Cara Beternak Bebek Mandarin dan Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Cara Beternak Bebek Mandarin dan Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan – Bebek merupakan jenis hewan unggas yang penurut dan mudah dipelihara. Banyak manfaat maupun sumber daya yang kita dapat dalam beternak bebek mulai dari dagingnya, telurnya, bulunya hingga kotoran yang bisa dijadikan sebagai pupuk. Mengingat banyaknya permintaan akan kebutuhan daging bebek dan telur, kini beternak bebek merupakan usaha yang perlu kita dibudidayakan,kita kembangkan, kita kelola sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Banyak peternak yang lebih memilih beternak bebek dengan alasan karena umumnya bebek sangat mudah dibudidayakan. Tak sedikit juga peternak yang lebih memilih membudidayakan ayam hias, namun kini banyak juga para peternak yang lebih memilih beternak bebek terutama bebek hias. Salah satu bebek hias Indonesia yang terkenal ialah Bebek Mandarin.  Apa yang kalian tahu mengenai bebek mandarin? Bebek Mandarin (Aix Galericulata) sesuai dengan namanya merupakan jenis bebek hias yang berasal dari Cina dan kini dapat kita jumpai di berbagai negara di Dunia seperti Inggris, Jepang, Korea, Rusia.

Karakteristik Bebek Mandarin Sebagai Jenis Bebek Hias Indonesia

Sebagai salah satu bebek hias Indonesia, bebek mandarin merupakan jenis bebek yang memiliki bulu berwarna-warni. Bulu bebek pejantan cenderung lebih mencolok dibandingkan dengan bebek betinanya. Untuk bebek pejantan dengan paruhnya yang berwarna  merah, dadanya yang berwarna ungu yang berpadu dengan dua garis putih serta pada bagian matanya yang terdapat pola bulan berwarna putih. Sedangkan untuk betinanya dengan kepalanya berwarna abu-abu, terdapat warna putih disekitar matanya yang terlihat seprti cincin dan warna bulu tubuhnya berwarna abu-abu yang berpadu dengan bintik-bintik putih.

cara beternak bebek mandarin

Ukuran tubuhnya rata-rata hampir sama dengan jenis bebek lokal pada umumnya. Berat badan per ekornya ± 0,5-0,7 kg dengan panjang ± 41-49 cm. Bebek mandarin juga memiliki sayap yang cukup besar untuk ukuran tubuhnya. Bentang sayapnya hingga ± 65-75 cm. Wow.. cukup lebar bukan? Karena sayapnya yang berguna memberi mereka kemampuan untuk terbang menghindari predator pada saat bahaya. Untuk produktifitas telurnya  yang mampu menghasilkan ± 12 butir telur dalam satu kali periode dengan waktu penetasan selama ±28 hari.

Habitat Asli Bebek Mandarin

Habitat asli hidup bebek mandarin berada di daerah sungai,  rawa-rawa dan di daerah kolam berhutan yang berada di Cina. Di habitatnya mereka yang hidup secara berkelompok. Mereka lebih senang hidup berada di antara ranting-ranting atau rongga pohon yang berdekatan dengan air yang berguna sebagai tempat yang efektif untuk mencari makanan baik untuk bebek mandarin maupun anaknya juga tempat yang paling efektif jika sewaktu-waktu ingin berenang. Selain itu juga sebagai salah satu tempat berteduh dan juga bertengger bagi bebek mandarin.

cara beternak bebek mandarin

Sebelum kita mengetahui cara beternak bebek mandarin terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan agar dalam beternak bebek mandarin dapat berjalan dengan baik. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam beternak bebek mandarin :

  • Makanan Bebek Mandarin

    Hal terpenting yang harus disediakan dalam pemeliharaan bebek adalah pakan. Pakan merupakan komponen yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas ternak. Karena dalam beternak bebek mandarin ternyata sangat menguntungkan baik secara pemeliharaan maupun secara ekonomis. Dari segi pakannya, sama halnya bebek lokal pada umumnya bebek mandarin merupakan jenis bebek yang dapat memakan segalanya baik dari tumbuhan hingga hewan. Baik itu biji-bijian, hewan seperti cacing, capung, belalang, ikan kecil, katak, siput bahkan ular kecilpun bisa ia makan. Selain itu banyak bahan pakan yang bisa kita jadikan pakan campuran dengan konsentrat seperti dedak ,bekatul, jagung. Bebek juga dapat diberikan pakan voer yang dicampurkan dengan irisan sayuran guna membantu pertumbuhan bagi bebek mandarin dengan kandungan proteinnya yang bagus atau tinggi. Karena pakan yang bagus sangat menentukan kualitas bebek mandarin.

  • Kandang Bebek Mandarin

    Dalam tata cara beternak bebek mandarin, kandang merupakan media utama dalam sebuah peternakan. Kandang yang cocok dan sering dipakai dalam budidaya bebek merupakan kandang yang menyediakan kolam. Karena kolam merupakan salah satu syarat dalam memelihara bebek hias. Dimana kolam yang sering dijadikan sebagai tempat berenang. Selain itu dalam kandang tersediannya tempat pakan dan minum. Dan yang perlu diperhatikan, karena bebek mandarin ini memiliki kemampuan terbang maka perlunya kita kondisikan kandang seperti halnya dinding kandang dan atapnya yang terbuat dari kawat strimin yang berguna agar bebek mandarin tidak melarikan diri dan terbang.

  •  Sanitasi

    Sanitasi merupakan salah satu suatu usaha peternak bebek hias yang berhubungan dengan kebersihan baik itu kebersihan pakan maupun kandang. Untuk sanitasi kandang, peralatan dan lingkungan merupakan suatu pencegahan beredarnya wabah penyakit yang mempengaruhi bebek. Kandang hendaknya selalu kita jaga kebersihannya. Dengan membersihkan kandang dari sisa pakan maupun kotoran bebek mandarin. Karena hal ini yang berguna untuk menjaga kandang bebek mandarin agar tidak menjadi sarang penyakit dikarenakan lingkungan kandang yang kotor. Selain itu kandang bebek yang bersih berguna untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kecantikan pada bulu bebek mandarin tersebut. Tujuan lainnya yakni agar bebek mandarin merasa lebih nyaman. Selain itu, harus memberi pakan dalam kondisi yang bersih, karena sumber penyakit bebek biasanya paling besar terdapat pada pakan, baik pakan yang telah ditumbuhi oleh jamur dan apek. Usaha yang dapat kita lakukan dengan memberikan pakan pada bebek yang bersih, segar dan tentunya terbebas dari racun.

Harga Bebek Mandarin

Untuk saat ini keberadaan bebek mandarin yang yang terancam punah dengan populasinya yang terbatas menjadikan harga jual bebek mandarin yang relatif tinggi  dengan kisaran harga Rp 8.500.000 per pasangnya dan untuk harga anakan bebek mandarin  memang lebih murah di banding dengan bebek mandarin yang sudah dewasa. Namun, dalam hal itu tidak menyurutkan bagi kalangan penghobi jenis bebek hias untuk memburu bebek mandarin. Memang dalam budidaya bebek hias mandarin memiliki banyak keuntungan. Pertama dari segi pemeliharaan yang lebih mudah dan  daya tahan tubuhnya yang tinggi dibandingkan beternak ayam. Disamping itu pakannya pun mudah ditemukan dengan harganya yang relatif murah.

cara beternak bebek mandarin

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara bebek mandarin dan berbagai jenis ayam maupun bebek hias, kami jual anakan bebek mandarin, jual bibit bebek mandarin. Bagi anda yang memilih bebek mandarin dewasa, kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk jenis ayam hias lainnya, kami menyediakan dari telur siap tetas, anakan, remaja hingga dewasa. Bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga anak bebek mandarin, lihat daftar harga bibit bebek mandarin ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

harga anakan bebek mandarin, harga anak bebek mandarin, bebek hias indonesia, jual bibit bebek mandarin, jual anakan bebek mandarin, harga bibit bebek mandarin, peternak bebek hias

_Viky Ristiyarti_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternk.com
Nama Produk
Bebek Mandarin
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Cara Beternak Bebek Mandarin dan Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: