Peluang Usaha Ternak Ayam Cemani Sebagai Ayam Hias 

Peluang Usaha Ternak Ayam Cemani Sebagai Ayam Hias

Sebagai praktisi yang berkecimpung dalam beternak dan pemasaran ayam hias, kami memahami betapa besar animo masyarakat dalam memelihara dan mengoleksi ayam cemani. Di lihat dari permintaan pasar pun harga ayam cemani ini relatif setabil hal ini bisa di amati dari daftar harga ayam cemani di tempat kami yang dari tahun ke tahun tidak ada perubahan yang mencolok.

Ayam Cemani Betian siap Produksi
Ayam Cemani Betian siap Produksi

Ayam cemani yang berasal dari Kedu temanggung Jawa Tengah ini mempunyai penampakan yang berbeda dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Jika pada umumnya ayam mempunyai warna bulu yang berbeda-beda makan  ayam cemani ini warna bulunya hitam. Bahkan daging, lidah, darah dan pialnya juga berwarna dominan hitam.  Banyak memang yang mencari ayam cemani lidah hitam dan hal ini kadang membuat harga ayam cemani terlihat tidak realistis. Tapi berdasar pengalaman kami ternak ayam cemani sejak sekitar tahun 1999 kami belum pernah menemukan ayam cemani dengan lidah hitam gelap. Yang kami dapati lidah ayam cemani berwarna abu-abu atau putih. Dari beberapa ciri tadi memang menjadikan ayam cemani ini memiliki keunikan tersendiri sehingga jelas terlihat kala kita membandingkan ayam cemani dengan ayam hias jenis lain.

Ayam Cemani Dewasa Jantan1
Ayam Cemani Dewasa Jantan

Minat masyarakat dalam memelihara ayam cemani mempunyai beberapa tujuan :

  1. Ikut melestarikan ayam lokal Indonesia yang keberadaannya semakin langka di Indonesia
  2. Tertarik dengan keunikan ayam cemani yang mempunyai warna cukup ekstrim yaitu hitam.
  3. Mempunyai tujuan tertentu guna memenuhi syarat yang biasanya bersifat mistis.

Cara ternak ayam cemani

Dalam memelihara ayam cemani, banyak rumor yang berkembang bahwa makanan ayam cemani asli membutuhkan pakan yang berbeda dibandingkan ayam pada umumnya. Banyak yang percaya bahwa untuk mempertahankan warnanya yang hitam legam, cemani hanya bisa diberikan beras hitam atau ketan hitam. Dalam realitanya, ayam cemani dapat diberikan pakan konsentrat/ voer, nasi yang masih bagus dan bahan pakan lainnya. Jadi dari segi pakan tidak kami dapati makanan khusus ayam cemani ini hanya seperti ayam kampung biasa.

Dalam tips atau cara mengawinkan ayam cemani relatif sangat mudah. Kenapa dalam cara mengawinkan ayam cemani ini mudah? karena memang ayam cemani bisa melakukan proses kawin tanpa bantuan manusia. Jika Anda memiliki atau memelihara ayam kampung atau kadang di sebut juga dengan ayam sayur proses perkawinanya sama dengan ayam cemani ini. Saat ada ayam cemani jantan dan ayam cemani betina telah tiba waktunya untuk kawin maka ayam cemani tersebut akan kawin dengan sendirinya. Proses perkawinan pun nyaris tanpa bantuan manusia.

Ayam cemani termasuk ayam yang dapat mengerami telur yang dihasilkan. Dalam periode bertelur ayam cemani dapat menghasilkan 12-16 butir telur. Telur ayam cemani dapat ditetaskan setelah 21 hari dierami. Untuk meningkatkan produksi telur ayam cemani, ayam cemani perlu diberikan pakan khusus untuk petelur. Pakan untuk ayam petelur itu diberikan untuk ayam cemani yang berada pada periode bertelur yaitu umur 8 bulan keatas. Dengan begitu telur yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Telur yang dihasilkan dapat ditetaskan di mesin penetas telur sehingga betina ayam cemani hanya berhenti sebentar kemudian dapat bertelur kembali. Cara ini dapat meningkatkan produksi telur karena masa produksi ayam terbatas dalam beberapa tahun.

Warna Kaki Ayam Cemani Walik
Warna Kaki Ayam Cemani

 

Ayam Cemani Usia 1 Bulan
Ayam Cemani Usia 1 Bulan

Untuk menjaga keaslian ayam cemani, sebaiknya di dalam kandang hanya memelihara ayam cemani saja. Dengan demikian, ayam cemani hanya dibuahi oleh ayam cemani. Jika dipelihara bersama dengan ayam jenis lain maka dikhawatirkan akan terjadi persilangan antar jenis ayam dan akan mempengaruhi keturunannya kelak. Untuk jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani perlu dijaga keasliannya sehingga populasinya terjaga. Hal ini bisa di perhatikan dari awal saat ingin beternak, dengan mempelajari cara membuat kandang ayam cemani yang baik maka kita akan perhatian dengan jenis ayam lain agar tidak masuk di kandang ayam cemani kita.

Saat ini ayam cemani keberadaannya makin langka untuk itu dibutuhkan pemeliharaan untuk menjaga populasinya agar tidak mengalami kepunahan. Terbatasnya peternak yang memelihara ayam cemani membuka peluang bahwa beternak ayam cemani dapat mendatangkan penghasilan yang lumayan bagi peternaknya.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822 2123 5378

Indosat:
0856 4772 3888
0857 2932 3426

Axis:
0838 6918 5523

Kata terkait:
Ternak ayam cemani, budidaya ayam ayam cemani, jenis pakan ayam cemani, kandang untuk ayam cemani, produktivias ayam cemani, cara ternak ayam cemani, beternak ayam cemani di lahan sempit

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 5 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual Telur, Anakan, dan Indukan Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888

Leave a Reply

%d bloggers like this: