Kenali Makanan Khusus Ayam Cemani untuk Menghasilkan Ternak yang Berkualitas dan Menguntungkan

Ayam cemani terkenal dengan harga yang sangat mahal. Bahkan orang luar negeri sering menyebutnya dengan lamborghininya ayam. Namun, peternak ayam cemani masih dibilang cukup sedikit.

Beternak ayam cemani hanya dilakukan oleh sebagian orang di daerah tertentu. Warna hitam bukan berarti kelam, justru menjadi pertanda cerahnya pertanda masa depan peternak ayam cemani.

Namun, bukan karena mitos yang sampai saat ini masih diyakini, tetapi karena harganya yang sangat tinggi yang memberikan keuntungan yang cukup besar.

Peluang usaha ayam cemani cukup memberikan prospek besar bagi siapa saja yang memiliki niat dan menekuninya.

Permintaan ayam cemani yang semakin banyak sedangkan persediaannya yang sedikit menjadikan beternak ayam cemani menjadi usaha pokok.

Namun sebagian orang juga menjadikan beternak ayam cemani sebagai pekerjaan sampingan.

Ayam cemani usia dewasa sepasang | image 1 Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team
Ayam cemani usia dewasa sepasang | image 1

Sebelum beternak ayam cemani, salah satu hal yang dibutuhkan adalah pengetahuan tentang tata cara memelihara ayam cemani termasuk makanan khusus ayam cemani agar menghasilkan ayam cemani yang berkualitas sehingga harganya pun semakin tinggi.

Banyak yang mengatakan bahwa makanan ayam cemani asli adalah beras ketan hitam, hal ini bertujuan agar seluruh bagian ayam berwarna hitam termasuk darahnya.

Namun hal ini masih belum bisa dibuktikan atau masih mitos. Karena yang mempengaruhi warna tubuh bukanlah makanan, melainkan karena gen.

Memang sebagian pembeli menanyakan ayam cemani lidah hitam, darah hitam, dan telur cemani hitam. Namun, sejak kami beternak ayam cemani sampai sekarang belum pernah menemukan ayam cemani dengan kriteria darah hitam dan telur hitam.

Baca juga : Mengecek Kebenaran Mitos Tentang Ayam Cemani Yang Melegenda

Ayam cemani lidah hitam usia anakan | image 2 Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9
Ayam cemani lidah hitam usia anakan | image 2

Pernah ada dari rekan peternak kami yang mempunyai ayam cemani lidah hitam, jadi lidahnya benar-benar berwarna hitam. Namun harganya lebih tinggi sampai berjuta-juta karena stocknya sangat jarang. 

Baca Juga!  Mari Kita Lihat Apakah Lidah Ayam Cemani Warna Hitam?

Selain itu, kami juga tidak bisa melayani pembeli yang menanyakan ayam cemani dengan menyebutkan kriteria tersebut, karena kami yakin pasti nantinya manfaat ayam cemani akan disalahgunakan.

Misalnya untuk ritual, upacara keagamaan, tumbal, jimat dan lainnya. Karena hal tersebut dapat menjerumuskan ke dalam jurang kesyirikan dan sangat dilarang oleh agama.

Makanan khusus ayam cemani

Voer bisa diberikan untuk ayam cemani pada usia anakan | image 3 Lazada
Voer bisa diberikan untuk ayam cemani pada usia anakan | image 3

Baca juga : 14 Fakta Unik Ayam Cemani yang Jarang Diketahui Masyarakat

Dalam pemeliharaan ayam cemani sebenarnya tidak sesusah yang dibayangkan, pemeliharaan dan jenis pakan ayam cemani hampir mirip seperti ayam kampung pada umumnya. 

Di hobiternak.com makanan khusus ayam cemani hanya diberikan konsentrat berupa voer atau BR murni untuk anakan ayam cemani atau DOC. 

Setelah umur 3 minggu, kami menambahkan makanan tambahan untuk menekan biaya pakan.

Makanan tambahan tersebut dicampurkan pada kosentrat, misalnya jagung giling, bekatul, nasi sisa yang belum basi dan lainnya.

Cara membuat kandang ayam cemani disesuaikan dengan ukuran ayam. Apabila masih DOC, diletakkan dalam kandang box.

Ketika sudah mulai besar, dipindahkan ke kandang umbaran yang memuat banyak ayam atau biasa disebut kandang besar.

Cara mengawinkan ayam cemani juga cukup mudah. Ada dua metode yaitu bisa secara alami dan dengan inseminasi buatan.

Berapa banyak telur ayam cemani?

Dalam sekali bertelur ayam cemani dapat menghasilkan sekitar 8-12 butir. Dengan jumlah yang cukup banyak tersebut dapat menguntungkan peternak karena calon anak ayam cemani bisa lebih banyak.

Ayam cemani tinggal dimana?

Asal dari ayam cemani yaitu dari Indonesia yaitu di Desa Kedu Provinsi Jawa Tengah. Saat ini ayam cemani sudah dapat kita temui diberbagai wilayah di Indonesia.

Apa warna darah ayam cemani?
Pengiriman ayam cemani hobiternak.com | image 4 Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9
Pengiriman ayam cemani hobiternak.com | image 4

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam cemani di:

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

kata terkait :
makanan ayam cemani asli, cara mengawinkan ayam cemani, cara membuat kandang ayam cemani, telur cemani, daftar harga ayam cemani, ayam cemani lidah hitam, manfaat ayam cemani, makanan ayam cemani, pakan ayam cemani, makanan ayam cemani lidah hitam

5/5 - (4 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA