Perbedaan Antara Beternak Tradisional/ Ekstensif, Semi Intensif dan Intensif Saat Budidaya Ayam Kampung Super

Beternak Ayam Kampung Super – Dalam budidaya Ayam Kampung Super atau ayam joper, kita mengenal berbagai metode beternak yang umumnya digunakan. Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan. Perbedaan tersebut terletak pada pemeliharaan, perkandangan, pemberian pakan ayam joper, minum dan peran serta peternak dalam pengelolaan ternak tersebut. Metode yang digunakan yaitu tradisional atau disebut juga ekstensif, semi intensif dan peternak modern menggunakan cara intensif.

3 Metode Ternak Ayam Kampung yaitu tradisional, semi intensif dan intensif
3 Metode Ternak Ayam Kampung yaitu tradisional, semi intensif dan intensif

Setiap peternak memiliki metode sendiri-sendiri balam beternak ayam. Berikut akan kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan beberapa metode ternak yang ada.

Apa yang dimaksud dengan beternak cara tradisional?

Beternak cara tradisional yaitu budidaya ayam kampung super dengan cara diumbar dan kandang yang belum memenuhi syarat kandang yang baik, peternak kurang berperan dalam pengelolaannya. Sistem ini tergolong pemeliharaan yang membutuhkan biaya yang cukup murah karena pemberian pakan dan minum masih menggunakan pakan yang seadanya serta belum diberikan pemberian multivitamin. Kandang masih sederhana, untuk ventilasi belum begitu dilaksanakan dengan kaidah yang baik.

Beternak dengan sistem tradisional tidak memerlukan biaya yang mahal hanya saja biasanya ayam kurang terpenuhi dalam hal pakan
Beternak dengan sistem tradisional tidak memerlukan biaya yang mahal hanya saja biasanya ayam kurang terpenuhi dalam hal pakan

Kelebihan beternak tradisional:

  1. Berbiaya rendah.
  2. Peternak tidak terlalu terlibat dalam pemeliharaan.

Kekurangan beternak tradisional:

  1. Produktivitas masih rendah.
  2. Ayam mudah terjangkit penyakit karena pemeliharaan yang tidak baik dan intensif.
  3. Ayam yang dihasilkannya kurang berkualitas untuk dijadikan indukan karena perkawinan masih dilakukan dengan sembarang antar ayam.

Pada umumnya peternak yang menggunakan metode ini adalah peternak yang mempunyai unggas dalam jumlah yang belum begitu banyak dan tujuan pemeliharaan hanya untuk kepentingan keluarga.  Dari sisi pengeluaran memang metode ini membutuhkan biaya yang murah namun produkivitas ayam kampung juga masih rendah. Jadi jika untuk tujuan bisnis tentu saja cara ini kurang efisien.

Baca lebih lanjut : 

Beternak Secara Semi Intensif

Sedangkan beternak secara semi intensif sudah menggunakan cara yang lebih baik dibandingkan cara tradisional. Sistem ini sudah menggunakan kandang dan pemberian pakan dan minum namun peternak masih mengumbarkan ayam yang dipelihara. Cara ini banyak digunakan peternak kelas menengah yang belum mengetahui cara beternak yang efektif. Metode ini masih mempunyai banyak kelemahan karena peternak belum menerapkan vaksinasi, kandang juga belum mempunyai ventilasi yang baik. Jadi jika ada wabah penyakit, peternak masih belum begitu mahir mengatasinya.

Beternak ayam dengan sistem semi intensif yaitu peternak sudah menggunakan kandang namun kadang masih di umbar
Beternak ayam dengan sistem semi intensif yaitu peternak sudah menggunakan kandang namun kadang masih di umbar

Kelebihan beternak secara semi intensif:

  1. Biaya pemeliharaan masih rendah.

Kekurangan beternak semi intensif:

  1. Produktivitas masih belum maksimal.
  2. Ayam masih mudah terjangkit penyakit karena pakan dan minum masih belum terkontrol gizinya yang menyebabkan stamina belum stabil.

Beternak Secara Intensif

Bagi para peternak profesional, yang bertujuan untuk mengembangkan usaha untuk menunjang pendapatan menggunakan cara beternak secara intensif. Cara ini membutuhkan ilmu pengetahuan, modal yang cukup dan pengelolaan kandang dan pemeliharaan ayam dengan cara yang tepat.

Untuk peternak yang ingin mengembangkan usahanya lebih besar, kami sarankan menggunakan kandang dengan sistem intensif karena ayam akan selalu terkontrol
Untuk peternak yang ingin mengembangkan usahanya lebih besar, kami sarankan menggunakan kandang dengan sistem intensif karena ayam akan selalu terkontrol

Kelebihan beternak intensif:

  1. Produktivitas cukup tinggi.
  2. Pengelolaan kandang sudah memenuhi kaidah yang baik. Sanitasi dan ventilasi cukup baik.
  3. Ayam mempunyai badan yang lebih berbobot karena pemberian pakan dan minum sudah diberikan secara teratur.
  4. Ayam lebih berstamina karena pemberian multivitamin dan ditunjang dengan vaksinasi secara teratur.
  5. Pengelolaan lebih teratur
  6. Ayam tidak mudah tertular penyakit karena pengelolaan kandang yang baik dan peternak mengetahui cara menanggulangi tertularnya penyakit ayam.
  7. Ayam yang dihasilkannya lebih seragam.
  8. Kualitas ayam yang dihasilkannya lebih bagus karena peternak menerapkan persilangan ayam dengan indukan yang berkualitas.

Kekurangan beternak intensif:

  1. Membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Di dalam ternak DOC ayam kampung superpeternak harus mengetahui tujuan pemeliharaan. Jika tujuan untuk komersial tentu lebih efektif jika menggunakan cara intensif. Memang pada awalnya memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun hasilnya bisa diharapkan. Saat ini cukup banyak peternak yang kandang ayam jawa super (JOPER) nya menerapkan sistem intensif. Alasannya karena mereka tahu jika cara beternak ayam kampung biar cepat besar yaitu salah satunya menggunakan sistem intensif. Bagi pemula, beternak bisa memulai dari jumlah yang tidak terlalu banyak sehingga bisa meminimalisir resiko kerugian.

Keuntungan ternak ayam joper

Harga DOC ayam joper yang ditawarkan dipasaran relatif cukup terjangkau. Peternak dapat dengan mudah beternak ayam kampung super, karena tempat penyedia DOC ayam kampung super sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia salah satunya di hobiternak.com . Peluang usaha ini sangat menguntungkan bagi peternak, keuntungan pun dapat didapatkan dengan mudah, harga ayam joper siap panen juga relatif tinggi. Dengan perawatan yang baik dan intensif akan menghasilkan ayam yang sehat dan berdaging.

Kita dapat mendatangi peternak yang membuka usaha jual DOC ayam kampung super. Dengan begitu peternak yang akan mencoba berwirausaha dengan beternak DOC ayam kampung Super  langsung bisa  pesan DOC ayam kampung super. Selama persediaan DOC ayam kampung super masih ada atau menunggu untuk ditetaskan maka DOC ayam kampung super siap kirim.

Bagi anda yang ingin beternak Ayam Kampung Super, kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super. Selain itu kami juga sedia doc ayam kub, broiler, arab, pejantan dan masih banyak lagi. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan hunungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:

kandang ayam jawa super, ayam joper, harga ayam joper, cara beternak ayam kampung biar cepat besar, pakan ayam joper, harga doc ayam joper , ayam kub,ternak doc ayam kampung super, harga doc ayam kampung super, budidaya ayam kampung super

**Yuni**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: