Bebek mojosari merupakan bebek persilangan antara bebek hibrida dengan bebek betina lokal. Asal mula diberikannya nama Bebek Mojosari dikarenakan penghasil bibit bebek dengan jumlah yang tinggi terdapat di Desa Mojokerto di sebuah wilayah tepatnya di Provinsi Jawa Timur.

Persebaran populasi bebek telah menyebar di seluruh wilayah nusantara. Pembudidayaan bebek telah banyak ditekuni oleh sebagian masyarakat baik untuk kebutuhan telur dan daging. Maraknya permintaan telur bebek di kalangan masyarakat membuat bebek mojosari semakin gencar untuk diternakan serta dibudidayakan.Bebek mojosari merupakan salah satu bebek petelur yang cukup banyak peminatnya karena produktivitasnya yang cukup tinggi.

Bebek petelur yang berasal dari kabupaten Mojokerto Jawa Timur ini kini mulai menyebar populasinya karena permintaan tindak hanya dari peternak yang berada di Pulau Jawa namun kini menyebar hingga Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua. Untuk itu kami dari Hobiternak.com dan Jualayamhias.com sebagai penyedia bibit akan memberikan Daftar Harga Jual Terbaru DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari di 2019 sebagai acuan saat akan memesan bibit bebek mojosari.

Bagaimana Ciri – ciri Bebek Mojosari ?


Bebek Mojosari mempunyai beberapa ciri khas yaitu :

  • Mempunyai warna bulu yang agak kemerah-merahan dan variasi hitam kecoklatan
  • Bentuk tubuhnya menyerupai botol dan hampir tegak lurus namun postur tubuhnya agak kecil
  • Mojosari termasuk unggas yang tidak mempunyai sifat mengerami sehingga untuk perkembangabiakannya perlu menggunakan bantuan mesin penetas atau dititipkan pada entok
  • Mempunyai produktivitas telur yang cukup tinggi sekitar 200 – 220 butir telur/ ekor/ tahun
  • Berat telur per butir cukup besar bisa mencapai 65 – 70 gram per butir
  • Warna kulit atau cangkang telur biru kehijauan 
  • Masa bertelur 11 bulan per tahun
  • Mulai bertelur pada umur 6 bulan dan dapat mencapat produksi telur stabil pada umur 7 bulan.
  • Memiliki  3 periode masa produktif telur
  • Setelah memasuki masa afkir (menurunnya masa produksi telur) dapat dijadikan pedaging dengan bobot sekitar 1,7 kg. 
Pemanenan Telur Bebek

Pemeliharaan Bebek Petelur Mojosari dengan Sistem Semi Intensif dan Intensif

Beternak bebek masih banyak digemari dan ditekuni oleh sebagian masyarakat dan memiliki peluang yang sangat tinggi serta memiliki potensi sebagai sumber pendapatan bagi peternak kecil yang berada dipedesaan. Sistem pemeliharaan bebek dikenal sebagai sistem Semi Intensi dan Intensif, dalam sistem pemeliharaan bebek dipedesaan biasanya masih dipelihara secara tradisional atau bisa disebut dengan semi intensif dengan cara digembalakan disawah. Dengan sistem digembalakan disawah tersebut akan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan. Selain digembalakan disawah pada kandang bebek tersebut juga disediakan halaman tempat bermain dan kolam untuk mandi bebek.

Bisnis Ternak Bebek
Sistem Angon

Pemeliharaan yang kedua disebut dengan Sistem Intensif, dengan sistem pemeliharaan intensif peternak harus benar – benar mengetahui tata cara pemeliharaan yang baik dan benar. Peternak juga harus memlilih jenis bebek unggul, pemberian pakan, pengendalian penyakit, penanganan pascapanen, dan pemasan. Dengan sistem intensif tersebut biasanya bebek petelur dikandangkan dengan kandang khusus untuk unggas petelur menggunakan kandang  baterai. Dengan menggunakan kandang baterai tentunya peternak akan lebih mudah dalam pemanenan telur bebek, pemberian pakan, pengontrolan penyakit dan lain sebagainya. 

usaha ternak bebek
Kandang bebek model lantai

Bagi peternak yang ingin membudidayakan bebek petelur agar meghasilkan telur berkualitas dengan jumlah yang cukup tinggi sebaiknya petenak menggunakan sistem intensif agar peternak dapat menghasilkan keuntungan secara maksimal.

Persiapan Perkandangan untuk Bebek Petelur Mojosari

Kandang merupakan faktor utama budidaya bebek, karena kandang berfungsi sebagai rumah tempat berlindungnya dari sengatan panas matahari, hujan dan serangan binatang buas. Dalam pembuatan kandang usahakan agar peternak mencari tempat yang jauh dari keramaian atau pemukiman penduduk serta mudahnya akses jalan untuk transportasi.

Bagaimana Langkah Persiapan Perkandangan Budidaya Bebek Mojosari ?

Kandang yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap akan membuat bebek merasa nyaman dan berdampak positif sehingga bebek menjadi tidak strees. Jenis – jenis kandang untuk pemeliharaan bibit masa strater hingga finisher antara lain sebagai berikut :

1.Kandang Boks

Kandang boks merupakan kandang bebek yang berbentuk kotak dengan ukuran kandang 1m x 2m. Pembuatan kandang tersebut terbuat dari kayu, bambu, papan, triplek, kardus, kawat ram dan sebagainya. Kandang boks tersebut digunakan untuk bebek usia 1 hingga 14 hari. Selama masa pemeliharaan tersebut DOD/Bibit bebek membutuhkan tempat yang hangat dan nyaman.

kandang ayam kate
Kandang Boks untuk DOD Bebek Fase Strater

2.Kandang Ren

Tipe ren digunakan untuk pembesaran bebek atau pemeliharaan indukan bebek. Pada lantai kandang ren dilapisi dengan litter, litter tersebut dapat berupa jerami, sekam padi atau bahan lain yang bersifat empuk dan mudah didapatkan. Pembuatan luas atau ukuran kandang ren disesuaikan dengan kepadatan / banyaknya bebek dalam kandang.

kandang ayam kalkun
Kandang Ren

Pembuatan kandang dibagi menjadi dua bagian, pertama tempat untuk berteduh, istirahat dan bertelur. Kedua tempat untuk bermain, makan, dan minum, peternak dapat juga membuat kolam untuk mandi bebek.

3.Kandang Baterai

Kandang baterai juga dapat digunakan sebagai kandang pembesaran atau indukan bebek pedaging dan indukan petelur. Pada setiap kandang baterai dapat dihuni satu hingga lima ekor bebek dewasa. Ukuran kandang tersebut antara 50 cm x 50cm x 45 cm. Untuk ukuran lima ekor bebek kandang baterai harus diperluas agar bebek merasa nyaman dan tidak berdesak – desakan. Bahan pembuatan kandang baterai dapat terbuat dari bilah bambu dan kawat.

Desain kandang ayam petelur
Desain kandang petelur

Dalam pembuatan kandang baterai peternak memerlukan biaya yang relatif tinggi dibanding dengan tipe kandang yang lainnya. Terutama bahan yang digunakan peternak adalah kawat, selain awet biaya yang dikeluarkan pun juga relatif tinggi. Keuntungan dalam penggunaan kandang baterai bagi peternak antara lain dapat mengontrol keadaan ayam dengan baik, pemantauan bebek terserang penyakit menjadi lebih mudah. Pengambilan telur saat pemanenan juga akan lebih mudah dan telur bebek dalam keadaan bersih .

4.Kandang Postal

Bahan pembuatan dari kandang postal dapat berupa bambu atau kawat ram. Dalam penggunaannya kandang postal dihuni lebih dari satu ekor bebek dan populasinya mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung pada luas suatu kandang. Untuk ketinggian kadang peternak dapat membuat dengan ketinggian 1 – 1,5 meter, tujuannya adalah agar peternak mudah dalam melakukan pemanenan telur bebek dan pemberian pakan. Kandang postal tersebut sangat cocok untuk bebek usia grower, untuk pakan dan minum disediakan di dalam kandang.

kandang ayam kalkun
Kandang Postal

5. Kandang Ranch

Tipe kandang ranch hampir memiliki kesamaan dengan kandang postal. Pada halaman kandang peternak dapat menyediakan tempat bermain untuk bebek dengan pembuatan kolam kecil. Tipe kandang ranch tersebut juga sangat cocok untuk pemeliharaan hewan ternak bebek petelur.

Jenis Kandang Peternakan
Kandang Ranch

Berdasarkan usia Bebek, kandang dibedakan menjadi berapa macam diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Starter
  • Grower
  • Layer

Pemilihan Bibit yang Berkualitas untuk Budidaya Bebek Petelur Mojosari

Untuk mendapatkan hasil panen yang menguntungkan dan memuaskan bagi peternak, tentunya pemilihan bibit yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap indukan yang akan menghasilkan telur. Bibit yang berkualitas tidak hanya menguntungkan bagi peternak saja tetapi kualitas dan gizi yang terdapat pada telur bebek juga berpengaruh pada kebutuhan gizi dalam tubuh manusia.




DOD Sehat DOD Berkualitas

Bibit yang berkualitas dihasilkan oleh indukan yang unggul. Dalam pembelian bibit peternak harus mengetahui asal – usul bibit/DOD bebek secara tepat dan hindari membeli bibit pada pedangan keliling yang belum jelas produksi bebek tersebut. Maka dari itu kami dari hobiternak.com menyediakan bibit/DOD bebek mojosari dengan kulaitas unggul dan terpecaya dalam penetasannya.

Bibit/DOD Bebek Mojosari yang berkualitas memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Memiliki ukuran tubuh yang tegap
  • Bersifat lincah dan gesit
  • Mata sedikit menonjol, bening dan bersinar
  • Rongga perut terasa lembut dan kenyal
  • Pusar kering dan tertutup
  • Kaki yang kokoh
  • Bulu bersinar seperti kapas, halus dan lembut
  • Tidak terdapat kecacatan pada bibit bebek

Kualitas Pakan Memiliki Pengaruh Tinggi dalam Pembudidayaan Bebek Petelur Mojosari

Kualitas pakan dan pemberian pakan yang rutin merupakan kunci keberhasilan peternak dalam pembudidayaan Bebek Petelur Mojosari. Pakan merupakan komponen terbesar dari seluruh biaya produksi berkisar 60 – 80. Dalam penggunaannya tentu peternak sudah mengetahui bahan pakan pabrik berupa konsentrat dan bahan pakan alternatif penganti konsetrat pabrik.

Pakan yang bekualitas penunjang Produktifitas Telur Mojosari

Selain menggunakan bahan alami sebagai penganti konsetrat, peternak juga dapat mencampurkan pakan konsentrat tersebut dengan bahan pakan alami agar tidak mengurangi kualitas pakan yang diberikan pada bebek Petelur. Konsetrat tersebut biasanya dicampurkan dengan dedak/jagung. Dalam pemberian pakan tersebut, peternak juga harus selalu memperhatikan gizi yang terkandung didalam pakan tersebut.

Bebek Lokal Mojosari
Bebek Lokal Mojosari

Pemberian pakan pada bebek petelur dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari atau terus menerus disediakan dalam wadah pakan dan usahakan agar pakan tidak mudah berjamur. Jika pakan berjamur segera ganti dengan yang baru.

Untuk pakan alternatif atau rasum peternak dapat memberikan pakan berupa :

Tepung ikan Bekicot segar
Bungkil kedelai Ampas tahu
Bungkil kelapa Cangkang udang
Tepung daun lamtoro Bungkil inti sawit
Sorgum Onggok singkong/Gaplek

Harga Bibit/DOD Mojosari untuk Pulau Jawa Tahun 2019 

Daftar Harga DOD Bebek Betina Mojosari Pulau Jawa

DOD Bebek Betina Mojosari 10.000

Untuk pemesanan 1 Bok berisi 100 ekor. Pembelian 1 atau 2 box dikenakan ongkos kirim Rp 100.000,-, untuk pembelian 3 box, gratis ongkos kirim.

**Bisa terjadi perubahan harga saat pemesanan dengan saat pengiriman. Kepastian harga pada saat pengiriman

Harga Bibit/DOD Mojosari untuk Pulau Sumatra Tahun 2019 

Daftar Harga DOD Bebek Betina Mojosari Pulau Sumatra

DOD Bebek Betina Mojosari  Petelur 

PADANG 13.900,00
JAMBI 14.000,00
ACEH 14.000,00
BENGKULU 14.000,00
LAMPUNG 14.000,00
PALEMBANG 14.000,00
PEKANBARU 14.000,00
MEDAN 14.300,00
PANGKAL PINANG 14.300,00
TANJUNG PINANG 14.200,00
BATAM 14.200,00

Harga Bibit/DOD Mojosari untuk Pulau Kalimantan Tahun 2019 

Daftar Harga DOD Bebek Betina Mojosari Pulau Kalimantan

DOD Bebek Betina Mojosari  Petelur 

BANJARMASIN 13.700,00
PALANGKARAYA  13.900,00
SAMPIT 13.900,00
TARAKAN  14.100,00
BALIKPAPAN  14.100,00
SAMARINDA 14.100,00
BERAU 14.200,00
PONTIANAK 14.200,00
Pangkalan Bun  14.000,00

Harga Bibit/DOD Mojosari untuk Pulau Sulawesi Tahun 2019 

Daftar Harga DOD Bebek Betina Mojosari Pulau Sulawesi

DOD Bebek Betina Mojosari  Petelur

MAKASSAR 14.000,00
KENDARI 14.400,00
PALU 14.500,00
LUWUK 14.500,00
GORONTALO 15.000,00
MANADO  15.000,00
TERNATE 15.700,00
AMBON 15.700,00
LOMBOK 14.200,00

Harga Bibit/DOD Mojosari untuk Pulau Papua Tahun 2019 

Daftar Harga DOD Bebek Betina Mojosari Pulau Papua

DOD Bebek Betina Mojosari  Petelur

MANOKWARI 16.700,00
BIAK 17.200,00
SORONG 16.400,00
JAYAPURA 17.700,00
TIMIKA 18.200,00

Untuk pemesanan atau pengiriman Luar Pulau minimal pembelian 5 box.Dengan jumlah 100 ekor pada setiap boks. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim, tes laboratorium dan biaya dokumen lengkap

**Bisa terjadi perubahan harga saat pemesanan dengan saat pengiriman. Kepastian harga pada saat pengiriman

Apabila Anda tertarik untuk beternak Itik Hibrida kami menyediakan DOD Itik Hibrida Pedaging. Kami siap mengirimkan ke seluruh pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan.
Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
Bebek Petelur Mojosari, Ciri – ciri Bebek Mojosari, Pemeliharaan Semi Intensif, Pemeliharaan Intensif, Persiapan Kandang Bebek Mojosari, Bibit Berkualitas, Ciri – ciri Bibit Berkualitas, Pemberian Pakan Bebek Mojosari, Harga Jual DOD Bebek di Seluruh Indonesia, Harga Jual Bebek Mojosari Terbaru Tahun 2019

Yuni Ambarwati & Nurasikin:)


3 Comments

puza · February 25, 2019 at 12:44 pm

jual telur tetas?

    Meilani Sawitri · February 26, 2019 at 3:34 am

    Ada Pak silahkan bisa di pesan.
    Silahkan bisa langsung hubungi kami via WA atau telepon di nomor 0812-2028-8686 ya Pak untuk detailnya

Meningkatnya Permintaan Daging Bebek Mempengaruhi Harga Bebek Pedaging 2019 · February 12, 2019 at 8:24 am

[…] Harga bebek petelur tersebut tidaklah jauh berbeda dengan daging bebek pedaging pada umumnya, hanya saja kualitas daging yang dihasilkan dari bebek khusus pedaging dengan bebek hasil afkir mojosari memiliki perbedaan mulai dari rasa, tekstur serta aroma dari daging yang dihasilkan. […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: