Cara Memilih Bibit Bebek Peking Berkualitas

Bibit Bebek Peking – Usaha bebek pedaging adalah salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Saat ini beternak bebek pedaging sudah menunjukkan perkembangan yang pesat semenjak tahun 2002. Saat ini permintaan pasar akan bebek pedaging semakin meningkat. Di buktikan dengan harga bebek yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Namun ironisnya sampai saat ini peternakan bebek masih tergolong sedikit. Mereka belum menggunakan sistem intensif dan terpadu alasannya karena harga pakan bebek yang mahal. Padahal sebenarnya pakan ternak bebek itu cukup mudah dan bisa di buat alternatif pakan yang lain. Para peternak lebih mengandalkan dengan sistem yang tradisional seperti di angon yang bisa dilihat di daerah-daerah pedesaan. Saat panen padi para peternak bebek mengumbar di sawah-sawah agar bisa mencari makan sendiri tanpa harus membeli pakan. Namun, sayangnya masa panen padi hanya sekitar 3 bulan dan diluar itu para petani mengurangi jumlah bebek yang dipelihara. Hal tersebutlah yang membuat pasokan bebek tidak stabil.

Ternak Bebek Pedaging Sebagai Solusi Meningkatnya Kebutuhan Daging Bebek
DOD Bebek Peking

Dengan adanya hal tersebut memungkinkan peternak sadar bahwa beternak bebek pedaging memiliki prospek yang cukup bagus. Adapun untuk tahapan pertama yang dapat peternak lakukan yakni dengan memilih bibit bebek dengan kualitas baik. 

Pemlihan bibit peking yang baik tentunya akan mempengaruhi masa pertumbuhan bebek. Bebek akan tumbuh dengan baik secara bersamaan dan tidak mudah terserang berbagai penyakit. Dan untuk jenis bebek yang saat ini cukup banyak diminimati oleh masyarakat yakni jenis bebek peking. Bebek Peking ini banyak dikembagkan oleh masyarakat karena memiliki keunggulan – keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis bebek lainnya.  

Bebek peking ini banyak dikembangkan oleh masyarakat sebagai penghasil daging. Adapun alasan – alasan peternak memilih beternak bebek peking sebagai berikut ini :  

  • Memiliki pertumbuhan yang cepat, yakni selama 45 hari
  • Bobot yang dihasilkan cukup tinggi, sekitar 1,5 – 2 kg per ekornya
  • Bebek lebih tahan terhadap penyakit
  • Proses budidaya bebek yang mudah dipraktekkan
  • Peminat daging bebek yang stabil 

Banyak dari peternak yang memulai beternak bebek peking dari usia anakan atau bisa disebut usia baru saja menetas. Dan peternak menyebutnya sebagai DOD Bebek atau Day old Duck 

Bibit bebek peking atau DOD Bebek Peking kebanyakan orang menyebutnya yaitu bibit bebek yang berusia baru saja menetas. Bibit bebek peking sangat penting  bagi awal mula beternak bebek peking. 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam beternak Bebek Peking :

1. Pemilihan Bibit

Berikut adalah 3 cara memilih bibit bebek yang baik :

Dalam beternak tetu yang diinginkan peternak adalah jenis bibit yang baik dan berkualitas. Karena dengan bibit/ DOD bebek yang baik akan menghasilkan ternak yang maksimal sesuai target pula. Adapun untuk mengetahui jenis bebek yang unggu maka peternak harus dapat mengetahui beberapa poin dibawah ini :

  • Memilih telur tetas dari indukan bebek yang unggul
  • Memelihara induk bebek yaitu pejantan dan betina yang unggul dengan tujuan dapat menghasilkan telur tetas dan kemudian bisa diletakkan di ayam atau mesin penetas
  • Membeli DOD (Day Old Duck) yang berkualitas. Ciri DOD yang berkualitas dan baik yaitu tidak cacat atau sakit dan memiliki bulu berwarna kuning mengkilap.
DOD Peking KW
DOD Peking KW

2. Perawatan Bibit dan Calon Induk

Bibit yang baru saja diterima hendaknya langsung ditangani. Penanganannya yaitu bibit diterima dan langsung ditempatkan di kandang brooder (indukan). Untuk kandang brooder harus perlu adanya perhatian yang intensif. Usahakan anak bebek tersebar secara merata. Untuk 1 brooder (box) untuk 1 m2 dapat menampung 50 ekor DOD.

Harga bebek peking memiliki perbedaan. Untuk harga bebek peking dewasa sekitar 35.000 namun untuk harga bibit bebek potong sekitar 10.500 ke atas. Namun untuk harga bebek peking siap potong biasanya sekitar 30.000.

Beternak Bebek Peking
Bebek Peking

Kami jual bibit bebek peking Jawa Timur, Jawa Barat dan daerah lainnya yang bisa kami jangkau. Untuk pengiriman kami menggunakan via kereta api dan pengambilan dikargo stasiun. Sedangkan untuk luar pulau Jawa kami kirimkan via pesawat pengambilan di kargo bandara.

Baca juga di : 

Apabila Anda tertarik untuk membeli atau beternak bebek peking kami hobiternak.com menyediakan. Kami jual DOD bebek peking, hibrida dan mojosari. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.Silahkan hubungi segera tim layanan pelanggan kami di :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Bibit Bebek Peking word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait :
jual bibit bebek peking jawa timur, jual bibit bebek peking di jawa barat, harga bebek peking siap potong, harga bibit bebek potong, harga bebek peking dewasa, jual dod bebek peking

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

_Meilani Sawitri_
*.

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 2: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA