Ikan merupakan hewan air yang hidup di air tawar dan asin. Jenis ikan air tawar dan asin tentunya memiliki habitat yang berbeda serta kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Hewan air tersebut bernapas menggunakan insang yang terdapat di kepala sebelah kanan dan kiri. Ikan berenang menggunakan sirip yang terdapat pada bagian bawah perut, punggung dan ekor.

Hewan air tersebut bayak ditemukan diseluruh genangan air termasuk di sungai, danau, rawa, laut, air payau. Pada umunya ikan yang berasal dari air asin berbeda teksur serta rasanya. Untuk ikan yang berasal dari laun cenderung memiliki rasa yang relatif asin berbeda dengan ikan air tawar yang memilki rasa gurih. Penggunaan ikan pun ada yang digunakan untuk dikonsumsi dan sebagai hiasan akuarium yang dikenal sebagai ikan hias.

Sumber makanan yang sangat penting untuk kebutuhan hidup sehari – hari juga terdapat pada daging ikan. Manfaat yang terkandung didalamnya kaya akan sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain kandungan protein yang melimpah berbagai zat lain yang sangat bermanfaat pun banyak terdapat pada daging tersebut.






Kandungan Gizi dan Vitamin dalam Ikan Segar

Adapun gizi yang terkandung didalam daging ikan segar adalah sebagai beikut :
  • Mengandung omega 3 yang membantu proses perkembangan otak pada janin
  • Kandungan serat protein yang pendek hingga mudah dicerna
  • Mengandung asam amino untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita
  • Kaya akan berbagai vitamin antara lain : Vitamin A,D,B6, dan B12
  • Mengandung zat besi yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah
  • Yodium yang berfungsi untuk mencegah penyakit gondok
  • Kandungan selenium dan anti oksidan yang dapat melindugi tubuh dari radikal bebas
  • Mengandung seng yang membantu fungsi kerja enzim dan hormon
  • Flour sangat berperan aktif dalam menguatkan dan menyehatkan gigi anak

Dengan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi keluarga , dagingnya menjadi salah satu bahan pangan utama bagi kehidupan masyarakat. Saat ini olahan ikan sudah menjadi makanan favorit bagi masyarakat dan pecinta kuliner. Tidak salah jika kebutuhan ikan air tawar maupun asin semakin meningkat setiap tahunnya.

Apa saja manfaat yang terkandung dalam Daging Ikan Lele ?

Lele merupakan hewan air yang banyak ditemukan di suatu tempat yang banyak tergenang air seperti aliran sungai, rawa, sawah, danau dan waduk. Ikan lele memiliki tubuh yang menyerupai dengan ular dengan bentuk tubuh memanjang. Jenis ikan lele tersebut sangat mudah dikenali karena memiliki tubuh yang licin serta memiliki kumis yang panjang pada sekitar mulutnya.

Ikan Lele Segar

Berbagai jenis ikan lele banyak terdapat di wilayah nusantara seperti lele dumbo, lokal/jawa, sangkuriang, mutiara, dan phyton. Ikan lele banyak dikonsumsi karena kandungan gizi yang melimpah serta dagingnya yang berserat lembut. Saat ini banyak peternak yang membudidayakan ikan lele, karena ikan tersebut memiliki daya jual yang relatif menguntungakan serta perawatannya yang mudah. Dagingnya juga mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin D yang cukup tinggi, asam lemak omega 3 yang rendah namun memiliki asam lemak omega 6 yang tinggi pula.

Dengan kandungan vitamin serta gizi yang melimpah tersebut, dagingnya sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi. Untuk lebih lengkapnya apa saja manfaat lele untuk ibu hamil dan apa saja manfaat lele untul bayi :

Manfaat Ikan lele untuk Ibu Hamil dan Bayi

Pada umumnya lele banyak dibudidayakan oleh masyarakat khususnya peternak sebagai hewan kosumsi. Lele memiliki tekstur daging yang lembut serta rasanya yang gurih. Selain rasa daging yang gurih dan enak juga kaya akan gizi yang bermanfaat bagi ibu hami dan pertumbuhan bayi. Lalu apa saja kandungan gizi yang baik dalam dagingnya ? Kandungan gizi yang terkandung dalam lele dan sangat baik bagi ibu hamil dan bayi diantaranya adalah omega 3, protein, vitamin B12, dan fosfor.

Ikan Sangat Baik Bagi Ibu Hamil

Karena kandungan gizi yang sangat banyak tersebut tentunya akan berpengaruh pada pertumbuhan janin yang semua nutrisi pada ibu hamil akan mengalir melalui tali pusat dan plasenta sehingga janin/ calon bayi juga akan mendapatkan manfaatnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat Ikan Lele untuk ibu hamil dan bayi :
  • Mengoptimalkan pertumbuhan otak pada janin
  • Mencegah kecacatan pada janin
  • Menghindari ganguan tulang
  • Memberikan sumber tenaga
  • Meningkatkan sistem imunitas
  • Menjaga kesehatan jantung sehingga aliran darah menjadi lancar
Ikan Lele Baik Bagi Kesehatan Bayi

Untuk menghindari bahaya ikan lele bagi kesehatan tubuh, sebaiknya membeli ikan lele dalam keadaan masih hidup atau masih segar. Hal tersebut bertujuan agar tetap menjaga kandungan gizi yang terdapat di dalam dagingnya .Ikan lele memang memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah tetapi tidak menutup kemungkinan untuk jenis ikan air tawar lainnya juga memiliki kandungan gizi yang berbeda. Seperti pada ikan nila, patin, bawal dan ikan mas

Mengenal Lebih Dekat Jenis Ikan yang Kaya akan Gizi & Vitamin

1.Ikan Nila

Jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di wilayah perairan Indonesia khususnya danau dan aliran sungai, salah satunya adalah ikan nila. Ikan ini dikenal dengan nama latin Oreochromis niloticus dan jika dalam bahasa inggris dikenal sebagai Nile Tilapia. Jenis ikan nila memiliki sisik yang menutupi seluruh bagian tubuhnya serta memiliki sirip yang tajam terdapat pada punggung ikan nila tersebut.

Ikan Nila

Warna dari ikan tersebut ada berbagai jenis diantaranya ada warna hitam, abu – abu, merah, orange, kuning, putih dan warna campuran/ kombinasi. Ikan nila dikenal sebagai ikan omnivora atau jenis ikan pemakan segala sehingga ikan nila tersebut banyak digunakan olah petani untuk menanggulangi hama yang menyerang tanaman padi.



Budidaya Ikan Nila yang Semakin Berkembang

Saat ini ikan nila banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi yang memiliki harga jual yang tinggi. Selain pemeliharaannya yang mudah serta banyaknya permintaan ikan nila dipasaran membuat pemasaran ikan nila cukup mudah dilakukan. Peluang dalam budidaya ikan nila pun masih sangat tinggi terutama pada bulan ramadhan aneka olahan bahan makanan terutama ikan nila menjadi peluang usaha yang sangat mengutungkan.

Selain prospek usaha yang cukup cerah ikan nila banyak dikonsumsi karena kandungan gizi serta vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Ikan Nila
Adapun manfaat Ikan Nila sebagai berikut :
  • Memiliki kandungan protein yang cukup tinggi
  • Dapat mencerdaskan otak
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Menguraikan energi pada makanan
  • Mencegah kram dan kejang pada otot
  • Meningkatkan daya tahan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit
  • Meminimalkan reaksi emosi dan stress

2.Ikan Patin

Ikan air tawar bernama Patin tersebut merupakan jenis ikan yang memiliki kumis seperti ikan lele. Jenis ikan patin juga merupakan ikan air tawar yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia serta cara budidaya ikan patin yang cukup mudah dilakukan. Ikan air tawar tersebut termasuk dalam golongan catfish dan tergolong dalam ikan nocturnal yang aktif dimalam hari.

Ikan Patin

Ikan patin memiliki postur tubuh yang panjang memiliki warna keabu – abuan putih. Pada bagian punggung ikan berwarna kebiru – biruan. Jenis ikan patin tersebut dapat memiliki panjang hingga 1,2 m dan merupakan salah satu ikan air tawar berpostur besar. Tetapi untuk mencapai panjang ikan hingga 1,2 m dibutuhkan waktu yang lama. Pada umumnya ikan patin dipelihara hanya sampai 4 – 5 bulan dengan bobot sekitar 500 gram – 1 kg per ekornya.

Kandungan protein yang melimpah dan kaya akan manfaat membuat ikan patin banyak dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat. Kandungan lemak jenuh yang terdapat didalam ikan patin membuat daging ikan mudah untuk bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Asam lemak, omega 3, vitamin D & B2, kalsium, fosfor, dan mineral zat besi, seng, yodium, magnesium dan kalium terdapat dalam daging ikan patin.

Kandungan Gizi Dalam Ikan Patin
Adapun manfaat Ikan Patin bagi tubuh manusia sebagai berikut :
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menyehatkan sistem kardiovaskuler
  • Mengoptimalkan pertumbuhan bayi
  • Membantu pertumbuhan otot
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah terjadinya berbagai penyakit
  • Menjaga penumpukan lemak dan penyumbatan pada pembuluh darah

3.Ikan Bawal

Bawal merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan tepatnya di Brazil dan banyak ditemukan di sungai amazon. Ikan bawal tersebut merupakan jenis ikan yang memiliki laju pertumbuhan yang sangat pesat dalam waktu 3 bulan ikan bawal mampu mencapai berat hingga 1 kg. Karena permintaan ikan bawal dipasaran mengalami peningkatan disetiap tahunnya maka ikan bawal menjadi ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tekstur daging yang empuk serta rasa yang gurih dan enak membuat ikan bawal semakin menjadi primadona dikalangan kuliner Indonesia.

Ikan Bawal

Jenis ikan bawal ada 2 yaitu ikan bawal air tawar dan ikan bawal air asin. Untuk ikan bawal air laut biasa dikenal dengan warna hitam, dan putih. Sedangkan untuk ikan bawal air tawar memiliki tubuh bagian atas berwarna hitam serta bagian perut bawah berwarna kemerahan. Ikan bawal mengandung nutrisi dan omega 3 dan 6 AA yang bermanfaat bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan serta dapat mencerdaskan otak.

Daging Ikan Bawal
Manfaat Ikan Bawal diantaranya sebagai berikut :
  • Baik untuk pertumbuhan otak pada anak
  • Mencegah gangguan stroke
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Sangat cocok bagi yang sedang menjalankan progam diet
  • Mencegah anemia
  • Membantu pertumbuhan tinggi
  • Mengurangi depresi
  • Mencegah penyakit rakhitis

4.Ikan Mas

Jenis ikan Mas merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidaya atau dipelihara pada kolam. Ikan Mas tersebut merupakan ikan asli yang berasal dari negeri China. Biasanya ikan mas dipelihara untuk dijadikan hiasan dikolam atau diakuarium. Ikan Mas juga termasuk ikan terpopuler di Indonesia, karena memiliki lekuk tubuh yang cantik serta warna ikan mas yang indah dipandang. Warna yang terdapat pada ikan mas ada berbagai macam, diantaranya ada yang berwarna merah, orange, kuning, putih, hitam dan warna campuran atau kombinasi.

Dengan keunikan yang dimiliki ikan mas membuat harga yang ditawarkan ikan mas pun memiliki harga yang relatif mahal.Ikan Mas megandung protein, lemak, mineral dan vitamin dengan jumlah yang cukup baik untuk tubuh manusia serta memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Daging Ikan Mas
Adapun maanfaat Ikan Mas sebagai berikut :
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Meredakan tekanan darah tinggi
  • Mengontrol berat badan
  • Mencerdasakan otak
  • Dapat mencegah kanker
  • Menyehatkan mata
  • Dapat membuat awet muda
  • Menurunkan resiko stroke

Agar mendapatkan manfaat yang baik dari ikan mas, sebaiknya dalam pengelolaan ikan mas diolah dengan cara tidak digoreng. Karena dengan cara digoreng nilai gizi serta kandungan vitamin dalam ikan mas akan berkurang. Dan sebaiknya dalam pengelolaan ikan mas dengan cara dipepes, dibuat sup atau dibuat asam manis.


Kandungan Gizi serta Vitamin yang Melimpah pada Daging Ikan Membuat Tubuh Semakin Sehat

Berbagai manfaat ikan mulai dari ikan lele, nila ,patin, bawal dan ikan mas sudah kita bahas pada artikel tersebut. Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis bibit ikan untuk dibudidayakan salah satunya yaitu ikan lele. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Serta dapat memudahkan pembaca dalam mengetahui berbagai manfaat yang terkandung dalam jenis ikan serta cocok untuk dihidangkan dalam menu lauk sehari – hari.

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
manfaat ikan lele untuk ibu hamil, manfaat ikan lele untuk bayi, bahaya ikan lele, manfaat ikan nil, manfaat ikan patin, manfaat ikan bawal, manfaat ikan mas

Nurasikin:)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: