Daftar Harga Terbaru DOD Bebek Petelur Mojosari di Tahun 2021

Bebek Mojosari merupakan bebek persilangan antara bebek hibrida dengan bebek betina lokal. Asal mula diberikannya nama Bebek Mojosari, dikarenakan penghasil bibit bebek dengan jumlah yang tinggi terdapat di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Pembudidayaan bebek telah banyak ditekuni oleh sebagian masyarakat baik untuk kebutuhan telur dan daging. Maraknya permintaan telur bebek di kalangan masyarakat membuat bebek mojosari semakin gencar untuk diternakan serta dibudidayakan.

Selain itu harga telur bebek pun juga masih cukup tinggi baik mentah maupun sudah dalam keadaan diolah. Sehingga memiliki peluang yang sangat tinggi serta memiliki potensi sebagai sumber pendapatan bagi peternak kecil yang berada di pedesaan.

Jenis DOD bebek atau bibit usia baru saja menetas memiliki harga yang cukup terjangkau, tentu harga di setiap daerah maupun pulau cukup berbeda – beda. Untuk mengetahui harga bebek petelur mojosari di seluruh daerah di Indonesia, Anda dapat mengamatinya pada daftar harga di bawah ini : 

Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Jawa 

Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Pulau Jawa | image 1
Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Pulau Jawa | image 1
PROVINSIHARGA/ EKOR
Seluruh Pulau Jawa Rp. 10.500

Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Sumatera

PROVINSIHARGA / EKOR
PADANG Rp. 13.900
JAMBI Rp. 14.200
ACEH Rp. 15.700
BENGKULU Rp. 13.600
LAMPUNG Rp. 13.500
PALEMBANG Rp. 13.500
PEKANBARU Rp. 13.800
MEDAN Rp. 14.500
PANGKAL PINANG Rp. 13.900
TANJUNG PINANG Rp. 15.600
BATAM Rp. 13.900

Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Kalimantan

PROVINSIHARGA / EKOR
BANJARMASIN Rp. 14.100
PALANGKARAYA Rp. 13.900
TARAKANRp. 15.200
BALIKPAPANRp. 14.700
SAMARINDARp. 16.700
BERAURp. 16.600
PONTIANAKRp. 14.200

Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Sulawesi

PROVINSIHARGA / EKOR
MAKASSAR Rp. 14.700
KENDARI Rp. 16.600
PALU Rp. 16.800
LUWUK Rp. 17.800
GORONTALO Rp. 17.600
MANADO Rp. 16.100
TERNATE Rp. 16.400
AMBON Rp. 16.800
LOMBOK Rp. 14.500

Daftar Harga DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di Papua

PROVINSIHARGA / EKOR
MANOKWARI Rp. 17.100
SORONG Rp. 17.600
JAYAPURA Rp. 19.700

Ciri – ciri Bebek Petelur Mojosari

Bebek mojosari merupakan salah satu bebek petelur yang cukup banyak peminatnya karena produktivitas nya yang cukup tinggi. Ciri – ciri bebek mojosari ini dapat Anda amati pada point – point di bawah ini : 

Bebek Mojosari mempunyai beberapa ciri khas yaitu :

  • Mempunyai warna bulu yang agak kemerah-merahan dan variasi hitam kecokelatan
  • Bentuk tubuhnya menyerupai botol dan hampir tegak lurus namun postur tubuhnya agak kecil
  • Mojosari termasuk unggas yang tidak mempunyai sifat mengeram sehingga untuk perkembangbiakan nya perlu menggunakan bantuan mesin penetas atau dititipkan pada entok
  • Keunggulan bebek mojosari mempunyai produktivitas telur yang cukup tinggi sekitar 220 – 250 butir telur/ ekor/ tahun
  • Berat telur per butir cukup besar bisa mencapai 65 – 70 gram per butir
  • Warna kulit atau cangkang telur biru kehijauan 
  • Masa bertelur 11 bulan per tahun
  • Mulai bertelur pada umur 6 bulan dan produksi telur stabil pada umur 7 bulan.
  • Memiliki  3 periode masa produktif telur
  • Setelah memasuki masa afkir (menurunnya masa produksi telur) dapat dijadikan pedaging dengan bobot sekitar 1,7 kg. 

Baca juga : 8 Poin Penting Cara Ternak Bebek Petelur Mojosari bagi Pemula

Proses pemanenan dan pengumpulan telur bebek mojosari | image 2
Proses pemanenan dan pengumpulan telur bebek mojosari | image 2

Sistem Pemeliharaan Bebek Petelur Mojosari 

Sistem pemeliharaan bebek dikenal sebagai sistem Pemeliharaan Semi Intensif dan Pemeliharaan Intensif, dalam sistem pemeliharaan bebek petelur di pedesaan biasanya masih dipelihara secara tradisional atau bisa disebut dengan semi intensif dengan cara menggembalakan di sawah.

Dengan sistem menggembalakan di sawah tersebut akan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan. Selain menggembalakan di sawah pada kandang bebek petelur tersebut juga disediakan halaman tempat bermain dan kolam untuk mandi bebek. 

Pemeliharaan bebek sistem Angon biasnya dilakukan oleh peternak - peternak tradisional yang terdapat di daerah pedesaan. | image 3
Pemeliharaan bebek sistem Angon biasnya dilakukan oleh peternak – peternak tradisional yang terdapat di daerah pedesaan. | image 3

Pemeliharaan yang kedua disebut dengan sistem intensif atau disebut dengan ternak bebek petelur modern, dengan sistem pemeliharaan intensif peternak harus benar – benar mengetahui tata cara pemeliharaan yang baik dan benar.

Peternak juga harus memilih jenis bebek unggul, pemberian pakan, pengendalian penyakit, penanganan pascapanen, dan pemasaran. Dengan sistem intensif tersebut biasanya bebek petelur dikandang kan dengan kandang khusus untuk unggas petelur menggunakan kandang bebek petelur baterai.

Dengan menggunakan kandang bebek petelur baterai tentunya peternak akan lebih mudah dalam pemanenan telur bebek, pemberian pakan, mengontrol penyakit dan lain sebagainya. 

Kandang bebek model lantai banyak diterapkan oleh petenak - peternak karena proses pembuatannya yang relatif mudah.  | image 4
Kandang bebek model lantai banyak diterapkan oleh petenak – peternak karena proses pembuatannya yang relatif mudah. | image 4

Bagi peternak yang ingin membudidayakan bebek petelur agar menghasilkan telur berkualitas dengan jumlah yang cukup tinggi sebaiknya peternak menggunakan sistem intensif agar peternak dapat menghasilkan keuntungan secara maksimal.

Persiapan Kandang untuk Bebek Petelur Mojosari

Kandang merupakan faktor utama budidaya bebek, karena kandang berfungsi sebagai rumah tempat berlindung dari sengatan panas matahari, hujan dan serangan binatang buas. Sebelum memulai usaha budidaya ternak bebek petelur mojosari alangkah baiknya jika peternak melakukan persiapan kandang bebek mojosari yang baik dan sesuai dengan standar.

Selain itu dalam pembuatan kandang bebek petelur usahakan agar peternak mencari tempat yang jauh dari keramaian atau pemukiman penduduk serta mudahnya akses jalan untuk transportasi.

Bagaimana Langkah Persiapan Kandang Bebek Mojosari ?

Berdasarkan usia Bebek, kandang dibedakan menjadi berapa macam diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Starter
  • Grower
  • Layer

Kandang yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap akan membuat bebek merasa nyaman dan berdampak positif sehingga bebek menjadi tidak strees. Jenis – jenis kandang bebek petelur untuk pemeliharaan bibit masa strater hingga finisher antara lain sebagai berikut :

1. Kandang Boks

Kandang boks merupakan kandang bebek yang berbentuk kotak dengan ukuran kandang 1m x 2m. Pembuatan kandang tersebut dapat dari kayu, bambu, papan, triplek, kardus, kawat ram dan sebagainya.

Kandang boks tersebut digunakan untuk dod bebek usia 1 hingga 14 hari. Selama masa pemeliharaan tersebut DOD bebek membutuhkan tempat yang hangat dan nyaman.

Selama di dalam kandang dod bebek akan merasa hangat karena di dalam kandang boks disediakan lampu. Dengan lampur tersebut DOD bebek akan selalu dalam keadaan hangat. Karena jika tidak diberikan lampu penghangat maka dod bebek akan mengalami kedinginan dan akhirnya akan mati. 

Kandang Boks untuk DOD Bebek Petelur Mojosari fase starter | image 5
Kandang Boks untuk DOD Bebek Petelur Mojosari fase starter | image 5

2. Kandang Ren

Tipe kandang ren digunakan untuk pembesaran bebek atau pemeliharaan indukan bebek. Pada lantai kandang ren dilapisi dengan litter, litter tersebut dapat berupa jerami, sekam padi atau bahan lain yang bersifat empuk dan mudah didapatkan.

Pembuatan luas atau ukuran kandang ren disesuaikan dengan kepadatan / banyaknya bebek dalam kandang.

Contoh kandang Ren yang banyak digunakan sebagai kandang pembesaran ternak bebek petelur | image 6
Contoh kandang Ren yang banyak digunakan sebagai kandang pembesaran ternak bebek petelur | image 6

Pembuatan kandang bebek petelur dibagi menjadi dua bagian, pertama tempat untuk berteduh, istirahat dan bertelur. Kedua tempat untuk bermain, makan, dan minum, peternak dapat juga membuat kolam untuk mandi bebek.

Baca juga : 6 Tips Ternak Bebek Petelur Supaya Bertelur Setiap Hari

3. Kandang Baterai

Kandang baterai juga dapat digunakan sebagai kandang pembesaran atau indukan bebek pedaging dan indukan petelur. Pada setiap kandang bebek petelur baterai dapat dihuni satu hingga lima ekor bebek dewasa.

Ukuran kandang tersebut antara 50 cm x 50cm x 45 cm. Untuk ukuran lima ekor bebek kandang baterai harus diperluas agar bebek merasa nyaman dan tidak berdesak – desakan. Bahan pembuatan kandang baterai dapat terbuat dari bilah bambu dan kawat.

Kandang baterai juga menjadi salah satu kandang yang baik untuk diterapkan pada ternak bebek petelur | image 7
Kandang baterai juga menjadi salah satu kandang yang baik untuk diterapkan pada ternak bebek petelur | image 7

Dalam pembuatan kandang baterai peternak memerlukan biaya yang relatif tinggi dibanding dengan tipe kandang yang lainnya. Terutama bahan yang digunakan peternak adalah kawat, selain awet biaya yang dikeluarkan pun juga relatif tinggi.

Keuntungan dalam penggunaan kandang baterai bagi peternak antara lain dapat mengontrol keadaan ayam dengan baik, pemantauan bebek terserang penyakit menjadi lebih mudah. Pengambilan telur saat pemanenan juga akan lebih mudah dan telur bebek dalam keadaan bersih .

4. Kandang Postal

Bahan pembuatan dari kandang postal dapat berupa bambu atau kawat ram. Dalam penggunaannya kandang bebek petelur postal dihuni lebih dari satu ekor bebek dan populasi nya mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung pada luas suatu kandang.

Untuk ketinggian kadang peternak dapat membuat dengan ketinggian 1 – 1,5 meter, tujuannya adalah agar peternak mudah dalam melakukan pemanenan telur bebek dan pemberian pakan.

Kandang postal tersebut sangat cocok untuk bebek usia grower, untuk pakan dan minum disediakan di dalam kandang.

5. Kandang Ranch

Tipe kandang ranch hampir memiliki kesamaan dengan kandang postal. Pada halaman kandang peternak dapat menyediakan tempat bermain untuk bebek dengan pembuatan kolam kecil.

Tipe kandang bebek petelur ranch tersebut juga sangat cocok untuk pemeliharaan ternak bebek petelur.

Penggunaan kandang ranch juga bagus untuk perkembangan ternak bebek petelur | image 8
Penggunaan kandang ranch juga bagus untuk perkembangan ternak bebek petelur | image 8

Memilih Bibit Bebek Petelur Mojosari yang Bekualitas

Bibit yang berkualitas dihasilkan oleh indukan yang unggul. Dalam pembelian bibit peternak harus mengetahui asal – usul bibit/DOD bebek secara tepat dan hindari membeli bibit pada pedagang keliling yang belum jelas produksi bebek tersebut.

Maka dari itu kami dari hobiternak.com menyediakan bibit/DOD bebek mojosari dengan kualitas unggul dan terpercaya dalam penetasanya.

Ciri – ciri DOD Bebek yang Berkualitas sebagai berikut :

  • Memiliki ukuran tubuh yang tegap
  • Bersifat lincah dan gesit
  • Mata sedikit menonjol, bening dan bersinar
  • Rongga perut terasa lembut dan kenyal
  • Pusar kering dan tertutup
  • Kaki yang kokoh
  • Bulu bersinar seperti kapas, halus dan lembut
  • Tidak terdapat kecacatan pada bibit bebek

Kualitas Pakan Bebek Petelur Mojosari

Kualitas pakan dan pemberian pakan yang rutin merupakan kunci keberhasilan peternak dalam pembudidayaan Bebek Petelur Mojosari. Pakan merupakan komponen terbesar dari seluruh biaya produksi berkisar 60 – 80.

Dalam penggunaan pakan bebek mojosari tentu peternak sudah mengetahui bahan pakan pabrik berupa konsentrat dan bahan pakan alternatif pengganti konsentrat pabrik.

Pakan biji bijian HOBI TERNAK bebek petelur mojosari word3

Pakan yang bekualitas penunjang Produktifitas Telur Mojosari

Selain menggunakan bahan alami sebagai pengganti konsetrat, peternak juga dapat mencampurkan pakan bebek mojosari konsentrat tersebut dengan bahan pakan alami agar tidak mengurangi kualitas pakan yang diberikan pada bebek petelur.

Konsetrat tersebut biasanya dicampurkan dengan dedak/jagung. Dalam pemberian pakan bebek petelur tersebut, peternak juga harus selalu memperhatikan gizi yang terkandung didalam pakan tersebut.

Bebek Mojosari merupakan bebek petelur yang dinggulkan karena produktifitas telurnya yang cukup tinggi. | image 9
Bebek Mojosari merupakan bebek petelur yang dinggulkan karena produktifitas telurnya yang cukup tinggi. | image 9

Pemberian pakan bebek petelur dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari atau terus menerus disediakan dalam wadah pakan dan usahakan agar pakan tidak mudah berjamur. Jika pakan berjamur segera ganti dengan yang baru.

Untuk mempermudah peternak dalam melakukan penghitungan modal, biasanya peternak mulai analisa ternak bebek petelur 100 ekor. Dengan begitu jumlah biaya yang dikeluarkan oleh peternak dapat terhitung dengan baik. 

Untuk pakan bebek petelur alternatif atau ransum peternak dapat memberikan berupa :

Tepung ikan Bekicot segar
Bungkil kedelai Ampas tahu
Bungkil kelapa Cangkang udang
Tepung daun lamtoro Bungkil inti sawit
Sorgum Onggok singkong/Gaplek

Selain menyediakan DOD bebek usia baru saja menetas kami juga menyediakan bebek bayah usia siap bertelur. Untuk harga bebek mojosari siap telur 2021 dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami yang tertera di bawah ya. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau Bibit Bebek Mojosari usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga ke seluruh wilayah Indonesia. 

Pengiriman untuk wilayah Pulau Jawa kami kirimkan via kereta dan pengambilan di kargo Stasiun terdekat, sedangkan untuk pengiriman ke Luar Pulau Jawa kami kirimkan via pesawat pengambilan di kargo bandara. Untuk mengetahui daftar harga bebek petelur 2021, Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK bebek petelur mojosari word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : bebek petelur mojosari, ciri – ciri bebek mojosari, pemeliharaan semi intensif, pemeliharaan intensif, persiapan kandang bebek mojosari, pakan bebek mojosari, harga bebek mojosari siap telur 2021, harga bebek petelur mojosari, keunggulan bebek mojosari, jual bibit bebek petelur terdekat, harga bebek petelur 2021

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

*nra

5/5 - (13 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: petaloop.blogspot.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 2: mongondow.com
  • image 3: updesa.com
  • image 4: gambar.pro
  • image 2: gambaripin.blogspot.com
  • image 5: slaverymap.org
  • image 7: contohternak.blogspot.com
  • image 8: bebekpeking.com
  • Image 3: akos.ba
  • image 9: Owned by the author

6 pemikiran pada “Daftar Harga Terbaru DOD Bebek Petelur Mojosari di Tahun 2021”

    • Selamat pagi Bapak Adi
      Untuk bebek mojosari siap telur ada Pak, namun hanya bisa mengirimkan di wilayah Jawa saja.

      Maaf bisa minta nomor WA nya untuk kami kirimkan informasi lengkapnya ya.. 🙏🏻😊
      😁Atau silahkan bisa whatsapp kami di:
      0856 4772 3888
      0812 4648 2525

      Balas
    • Ada Pak silahkan bisa di pesan.
      Silahkan bisa langsung hubungi kami via WA atau telepon di nomor 0812-2028-8686 ya Pak untuk detailnya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA