Cara Pemeliharaan Bebek/ Itik Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur

Cara Pemeliharaan Bebek/ Itik Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa

Bertelur

Cara Pemeliharaan Bebek/ Itik Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur- Bebek Petelur saat ini cukup banyak dipelihara masyarakat  karena telur bebek banyak di butuhkan dalam pembuatan kue, telur konsumsi keluarga dan dijadikan telur asin pada industri rumah tangga dan industri menengah ke bawah. Bebek yang mempunyai produksi telur cukup banyak salah satunya adalah Bebek Mojosari. Bebek Mojosari merupakan bebek petelur yang banyak dipelihara di desa Modopuro, Kecamatan Mojosari kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Cara Pemeliharaan Bebek Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur
Telur Bebek Mojosari

Bebek Mojosari mempunyai beberapa ciri diantaranya:

  1. Mempunyai produktivitas telur yang tinggi. Dalam setahun, bebek mojosari bisa berproduksi selama 11 bulan. jadi hampir setiap hari bebek mojosari bertelur.
  2. Warna telur biru kehijauan sehingga disukai para pembeli dan dapat dijadikan telur asin.
  3. Telurnya mempunyai bobot sekitar 65 – 70 gram per butir
  4. Tidak mempunyai sifat mengerami sehingga untuk penetasan bisa menggunakan ayam atau bebek jenis lain atau menggunakan mesin penetas telur
  5. Bebek mojosari mulaiaa dapat bertelur pada umur 6 bulan.
Cara Pemeliharaan Bebek Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur
Bebek Lokal Mojosari

Pemeliharaan saat masih DOD hingga umur 3 minggu

Kandang untuk bebek baru menetas hingga umur 3 minggu biasanya diletakkan di dalam kandang boks berpenghangat. Hal tersebut karena bulu bebek yang masih anakan bulunya belum sempurna sehingga perlu menggunakan pemanas buatan. Pakan untuk bebek umur hingga 3 minggu masih menggunakan konsentrat murni. Setelah berumur lebih dari 3 minggu bisa ditambahkan dengan bahan pakan lainnya seperti bekatul, jagung giling, nasi aking yang direndam dahulu selama 4 jam sebelum diberikan.

Untuk mencegah bebek terkena penyakit, bisa diberikan vaksin pada umur 3 atau 4 hari. Upaya pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang, kondisi kandang dalam keadaan kering dan mendapat cukup sinar matahari.

Cara Pemeliharaan Bebek Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur
DOD Mojosari

Pemeliharaan untuk bebek umur 3 minggu keatas

Bebek yang telah berumur 3 minggu dapat dipelihara di kandang postal dan kadang ren. Untuk bebek petelur tujuan ditetaskan menggunakan kandang ren sedangkan bebek petelur tujuan dikonsumsi bisa menggunakan kandang postal. Bebek mulai masuk masa bertelur pada umur 6 bulan. Pada umur 5 bulan bebek sebaiknya diberikan pakan bebek petelur untuk menunjang produksi telurnya. Sedangkan bahan pakan tambahan yang bagus untuk pakan bebek petelur diantaranya jagung giling, bekatul, ikan kecil, sejenis kerang dan tepung ikan/ tulang.

Cara Pemeliharaan Bebek Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur
kandang ren untuk bebek petelur

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

kata terkait:

ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida, bebek mojosari siap telur, harga dod itik mojosari, bibit itik mojosari, ciri itik mojosari, itik unggul mojokerto, jawa timur
harga bebek petelur mojosari

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD atau Bibit Bebek Mojosari Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: