang menjadi sangat menguntungkan bila diproduksi dan dikembangbiakkan secara baik. Jadi, harga DOC ayam pejantan hari ini juga akan mempengaruhi harga jual ayam pejantan hari ini dipasaran.

Harga DOC ayam pejantan hari ini Rp. 4000 – 5000 per ekor. Ini untuk harga di wilayah jawa. Harga tersebut dapat sewaktu – waktu berubah mengikuti harga yang ada di pasaran.

Dan jika Anda ingin mencoba berternak ayam pejantan, kami jual ayam pejantan usia baru saja menetas .Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
harga doc pejantan hari ini, harga jual ayam pejantan hari ini, cara budidaya ayam pejantan, cara membuat kandang ayam pejantan

Nuraaasikin:)
*.


1 Comment

Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Cara Perawatannya · October 26, 2018 at 4:10 am

[…] Harga Ayam Pejantan Hari Ini serta Cara Pembuatan Kandang Ayam Pejantan yang Mudah […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: