5 Penyakit Ayam Broiler yang Sering Terjadi di Indonesia

Jenis ayam yang terkenal dan paling banyak di pelihara di Indonesia yaitu broiler. Ayam broiler yaitu jenis ayam potong/pedaging yang populer karena pertumbuhannya cepat dan bobot yang dihasilkan cukup tinggi. 

Pada usia pemeliharaan 35 hari bobot pada ayam broiler mencapai 1 kg, tentu cukup tinggi bukan. Bila dibandingkan dengan jenis ayam kampung masa panen ayam broiler lebih cepat.

Biasanya ayam kampung dipanen pada usia 60-75 hari, dan pada usia tersebut bobotnya baru 1 kg. 

Ayam broiler memiliki masa panen yang cepat yakni 35 hari saja | image 1
Ayam broiler memiliki masa panen yang cepat yakni 35 hari saja | image 1

Di Indonesia, kebanyakan peternak menggunakan sistem intensif untuk memelihara ayam broiler. Yang dimaksud intensif yaitu dari ayam berusia DOC atau anakan sampai usia dewasa atau panen berada di dalam kandang secara terus menerus. 

Jadi baik itu makan, minum, tidur atau aktivitas lainnya ayam tetap berada di dalam kandang.

Sudah banyak terbukti bahwa dengan menerapkan sistem intensif untuk beternak ayam broiler, peternak akan lebih mendapatkan keuntungan dan banyak juga kelebihannya. 

Diantaranya bobot ayam lebih seragam karena pemberian pakan teratur dan sama satu sama lain, kualitas ayam lebih bagus, tidak mudah tertular penyakit dengan jenis ayam lain karena berada di dalam kandang terus, ayam lebih sehat karena diberi vitamin dan vaksin, produktivitas tinggi dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pemeliharaan ayam menggunakan sistem intensif lebih banyak memberikan keuntungan untuk peternak karena memiliki banyak kelebihan | image 2 Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9
Pemeliharaan ayam menggunakan sistem intensif lebih banyak memberikan keuntungan untuk peternak karena memiliki banyak kelebihan | image 2

Memelihara ayam broiler bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena sama seperti jenis ayam lainnya, ayam broiler juga bisa terserang penyakit. 

Munculnya penyakit pada tubuh ayam broiler bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya :

  • Iklim yang tiba-tiba berubah

  • Kandang yang tidak pernah dibersihkan

  • Manajemen pemeliharaan yang salah

  • Ada wabah penyakit di sekitar lingkungan kandang

  • Bibit ayam yang kurang berkualitas

Baca Juga!  6 Tips Ampuh Pencegahan Penyakit Ayam Broiler

Beberapa hal tersebut diatas bisa mengakibatkan ayam terserang penyakit . Maka dari itu sebagai peternak perlu adanya kesadaran diri untuk merawat ayam dengan semaksimal mungkin. 

Baca juga : 

Ayam sakit bisa disebabkan oleh beberapa hal dan penyakit yang muncul  bisa berbeda-beda gejalanya | image 3 weanimalsmedia.org
Ayam sakit bisa disebabkan oleh beberapa hal dan penyakit yang muncul bisa berbeda-beda gejalanya | image 3

Ada beberapa jenis penyakit yang sering terjadi pada ayam broiler di Indonesia, diantaranya :

1.Coryza atau snot

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang pada sistem respirasi ayam. Untuk mencegah penyakit coryza atau snot bisa dengan cara melakukan vaksinasi, memperhatikan ventilasi dan kelembapan kandang, dan biosekuriti yang benar. 

2. CRD (Chronic Respiratory Disease)

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycoplasma Gallinarum saat terjadi pergantian musim dan ventilasi kandang yang tidak baik. Gejala ayam yang terkena penyakit CRD yaitu mata berlendir dan mengeluarkan air. 

Obat yang bisa diberikan jika ayam terkena CRD yaitu diberikan antibiotik dan vitamin asam amino selama kurang lebih 5 hari. 

3. Dehidrasi

Organ tubuh yang kekurangan cairan disebut dehidrasi. Ayam yang dehidrasi memiliki ciri kaki kering dan persendian kaki berwarna merah. 

Terjadinya dehidrasi pada ayam harus segera ditangani atau langsung diberi air. Alasannya karena jika hal tersebut diabaikan maka organ tubuh menjadi terganggu dan lama kelamaan ayam akan sakit dan parahnya bisa sampai mati. 

4. AI ( Avian Influenza)

Penyakit ini disebabkan oleh virus H5N1. Untuk penanggulangannya bisa diberikan vaksinasi AI. 

5. ND (Newcastle Disease)

Penyakit ini disebabkan oleh paramyxovirus. Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit ND (Newcastle Disease) yaitu leher akan melintir. 

Baca Juga!  Usia 35 Hari Ayam Broiler Sudah Bisa di Panen

Peternak dapat memberikan vaksinasi ND di hatchery untuk mencegah penyakit tersebut.  

Peternak harus selalu sigap dan tanggap apabila ayam menunjukkan tingkah laku yang berbeda atau sakit | image 4 dlpexpo.com
Peternak harus selalu sigap dan tanggap apabila ayam menunjukkan tingkah laku yang berbeda atau sakit | image 4

Baca juga : 

Pada dasarnya penyakit yang muncul pada saat proses beternak berlangsung cukup wajar terjadi, namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan penerapan beternak ayam yang benar dan sesuai ilmu.

Peternak bisa belajar dari peternak senior atau bisa juga mencari informasi di buku-buku peternakan atau melalui internet dan youtube. 

Zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini cukup mudah untuk kita mencari informasi apalagi kita memiliki koneksi internet yang bagus. Semua dapat kita akses dan akhirnya ilmu bisa kita pelajari dengan mudah. 

Itu dia beberapa informasi mengenai penyakit ayam broiler, semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda sedang mencari bibit/DOC broiler kami dari hobiternak.com menyediakan. 

Pengiriman siap ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk respon cepat silahkan bisa hubungi contact person dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : 
5 penyakit unggas ayam, penyakit ayam, penyakit pada ayam broiler, ciri ciri ayam broiler sakit, penyakit pada unggas, jenis penyakit ayam, ayam broiler

5/5 - (9 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA