Harga DOC Pejantan Hari Ini – Kini ayam pejantan menjadi buruan para peternak ayam. Hal ini dikarenakan bisnis ayam pejantan memiliki keuntungan tersendiri dibanding dengan ayam ternak jenis lain. Tekstur daging ayam pejantan yang dihasilkan lebih padat dan daging ayam pejantan ini memiliki harga yang lebih tinggi dibanding ayam lain.

Ayam Pejantan sering digunakan oleh sebagian masyarakat sebagai pengganti daging ayam lain. Inilah yang menjadi peluang serta keuntungan bagi wirausaha yang sedang menjalankan usaha budidaya ternak ayam pejantan. Dengan adanya permintaan pasar yang tinggi tentunya akan mempengaruhi harga doc ayam pejantan juga. Harga DOC Ayam Pejantan Hari ini untuk wilayah Jawa berkisar Rp. 4000. Harga tersebut dapat sewaktu – waktu berubah seiring mengikuti harga pasaran yang ada.

Untuk harga jual ayam pejantan hari ini sekitar Rp. 60.000 – 65.000 ribu per kilonya. Tetapi harga tersebut dapat sewaktu – waktu mengalami perubahan mengikuti harga pasaran yang ada.

Cara Budidaya Ayam Pejantan

Ternak ayam pejantan merupakan usaha yang paling diminati di kalangan masyarakat. Ayam pejantan memberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat. Selain modal yang dikelurkan untuk beternak ayam pejantan tidak terlalu banyak, serta murahnya harga DOC Ayam pejantan membuat masyarakat berbondong – bondong untuk beternak ayam pejantan.

DOC Ayam Pejantan

DOC Ayam Pejantan

Pembudidayaan ayam pejantan sendiri tidak terlalu rumit, tetapi peternak tetap harus memperhatikan sistem pembudidayaan yang baik dan mempunyai pengetahuan tetang dunia peternakan. Karena, jika peternak tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan tentang peternakan akan mengakibatkan ayam pejantan mudah sakit dan terserang penyakit hingga mengakibatkan kematian yang akan menimbulkan kerugian besar pada usaha peternakan ayam pejantan ini.

Untuk perawatan ayam pejantan memang sangatlah mudah dibanding dalam beternak ayam jenis lain pada umunya. Inilah yang menjadi keunggulan dalam beternak ayam pejantan. Sebagai pembisnis ayam pejantan yang akan mencapai puncak kesuksesan tentunya kita akan mempersiapkan segala fasilitas penunjang produktifitas ayam pejantan. Adapun langkah – langkah yang haru dipersiapkan antara lain :

     1. Mempersiapkan Modal

Dalam memulai sebuah usaha tentunya kita akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Modal merupakan salah satu faktor terpenting dari kegiatan produksi. Bagi peternak yang baru memulai usahanya dari nol modal digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha. Ternak ayam pejantan merupakan usaha ternak yang tidak memperlukan modal yang cukup besar. Harga DOC Ayam pejantan yang relatif murah serta perawatan yang tidak terlal rumit akan memperkecil jumlah pengeluaran modal yang ada.

     2. Mempelajari Teknik Beternak

Peternak ayam pejantan memang tidak serumit perawatan yang dilakukan pada ayam jenis lain. Hanya saja peternak tetap harus memperhatikan teknik – teknik beternak yang baik dan benar. Karena jika dilakukan dengan asal – asalan akan membuat ayam mudah stres yang berujung pada penyakit dan kematian. Sehingga peternak tetap harus belajar dan memperhatian teknik beternak yang ada.

     3. Memiliki Kandang Sesuai Standar

Memiliki kandang yang sesuai standar merupakan keinginan para peternak. Dengan pembuatan kandang yang baik dan sesuai standar sterilisasi akan membuat produksi ayam pejantan semakin baik. Kandang yang sesuai standar merupakan kandang yang memiliki peralatan dan fasilitas yang lengkap. Mulai dari wadah pakan dan minum, adanya kipas yang digerakkan dengan suatu sistem dan pembersihan kandang dengan penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara rutin pada kandang.

     4. Pemberian Pakan dan Gizi yang tepat

Agar bisnis ayam pejantan tetap berjalan lancar maka pemberian pakan serta gizi seimbang pada ayam pejantan harus dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar produktivitas daging ayam yang dihasilkan lebih berisi gemuk dan padat. Pakan ternak yang baik haruslam mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi ayam.

Pakan yang baik untuk ayam pejantan antara lain :

– Jagung

pakan ayam pejantan

Jagung Untuk Pakan Ayam Pejantan

– Ampas Tahu

Ampas Tahu

– Bekatul

pakan ayam pejantan

Bekatul Untuk Pakan Ayam Pejantan

– Keong

Keong mas

– Tepung Ikanternak bebek petelur

– Tepung Kerangternak bebek petelur

 

– Sorgum

Sorgum

      5. Menjaga Lingkungan Kandang

Kesehatan ayam pejantan bergantung pada kebersihan kandang yang ada. Kandang yang sehat dan dibersihan secara rutin akan memberikan kenyaman bagi ayam dan peternak. Ayam menjadi sehat tidak mudah stres dan produksi daging dapat terus tumbuh hingga mempunyai tubuh yang gempal. Kandang yang sehat harus dibersihkan dan disemprot setiap dua minggu sekali.

      6. Vaksinasi Rutin

Pemberian vaksinisasi yang rutin pada ayam pejantan sangat dianjurkan. Ini dilakukan agar ayam tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit atau virus mematikan. Ayam Pejantan biasanya divaksin setiap seminggu sekali. Dengan pemberian vaksinasi ayam yang rutin akan membuat ayam kebal terhadap penyakit.

Baca lebih lanjut :

Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan

Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam pejantan. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamin. Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

doc ayam pejantan super

Kandang Ayam Pejantan

Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyamanan dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah stres pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.

Kontruksi kandang ayam yang baik, harus memenuhi syarat agar menjamin keberlangsungan hidup ayam.

Syarat tersebut diantaranya :

     1. Atap Kandang

Usahakan bentuk kandang ayam menghadap arah timur ke barat atau membujur dari arah utara ke selatan. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam kandang.Iklim kandang atau temperatur kandang berkisar antara 32,2 – 35 derajat celcius, dan kelembaban antara 60 – 70%

     2. Dinding Kandang

Dinding kandang terbagi menjadi dua yaitu, dinding tertutup dan dinding terbuka. Pada bagian dinding terbuka sebelah kanan dan kiri, dibuat menggunakan bilah – bilah bambu, sehingga udara dapat leluasa masuk kedalam kandang. Tipe kandang in masih digunakan oleh peternak ayam petelur maupun daging.

Pada kandang tertutup bagian dinding samping kiri dan kanan tertutup dengan tirai penuh. Sistem ini saat udara masuk benar – benar dikontrol melalui tenaga listrik yang digerakan oleh kipas. Tipe dinding kandang in biasanya digunakan oleh peternak dalam pembudidayaan ayam dengan skala besar

     3. Lantai Kandang

Kandang dapat dibedakan berdasarkan lantainya, lantai litter, lantai slat dan kombinasi lantai slat dan litter. Pada lantai slat, lantai ini dibuat dengan disemen lalu diberi alas berupa sekam, serbuk kayu atau jerami.

Untuk lantai slat biasanya dibuat pada tipe kandang panggung, rangkaian pada lantai slat dibuat menggunakan bilah – bilah bambu. Jadi kotoran ayam akan langsung jatuh ke tanah, sehingga ayam tidak langsung kontak fisik dengan kotorannya sendiri yang akan mengakibatkan terjangkitnya virus.

Pada lantai kombinasi slat dan litter, tipe lantai ini biasanya digunakan untuk kandang pembibitan. Penggunaan lantai litter bertujuan agar pejantan bisa mengawini betina dan tempat telur ayam betina, sedangkan penggunaan slat bertujuan agar lantai tidak kotor.

Bagi Anda yang ingin beternak ayam pejantan kami menyediakan DOC nya atau ayam pejantan usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke berbagai daerah di Indonesia. Untuk pemesanan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
harga doc pejantan hari ini, harga jual ayam pejantan hari ini, cara budidaya ayam pejantan, cara membuat kandang ayam pejantan

Nurasikin:)


1 Comment

Harga Daging Pejantan Hari Ini Dan Berbagai Manfaat yang Terkandung Dalam Daging Ayam · November 3, 2018 at 6:18 am

[…] diminati oleh sebagian masyarakat, karena daging ayam pejantan hampir mirip dengan ayam kampung. Harga jual ayam pejantan hari ini lebih tinggi dibanding dengan ayam broiler karena tekstur daging ayam pejantan ini hampir sama […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: