Sukses Berbisnis dengan Usaha Bebek Petelur

Sukses Berbisnis dengan Usaha Bebek Petelur

Usaha Bebek Petelur menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Permintaan telur bebek kian meningkat di pasaran, jadi saat kita bisa jeli dan telaten insya Allah tidak terlalu sulit untuk memasarkan hasil produksi. Selain itu, bebek afkir (bebek yang sudah tidak produksi telur) bisa dijual untuk dijadikan bebek pedaging, bahkan saat ini harga bebek petelur afkir cukup tinggi, jadi anda hanya perlu menambahkan sedikit dana untuk membeli bebek yang siap produksi kembali. Kerugian dan keuntungan bisa dilihat tiap harinya, dengan cara menghitung jumlah telur yang dihasilkan setiap pagi. Pakannya pun juga mudah didapatkan, yaitu berupa konsentrat dan bekatul sebagai tambahan. Apabila menginginkan keuntungan yang lebih banyak, Anda bisa membuat telur asin. Daya produksi bebek petelur cukup lama, yaitu sekitar 1 tahun. Jumlah telur yang dihasilkan 220-250 butir/tahun.

usaha ternak bebek

Luas kandang disesuaikan dengan jumlah bebek yang akan diternakkan. Untuk bebek berjumlah 100 ekor, luas kandang 6 x 7 meter. Untuk 500 ekor, yaitu 6 x (7 x 5) = 6 x 35 meter. Untuk kandang semakin luas semakin baik, karena jangan sampai bebek merasa kesempitan sehingga mengakibatkan bebek stres dan tidak mau bertelur.

Untuk memulai beternak bebek, anda bisa membeli Bebek siap telur langsung namun modalnya cukup besar. Bisa juga membeli DOD atau bibit bebek petelur, meskipun menunggu sekitar 6 bulan terlebih dahulu.

Untuk bebek petelur, Bebek Mojosari merupakan salah satu jenis bebek petelur unggulan. Bebek Mojosari merupakan jenis bebek petelur yang berasal dari Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Meskipun tubuhnya tidak sebesar bebek petelur jenis lain, namun telur yang dihasilkan lebih besar dan berwarna biru kehijauan. Ciri khas Bebek Mojosari terletak pada bulunya. Untuk bebek betina memiliki bulu berwarna coklat tua kemerahan, sedangkan bebek jantan pada kepala dan lehernya berwarna gelap kehitaman dan pada bagian bawah berwarna sedikit putih. Tubuhnya ramping, tegap dan kecil sehingga tidak terlalu banyak dalam hal kebutuhan pakan. Bebek mojosari tidak memiliki sifat mengerami telurnya sendiri.

Usaha bebek petelur bisa dilakukan untuk pemula. Namun, harus banyak mencari pengetahuan mengenai cara beternak bebek. Dan tentu saja membutuhkan ketelatenan dan keuletan. Saat ini, usaha bebek petelur tidak hanya dilakukan oleh masyarakat pedesaan, di kota juga sudah banyak yang beternak bebek petelur.

Beternak Bebek di desa kebanyakan masih menggunakan sistem angon atau tradisional, karena biaya lebih rendah dan masih banyak sawah. Sedangkan di kota sudah menggunakan sistem intensif atau ternak bebek petelur modern, yaitu bebek di kandangkan dan dipelihara secara teratur yang meliputi pakan dan pemberian vitamin. Peralatan yang digunakan pun sudah modern. Jumlah telur yang dihasilkan pun tentu berbeda, pemeliharaan intensif lebih banyak menghasilkan telur dibandingkan beternak tradisional. Selain itu beternak intensif lebih efektif dibandingkan beternak tradisional. Kandang bebek petelur tidak harus terbuat dari bahan yang mahal, kandang yang ideal yaitu kandang yang memperhatikan syarat-syarat kandang yang baik bagi hewan ternak.

analisa budidaya bebek petelur

Para peternak bebek petelur di daerah kota lebih menyukai beternak bebek petelur dengan sistem kering atau tanpa air. Dikarenakan mengingat kondisi perkotaan yang tidak jauh dari permukiman sehingga tidak terlalu menimbulkan polusi bau. Selain itu, dalam usaha bebek petelur sistem kering, kandang tidak dibuatkan kolam sehingga tetap terjaga kering. Peternak hanya menyediakan air untuk minum. Keuntungan lain cara ternak itik petelur tanpa air yaitu bebek tidak menghabiskan energinya untuk berenang atau bermain, energinya disimpan hanya untuk betelur. Cara ternak bebek petelur kering lebih cocok untuk usaha bebek petelur konsumsi, sedangkan untuk bebek petelur tetasan sebaiknya dibuatkan kolam yang berfungsi bagi pejantan untuk membuahi betina.

Jenis pakan ternak bebek petelur antara lain :

1. Pakan Sumber Energi

Sumber energi dibutuhkan untuk berkativitas termasuk bertelur. Pakan sumber energi antara lain jagung giling, bekatul, biji-bijian, gandum, dan lainnya. Pakan sumber energi cukup penting karena berperan dalam produksi telur.

2. Pakan Sumber Protein

Pakan sumber protein antara lain bungkil kelapa, bungkil kacang hijau, tepung ikan, tepung tulang dan tepung daging.

3. Pakan Sumber Mineral

Bahan pakan sumber mineral hanya diberikan sesekali pada hewan ternak. Pakan ini berupa minyak kelapa dan minyak ikan.

Saat ini sudah banyak pakan buatan pabrik berupa kosentrat atau voer, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Dalam voer buatan pabrik tersebut sudah mengandung komposisi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi bebek. Namun, apabila selalu menggunakan pakan buatan pabrik, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Oleh karena itu, pakan tambahan atau pakan alternatif juga diperlukan untuk menekan biaya pemeliharaan.

Sebelum beternak, sebaiknya melakukan analisa usaha bebek petelur terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan sekaligus meraba-raba keuntungan nantinya. Untuk peternak pemula sebaiknya memulai dengan jumlah kecil, biasanya melakukan analisa ternak bebek petelur 100 ekor terlebih dahulu. 

Silahkan hubungi kami hobiternak.com untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
cara ternak bebek petelur kering, pakan ternak bebek petelur, cara ternak itik petelur tanpa air, ternak bebek petelur modern, analisa usaha bebek petelur, analisa ternak bebek petelur 100 ekor, harga bebek petelur, kandang bebek petelur,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Hibrida dan Mojosari
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: