Bagaimana Cara Membuat Kandang Ayam Cemani yang Benar dan Ideal?

Dalam pemeliharaan ayam cemani, tidak banyak berbeda saat kita memelihara ayam kampung biasa. Agar ayam cemani selalu sehat maka diperlukan pakan dan minum yang bernutrisi, kandang yang selalu bersih dan kering, multivitamin untuk menunjang stamina ayam, jika ada wabah atau masa pancaroba ayam bisa diberi vaksin untuk mencegah terkena penyakit. Selain itu perlu upaya pencegahan terhadap penyakit dengan sanitasi sekitar kandang, pemisahan ayam yang sakit dalam kandang karantina dan pemberian pengobatan untuk ayam yang sakit. salah satu faktor penting adalah kandang. Cara membuat kandang ayam cemani disesuaikan dengan bentuk dan bahan kandang.

cara membuat kandang ayam cemani

Untuk pemeliharaan ayam cemani dari anakan hingga dewasa sama seperti ayam kampung biasa. Pada anakan yang baru menetas dapat diletakkan dalam boks berpenghangat. Jika masih dalam pengasuhan indukannya, maka diletakkan dalam kandang yang agak tertutup agar tidak mudah masuk angin. Untuk ayam cemani yang lebih dari 3 minggu diletakkan dalam kandang pembesaran.

Ketika ayam cemani sudah siap untuk dikembangbiakkan, maka ayam cemani bisa dipindahkan ke dalam kandang khusus. Cara mengawinkan ayam cemani bisa dengan alami atau buatan (inseminasi). Ayam cemani dipindahkan ke dalam kandang dengan jumlah 6 ekor, 5 ekor betina dan 1 ekor jantan. Bisa juga dengan 1 ekor betina dan satu ekor jantan, ketika betina sudah dibuahi maka berina tersebut dikeluarkan dan diganti dengan betina yang lain dan begitu seterusnya.

 Makanan khusus ayam cemani ada yang menggunakan beras ketan hitam dengan alasan untuk menjaga unsur hitam yang terdapat pada ayam cemani. Makanan ayam cemani asli tersebut untuk anakan bisa digiling sedangkan untuk yang besar bisa langsung diberikan tanpa perlu giling terlebih dahulu.

Saat ini manfaat ayam cemani masih banyak digunakan  sebagai ayam untuk tujuan ritual upacara adat, persembahan, sesajen dan ritual pengobatan tradisional. Hal tersebut dari kepercayaan turun temurun dimana pada saat itu masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang ajaran agama mayoritas di negara ini sehingga ajaran pada masa lalu yang tidak sesuai dengan ajaran agama masih juga digunakan. Saat sekarang ini masih ada yang mempercayai khasiat ayam cemani untuk tujuan ritual tersebut walaupun era sekarang jauh lebih maju dibandingkan zaman dahulu. Banyak orang yang mencari ayam cemani lidah hitam atau darah hitam untuk memenuhi persyaratan ritual tersebut.

cara membuat kandang ayam cemani

Telur ayam cemani merupakan salah satu telur yang banyak dicari orang. Khasiat telur hampir sama seperti daging ayam cemani. telur cemani juga ada yang menggunakan untuk tujuan lain dan bukan untuk ditetaskan. Telur ayam cemani warnanya sama seperti telur ayam kampung biasa. Selama ini ada yang menganggap bahwa telur cemani kulit cangkangnya hitam itu ternyata hanya mitos. Telur ayam cemani dapat ditetaskan setelah 21 hari dierami. Ayam cemani termasuk kategori ayam yang dapat mengerami sendiri telur yang dihasilkannya. Untuk mengoptimalkan produksi telur, kita bisa menggunakan mesin penetas telur sehingga ayam hanya berhenti bertelut sebentar setelah itu dapat kembali bertelur. Cara itu termasuk meningkatkan produksi telur.

Kandang untuk tempat cemani bertelur bisa berupa kandang postal, kandang panggung atau kandang semi tertutup/ kandang ren. Sangkar yang sederhana terbuat dari kayu yang diisi dengan serbuk gergajian atau jerami. Ayam cemani dapat bertelur 12 – 16 butir bahkan lebih tergantung pola makan ayam cemani. Cara membuat kandang  ayam cemani untuk bertelur cukup sederhana tergantung dengan kebutuhan dan jumlah ayam cemani yang sedang bertelur.

Daftar harga ayam cemani untuk saat ini bervarisasi tergantung kategori umur :

Umur 1 bulan Rp 110.000/ ekor

Umur 2 bulan Rp 150.000/ ekor

Umur 3 bulan Rp 200.000/ ekor

Umur 4 bulan Rp 250.000/ ekor

Umur 5 bulan Rp 300.000/ ekor

Dewasa Rp 550.000/ ekor

Dewasa jantan Rp 750.000/ ekor.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Axis:
0838-6918-5523

Kata terkait:
sejarah ayam cemani, darah ayam cemani, mitos ayam cemani, makanan ayam cemani asli, misteri ayam cemani, telur ayam cemani, manfaat daging ayam cemani, khasiat telur ayam cemani, manfaat makan daging ayam cemani

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: